Kilas Balik Kegiatan Civitas Akademika Unsam Tahun 2015

Kilas Balik Kegiatan Civitas Akademika Unsam Tahun 2015

18:12 03 December in Artikel
0 Comments

KILAS BALIK KEGIATAN CIVITAS AKADEMIKAUNIVERSITAS SAMUDRA TAHUN 2015

Oleh : Cut Zetia Susanti

(Bagian Humas Universitas Samudra)

Pada tanggal 9 Januari 2015 Rektor Universitas Samudra, melantik Ir. Anas Johan, MM sebagai Kepala Biro Akademik, Kemahasiswan, Perencanaan dan Kerjasama, dan merupakan  pejabat eselon IIa di Universitas Samudra. Sebelumnya jabatan eselon IIa dan IIIa di Biro Akademik, Kemahasiswan, Perencanaan dan Kerjasama adalah Plt yang dijabat oleh Dr. Sulaiman,MM BAKPK dan Ir. Anas Johan, MM Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan. Dengn demikian Kepala BAKPK sudah devenitif sedangkan Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan masih lowong. Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa organisasi dan tata kerja dilingkungan Universitas Samudra, wajib diisi, oleh karena itu pelantikan Kepala Biro Akademik, Kemahasiswan, Perencanaan dan Kerjasama merupakan kewajiban dalam rangka mengisi ortaker sesuai permendikbud Nomor 90 Tahun 2013. Rektor juga mengharapkan kepada pejabat yang dilantik untuk dapat bekerjasama dengan satuan kerja terkait dalam pelaksanaan program kegiatan di bawah Biro Akademik, Kemahasiswan, Perencanaan dan Kerjasama, terutama dengan Wakil Rektor  Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan dengan para Dekan.

Pada tanggal 18 Pebruari 2015 Rektor Universitas Samudra mewisuda 512 wisudawan pada yang berlangsung di halaman gedung Biro Rektor, Kampus meurandeh – Langsa. Turut juga hadir Gubernur Aceh Dr. Zaini Abdullah, Ketua DPRA Muharuddin, Ketua Badan Legislasi DPRA Iskandar Usman Al Farlaky. Rektor Universitas Samudra Langsa Drs. Bachtiar Akob, M. Pd dalam sambutannya menyampaikan, pada tahun ini 2015, Universitas Samudra Langsa mewisudakan 512 mahasiswa lulusan yang terdiri dari lima Fakultas, yakni dari fakultas hukum 67 orang, fakultas ekonomi 184 orang, fakultas pertanian 85 orang dan dari fakultas FKIP 111 orang serta dari fakultas teknik sebanyak 65 orang. Diantara 512 orang wisudawan-wisudawati, sebanyak 11 (Sebelas) orang di yudisium dengan predikat CUMLAUDE . Dengan wisuda kali ini menjadikan jumlah alumni sejak masa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sampai sekarang menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  sebanyak 8528 orang. Rektor Universitas Samudra Bachtiar Akob, M. Pd menjelaskan telah memiliki 25 prodi pada tahun ajaran baru 2015/2016 dan telah siap menerima mahasiswa baru secara nasional melalui Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT). Lebih lanjut Rektor mengatakan “Keberadaan program studi baru ini adalah sangat penting untuk mengatasi kejenuhan pasar kerja dan juga akan memberi pilihan yang lebih banyak kepada masyarakat luas untuk memilih program studi yang diminatinya”.

Pada tanggal 18 Pebruari 2015 Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, Rabu menyampaikan orasi ilmiah pada acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka wisuda sarjana Universitas Samudra. Kehadiran Gubernur di Kampus Universitas Samudra pada Wisuda sarjana tahun 2015 mempunyai makna tersendiri bagi Universitas Samudra. Juga hadir dalam acara tersebut mendampingi Zaini Abdullah antara lain, Ketua DPRA Tgk Maharuddin, Wali Kota Langsa Usman Abdullah SE, Bupati Aceh Timur, Hasballah HM Thaib, Bupati Aceh Tamiang, H Hamdan Sati ST, Ketua Banleg DPRA Iskandar Usman Al-Farlaky, Kepala Biro Humas Mahyuzar, serta para undangan lainnya. Kehadiran Gubernur Aceh itu disambut Rektor Unsam Drs Bachtiar Akob MPd, Ketua Pembina Yayasan Unsam Langsa, H Azman Usmanuddin, Dandim Aceh Timur, Letkol Inf Mahesa Fitriadi, Kapolres Langsa, AKBP Sunarya SIK, Ketua DPRK Langsa, Burhanysah SH, serta civitas akademika lainnya. Gubernur Zaini Abdullah, yang juga Ketua Dewan Penyantunan Unsam dalam kesempatan itu menyampaikan Orasi Ilmiah yang antara lain mengatakan, kita semua tentu sepakat, bahwa pendidikan adalah cara terbaik untuk membentuk manusia berkualitas. Karena itu, penguatan pendidikan perlu dilakukan sebagai langkah untuk menciptakan sumber daya manusia yang tangguh, kompetitif, punya daya juang yang tinggi serta kreatif.

