Sekilas Pengembangan Teknologi Informasi & Komunikasi Universitas Samudra

Sekilas Pengembangan Teknologi Informasi & Komunikasi Universitas Samudra

23:57 25 November in Artikel
0 Comments

SEKILAS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS SAMUDRA

Oleh : ASNAWI, S.Pd, M.Pd

ASNAWI, S.Pd, M.Pd

Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Samudra adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis di Universitas Samudra sebagai bagian dari struktur organisasi universitas. Unit kerja ini dibentuk berdasarkan Peraturan Mendteri Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 90 Tahun 2013. UPT TIK berdasarkan permen tersebut mempunyai struktur yang terdiri dari seorang kepala, staf ketatausahaan dan kelompok fungsional.
Saat ini UPT TIK dipinpin oleh seorang kepala, 2 orang staf ketatausahaan, 4 orang kelompok fungsional. Mengingat banyak hal yang harus ditangani, maka dalam pelaksanaan kerja dibagi ke dalam 3 (tiga) divisi tanpa bermaksud merubah struktur organisasi TIK yaitu divisi layanan data dan PDPT, divisi infrastruktur jaringan dan divisi pengembangan.
Staf yang membidangi layanan data dan PDPT adalah Suryanto, SH, Rona Amelia, SE dan Dewi Rosita, SH. Sementara bidang infrastrukturjaringan ditangani oleh Muslihadi. Bidang pegembangan Sistem Informasi adalah R Aja Dwi Syukrillah, S.Kom dan Bidang Pengembangan dan pengelolaan Website adalah Faria Effendy.
Berikut beberapa pengembangan yang telah dilakukan antara lain :

A. Pengembangan Bidang Infrastruktur
Pada bidang infrastruktur telah dicapai antara lain penyediaan perangkat keras seperti server proliant sebanyak 2 buah dengan system operasi linux, server proxy 1 buah, mikrotik 1 buah sejumlah radio UBNT guna memberikan fasilitas hotspot di sejumlah titik kampus, termasuk menghubungkan jaringan antara Kampus Ekonomi Kota dengan Kampus Meurandeh. Semua server yang dilengkapidengan UPS diletakkan dalam rak server yang ditempatkan dalam ruang yang ber AC.
Fasiltas hotspot yang dapat terjangkau diseluruh kampus Meurandeh antara lain berada pada beberapa titik. Pada gedung Biro Rektor terdapat 5 titik hotspot, masing-masing UPTTIK Hotspot, Biro hotspot, Akademikhotspot, kepegawaianhotspot dan hokumhotspot. Pada fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdapat 2 titik hotspot yaitu FKIPhotspot dan Sejarahhotspot. Pada fakultas Tektik terdapat 2 titik yaitu TeknikHotspot dan unsam 3 hotspot. Pada Fakultas Pertanian terdapat 1 titik dan pada perpustakaan induk terdapat 1 titik. Selebihnya pada fakultas ekonomi yaitu ekonomi hotspot.

B. Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan pada bidang system informasi terutama system informasi akademik dan keuangan mahasiswa berupa aplikasi yang memuat aktivitas akademik meliputi portal mahasiswa, portal dosen dan administrasi akademik. Sepanjang tahun 2015 melakukan pengembangan beberapa system informasi bidang akademik, meliputi pengembangan menu Sistem Informasi Akademik dan keuangan Mahasiswa yaitu pengembangan menu semester pendek mulai dari penawaran mata kuliah semester pendek, penjadwalan semester pendek, pengisian KRS semester pendek, input nilai semester pendek oleh dosen melalui portal dosen dan pengelolaan KHS mahasiswa semester pendek,
Pengembangan ini dimaksudkan antara lain, agar mahasiswa dapat melakukan pemesanan mata kuliah semester pendek, mengisi KRS, Melihat hasil studi melalui portal mahasiswa secara online, dosen telah dapat menginput nilai melalui portal dosen secara online, petugas akademik telah dapat mengelola KHS semester pendek melalui akun operator masing-masing dan pencatataan /pelaporan semester pendek akan langsung dapat dikelola untuk pelaporan PDPT.