Gubernur mengingatkan, sebagai salah satu wilayah yang berada di lokasi strategis di kawasan Asean, Aceh harus bisa mengambil peran penting dalam kebijakan ini. Namun, peran ini hanya bisa kita rebut jika kita melakukan pembenahan di dalam. Kita tidak bisa menuntut Asean Economic Community memberikan yang terbaik kepada Aceh tanpa ada upaya untuk bangkit dan menselaraskan diri dengan dinamika global yang berkembang.

Masyarakat Aceh pantas bersyukur mengingat banyaknya keistimewaan yang didapat Aceh dari Pemerintah Pusat. Hal ini terbukti karena hingga saat ini Aceh telah memiliki 11 Perguruan Tinggi Negeri, yang salah satunya adalah Unsam Langsa ini. “Keberadaan PTN ini jangan disia-siakan. Kita harus mampu mendorong agar Unsam dan PTN-PTN lain yang ada di Aceh melahirkan SDM-SDM berkualitas.,” tegas Gubernur Aceh itu.

Dipenghujung orasinya, Gubernur mengingatkan agar pendidikan di Aceh jangan seperti ‘katak dalam tempurung’, yang merasa bangga dengan dirinya sendiri tanpa pernah melihat ketatnya kompetisi di dunia luar. Untuk itu gubernur mengimbau agar PTN di Aceh terus berbenah dan harus membuka diri serta membangun kerjasama dengan lembaga lainnya, sehingga mampu melahirkan tenaga fresh graduate yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Menanggapi permohonan rektor Unsam tentang rencana perluasan lahan kampus seluas 100 hektare, pagar kampus, pengadaan tiga unit bus, dan bantuan honor bagi dosen non PNS, Zaini Abdullah meminta agar Unsam berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemko Langsa, Aceh Timur, dan Kabupaten Aceh Tamiang, yang selanjutnya barulah menyampaikan perihal tersebut ke Pemerintah Aceh dan DPRA.(**)

Pada tanggal 18 Mei 2015, Rektor Universitas Samudra Senin tanggal 18 Mei 2015 melantik Ir. Hamdani, MT menjadi Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Universitas Samudra. Jabatan ini sebelumnya dijabat oleh Asmadi Surya, ST, MT sebagai plt sejak awal penegerian sampai Mei 2015. Sementara Ir. Hamdani, MT sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Samudra.

Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa penting untuk pertama ini dalam mengawali proses pembangunan fisik Unsam ini menempatkan Wakil Rektor 2 yang memiliki basic teknik, mengingat banyak hal yang diperlukan seperti master paln dan lain-lain.

Hadir dalam pelantikan tersebut dekan para dekan , ketua jurusan dan pejabat lainnya di lingkungan Universitas samudra.

Pada Bulan Juni 2015, Universitas Samudra menerima Tim Pascasarjana Universitas Syiah Kuala dan melakukan penguatan kerjasama bidang akademik. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang dibuat pada tahun 2014  dengan pembukaan  Program studi Magister Pendidikan IPA di Universitas Samudra.

Kerjasama antara program Pascasarjana Unsyiah dengan Universitas Samudra berdasarkan undang-undang no 12 tahun 2012 dan peraturan menteri pendididikan dan kebudayaan no 14 tahun 2014 yang mengatur tentang kerjasama antar perguruan tinggi.  Pertemuan ini berlangsung di kampus Universitas Samudra dihadiri oleh direktur pascasarjana unsyiah dan para ketua program studi program magister dan Doktor.

Pada tanggal 30 Juni 2015 dalam rangka mempererat hubungan antar pimpinan dan seluruh civitas akademika Universitas Samudra melakukan Kuliah Umum Mental Spritual yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor I Bidang Akademik,Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Dekan, Kepala Biro,  dosen, staf dan seluruh undangan lainnya. Acara dilakukan Pada Hari Selasa (30/6) yang Bertempat di Gedung Biro Rektor Universitas Samudra. Acara ini rutin diadakan setiap tahun, juga turut mengundang anak yatim di sekitar kampus. Acara di awali dengan sambutan oleh Rektor Bapak Drs. Bachtiar Akob, M.Pd. dilanjutkan dengan kuliah umum yang di Sampaikan oleh Bapak Drs. H Ibnu Sa’dan, M.Pd. Rangkaian acara di tutup dengan buka puasa bersama serta shalat maghrib berjamaah.

Isi ceramah beliau antar lain disampaikan bahwa sungguh besar manfaat puasa dibulan Ramadhan bagi kita umat Islam yang melaksanakannya. Namun banyak yang tidak tahu manfaat dan kebajikan puasa di bulan tersebut, seperti halnya cerita orang yang masuk ke dalam gua yang gelap untuk mengambil sesuatu benda dari sana sekedarnya, setelah keluar dari gua tersebut ternyata benda yang dibawa keluar dari gua adalah emas. Sehingga terpikirlah oleh Mereka Seandainya tadi mereka tahu isi gua yang gelap itu emas tentulah akan mengambil benda yang ada di sana sebanyak banyaknya. Namun kesempatan hanya sekali jadi manfaatkanlah Ramadhan ini dengan kabajikan sebanyak banyaknya.
Kasubbag Humas & Universitas Samudra

Pada tanggal 25 Agustus 2015 Universitas Samudra mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa baru (PK2MB) yang diadakan di halaman Biro Rektor Universitas Samudra. Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Samudra Drs. Bachtiar Akob M.Pd dalam sambutannya beliau berharap agar ajang ini menjadi Pembentukan Mahasiswa yang Berkarakter dan taat Hukum serta mampu Membentuk Karakter Mahasiswa yang Islami dan taat. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 25, s/d 27 Agustus tersebut mengundang narasumber dari Kodim 0104 Aceh Timur Letkol Inf. Endra Saputra Kusuma ZR, SE, M.Si serta ahli motivasi Qodrisyah dari Medan.

Kegiatan PK2MB Universitas Samudra diikuti oleh 1.058 Mahasiswa baru dari lima Fakultas dan 25 Prodi yang ada di lingkungan kampus.

Pada tanggal 19 Oktober 2015 Rektor Universitas Samudra mewisudakan 772 orang Sarjana yang dilaksanakan dihalaman depan Gedung Rektorat Kampus Universitas Samudra di gampong Meurandeh, Kecamatan Langsa Baro, Kota langsa, dengan rincian yaitu Fakultas KIP meluluskan paling banyak sarjana mencapai 326 orang selanjutnya disusul Fakultas Ekonomi dengan jumlah 163 orang, pada posisi ketiga Fakultas Hukum dengan jumlah 127 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 115 orang, dan terakhir Fakultas Teknik sebanyak 41 orang. Dari 772 orang sarjana yang diwisuda terdapat 11 orang Wisudawan terbaik dengan perolehan nilai IPK tertinggi dari masing-masing fakultas, tempat pertama diduduki oleh David Sanjaya Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah dengan perolehan IPK 3,92, Edisyah Putra Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan dengan IPK 3,89, Ziaul Maula Mahasiswa Prodi Ekonomi Manajemen dengan IPK 3,73, Tiurmaita Apriana Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum dengan IPK 3,86, Intan Purnamasari Mahasiswa Prodi Biologi dengan IPK 3,72, Nuriyati Mahasiswa Prodi bahasa Inggris dengan IPK 3,71, Fitri Marlita Mahasiswa Prodi Argobisnis dengan IPK 3,68, Ismail Mahasiswa Prodi Argoteknologi dengan IPK 3,53, Muhammad Alfi Mahasiswa Prodi Teknik Mesin dengan IPK 3,43, Suriadi Mahasiswa Prodi Teknik Industri dengan IPK 3,47, dan terakhir Irwansyah Mahasiswa Prodi Teknik Sipil dengan IPK 3,30.