Pada aplikasi ini Ke depan direncanakan melakukan pengembangan menu kurikulum agar dapat menertibkan proses pemesanan mata kuliah oleh mahasiswa, melakukan pengembangan table Aktivitas Dosen agar semua dosen yang tertera pada roster manual dapat terinput ke dalam system dengan pembagian tatap muka yang merata, melakukan pengembangan table mahasiswa non aktif, cuti, lulus agar mahasiswa yang tidak mengisi KRS secara otomatis masuk ke dalam table non aktif, cuti,keluar dan lulus, dan melakukan pengembangan Rawayat pembayaran SPP mahasiswa agar secara otomatis bagian keuangan dapat mendeteksi kelalaian mahasiswa dalam membayar SPP.
Selain itu UPT TIK Universitas Samudra juga telah mengembangkan Pengembangan Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa Baru. Pengembangan Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa Baru adalah untuk melakukan registrasi mahasiswa baru tahun 2015 baik yang lulus SBMPTN maupun Ujian Masuk Unsam dengan domain registrasi,unsam.ac.id. Pengembangan aplikasi ini adalah pengembangan baru dengan alur proses sebagai berikut:
1. Mahasiswa membayar SPP berdasarkan UKT pada Bank yang ditunjuk
2. Mahasiswa melakukan registrasi amnual ke bagian keuangan dan diferifikasi oleh operator keuangan
3. Mahasiswa yang telah diferifikasi oleh operator keuangan secara otomatis muncul pada akun panitia registrasi akademik dan panitia registrasi akademik melakukan update yang secara otomatis masuk ke dalam akun penetapan Nomor Induk Mahasiswa.
4. Mahasiswa yang telah diupdate oleh petugas registrasi secara otomatis muncul pada akun panitia penetapan Nomor Induk Mahasiswa dan panitia menetapkan NIM.
5. Setelah Penetapan NIM mahasiswa melakukan pemotretan atau pengambilan foto langsung dengan memakai jas almamater untuk tampilan foto pada data di Sistem Informasi Akademik dan Keuangan Mahasiswa (Mahasiswa belum memperoleh Kartu Tanda Mahasiswa).
Manfaat dari system informasi ini adalah antara lain; 1)Mahasiswa dapat langsung terdata pada SIAK sehingga operator bagian akademik tidak perlu mengentri data secara manual, 2)Mahasiswa dapat langsung memperoleh Nomor Induk Mahasiswa tanpa harus menunggu berbulan-bulan seperti tahun-tahun sebelumnya, 3)Panitia penerimaan mahasiswa baru tidak terlalu repot dan sulit melakukakn kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pengembangan ke depan direncanakan dalam proses registrasi akademik mahasiswa dapat memperoleh langsung Kartu Tanda Mahasiswa yang dicetak secara lux dengan mesin cetak kartu khusus dan menghubungkan jaringan dengan bank penerima SPP mahasiswa.
C. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pada Bidang Administrasi Umum
Pengembangan Sistem Informasi bidang administrasi umum terutama pada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penerimaan mahasiswa baru yaitu Aplikasi Penetapan Uang Kuliah Tunggal(UKT). Pengembangan Sistem informasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) telah terealisasi dengan domain seleksi.unsam.ac.id. Pengembangan ini adalh untuk melakukan verifikasi besaran uang kuliah tunggal yang harus dibayar oleh mahasiswa baru tahun 2015 baik yang lulus SBMPTN maupun Ujian Masuk Unsam.
Pengembangan aplikasi ini adalah pengembangan baru dengan alur proses sebagai berikut:
1. Mahasiswa melakukan pengisian data dan mengupload berkas atau dokumen pendukung UKT secana onlie sesuai jadwal yang ditentukan.
2. Mahasiswa berhadapan langsung dengan petugas verifikasi untuk mencocokkan data yang telah diupload dengan keterangan langsung yang diberikan oleh mahasiswa.
3. Panitia verifikasi melakukan verifikasi dan memberikan nilai maximal 20 pont terhadap dokumen yang diupload oleh mahasiswa.
Pengembangan system informasi ini sangat bermanfaat untuk antara lain Panitia dapat melakukan ferifikasi data dan dokumen UKT mahasiswa secara online, Mahasiswa tidak perlu membawa berkas secara langsung, akan lebih memudahkan dalam penetapan besaran UKT mahasiswa dan dapat meminimalisir komplen orang tua mahasiswa terhadap besaran UKT yang berbeda-beda antar mahasiswa.
Demikian sesuah gambaran pengembangan Sistem Informsi dan pengembangan jaringan infrastruktur TIK Universitas Samudra sampai dengan medio Aktober tahun 2015. Moga-moga informasi ini menjadi umpan balik bagi pengembangan Teknoplogi Informasi dan Komunikasi pada Universitas Samudra ke depan.

admin

unsam@unsam.ac.id

Upt-Tik Web Development