Pada acara wisuda ini yang menjadi Orasi Ilmiah adalah Rektor Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (Unsyiah) Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dalam orasinya beliau menyampaikan Universitas Samudra merupakan salah satu perguruan tinggi besar di pesisir timur Provinsi Aceh. Universitas ini memiliki potensi yang cukup besar untuk mencapai visi-misinya dimasa mendatang, yaitu menjadi salah satu perguruan tinggi yang bermutu dan berstandar nasional, dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, professional dan kompeten. Beliau juga menuturkan sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), maka semua potensi yang dimiliki oleh Universitas Samudra cukup memadai untuk menghasilkan para guru yang berkualitas dimasa depan, sehingga paling tidak, perguruan tinggi ini akan mampu menjawab kebutuhan guru-guru berkualitas diwilayah timur dan utara Aceh. (Humas Unsam)

Pada tanggal 22 Oktober 2015 Bagian Kepegawaian Biro Adm Umum Universitas Samudra melaksanakan sosialisasi dan pelatihan Implementasi Sistem e-PUPNS untuk Wilayah Kerja Universitas Samudra, (22/10). Acara yang bertempat di Aula Fakultas Hukum Gedung Rektorat Universitas Samudra dibuka oleh Rektor Universitas Samudra Bapak Drs. Bachtiar Akob, M.Pd. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Samudra menjelaskan bahwa e-PUPNS merupakan bagian dari amanat pelaksanaan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, khususnya tentang sistem informasi ASN.

Sosialisasi dan pelatihan e-PUPNS ini dipandu oleh Kasubbag Kepegawaian Universitas Samudra Tarmizi, SE. Pelaksanaan e-PUPNS ini berpedoman pada Peraturan Kepala BKN Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015. e-PUPNS atau pendataan ulang PNS secara elektronik merupakan proses pendataan ulang PNS melalui sistem teknologi informasi yang meliputi tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/daerah sesuai dengan kewenangan masing-masing. Dengan dilakukannya e-PUPNS diharapkan akan menghasilkan data PNS yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, dan mampu menyederhanakan birokrasi serta menciptakan administrasi kepegawaian yang terstruktur. Adapun pelaksanaan e-PUPNS di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mulai akan dibuka pada tanggal 26 Oktober 2015 melalui portal website https://epupns.bkn.go.id perlu menjadi perhatian bahwa ada konsekuensi tegas bagi PNS yang tidak melaksanaan e-PUPNS dengan tidak melaksanakan peremajaan data pada waktu yang telah ditentukan akan berakibat data PNS yang bersangkutan dikeluarkan dari data kepegawaian nasional, yang mana hal itu akan berakibat pelayanan mutasi kepegawaian yang bersangkutan tidak akan diproses. Pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan implementasi ini dilakukan selama satu hari, diikuti oleh seluruh PNS dilingkungan Universitas Samudra.

Pada tanggal 26 Oktober 2015 Rektor Universitas Samudra menyerahan SK CPNS Kepada 19 orang CPNS Formasi 2014 Universitas Samudra yang terdiri dari 16 orang Tenaga Dosen dan 3 orang Tenaga Kependidikan. Acara ini berlangsung bertempat di Ruang Rapat Gedung Rektorat Universitas Samudra. Acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Samudra Bapak Drs. Bachtiar Akob, M.Pd. Sebelum membagikan SK, Rektor memberikan beberapa arahan singkat sebagai bekal bagi para CPNS untuk melaksanakan tugas nantinya. Acara ini berlangsung dengan lancar dan selanjutnya para CPNS tersebut melapor ke Bagian Kepegawaian Universitas samudra untuk mengambil Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) dan Surat Perintah Tugas (SPT).

Lembaga, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu Universitas Samudra pada hari Rabu tanggal 28Oktober 2015 mengadakan Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian di Aula Gedung Fakultas Teknik Universitas Samudra. Acara tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Samudra Bapak Drs. Bachtiar Akob, M.Pd dan dihadiri oleh para Dosen di lingkungan Universitas Samudra.

Pada hari yang sama juga diadakan kuliah umum yang disampaikan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Aceh bekerjasama dengan Universitas Samudra menyampaikan Kuliah Umum  Tax Goes To Campus kepada Mahasiswa Universitas Samudra bertempat di Aula Gedung Cakra Donya Langsa. Kuliah Umum tersebut yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Syahrizal Abbas, MA (Kepala Dinas Syariat Islam Aceh), Inti dari penyampaian kuliah umum tersebut antara lain Pajak dipandang dari sisi normatif, realitas dan ajaran agama.

Pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2015 Universitas Samudra melalui UPT Bahasa Universitas Samudra menyelenggarakan pelatihan Test Of English Proficiency (TOEP) untuk dosen di lingkungan Universitas Samudra. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari dimulai hari Kamis, sampai Jumat tanggal 29 s/d 30 Oktober 2015 bertempat di Lab Bahasa Gedung Rektorat Universitas Samudra. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Saiman, M.Pd dan sebagai Instruktur saudara Heri Apriadi, S.Pd dan Mahlil, S.Pd.M.A dari UPT Bahasa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (Unsyiah). Materi yang di berikan antara lain Listening Section dan Reading Comprehension. (Humas Unsam)

Pada tanggal 31 Oktober 2015 UPT Bahasa melatih mahasiswa yang yang tergabung dalam mahasiswa penerima bidikmisi. Acara pelatihan Bahasa Inggris bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Angkatan 2014 ini dilaksanakan oleh bagian kemahasiswaan Biro Akademik, perencanaan dan kerja sama Universitas Samudra yang berlangung di AulaFakultas Teknik Universitas Samudra pada hari Sabtu, 31 Oktober 2015..

Pada tanggal 6 November 2015  Komunitas Seni Rajut Universitas Samudra Langsa mengadakan kegiatan Bina Insan Seni 2015 dengan Tema Membangun Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Kesenian. Acara ini berlangsung di Aula Gedung FKIP Universitas Samudra.. Turut hadir para acara ini perwakilan dari DPRK, DISPORA,dan POLRES Langsa. Kegiatan selanjutnya berlangsung di Islamic Center selama tiga hari dari tanggal 6 s/d 8 November 2015. Kegiatan ini bertujuan guna mencari bakat seni mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri Menjadi Tuan Rumah PEKSIMIDA tingkat Provinsi Tahun 2016. Adapun pemateri oleh Freddy alam sujaya seniman Langsa, peserta kegiatan ini adalah seluruh Mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Seni Rajut Universitas Samudra.

Pada tanggal 6 November 2015 Universitas Samudra mengadakat penyambutan lulusan Doktoral pertama pada Fakultas Hukum yaitu Dr FUADI S.H, M.H. Dosen Hukum Tata Negara pada Fakultas Hukum Universitas Samudra ini memperoleh gelar Doktor Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sumatra Utara yang digelar pada sidang Promosi Ilmu Hukum pada tgl 22 september 2015 dengan predikat cumlaude. Dr. FUADI S.H, M.H. juga menyampaikan Kuliah Umum dengan judul Pertanggung Jawaban Hukum Pemerintahan Daerah Dalam Pengololaan Zakat Sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Aceh. Turut Memberi Sambutan dalam acara tersebut Rektor Universitas Samudra Drs. Bachtiar Akob, M.Pd dan Dr. Iman Jauhari, S.H, M. Hum.selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Samudra dan dihadiri para Dosen, mahasiswa, alumni Universitas Samudra langsa.

Pada tanggal 13 November 2015 UPT TIK menggelar Workshop dengan tema Pemutakhiran Data Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK), di Ruang Rapat biro Rektor Universitas Samudra. Kegiatan di ikuti oleh operator biro akademik dan dari masing masing Fakultas yang ada dilingkungan Universitas Samudra .Kegiatan berlangsung pada hari jumat(13/11). Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Saiman M.Pd. dalam sambutannya saat membuka Workshop mengatakan kegiatan ini bertujuan agar seluruh data akademik terekam di Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) secara valid. dilanjutkan kata sambutan dari Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Ir. Hamdani, M.T. dalam sambutannya beliau berharap agar setiap data di SIAK merupakan data yang mutakhir.

Pada tanggal 24 November 2015 berlangsung kegiatan  Seminar lingkungan hidup dalam rangka memperingati hari Pohon sedunia. Kegiatan ini  diadakan oleh UKM- PA. Malam Hukum bertema  Peran  generasi muda terhadap pelestarian lingkungan hidup, Selasa, 24 November 2015 di Aula  Fakultas Hukum Universitas Samudra.  Acara tersebut dibuka oleh Ibu Wakil Dekan II Fakultas Hukum Universitas Samudra Ibu Fatimah.,SH.,MH.  Kegiatan tersebut  bertujuan mengingatkan generasi muda untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Motivasi yang di bawa adalah ringankan tangan kita untuk alam kita. Kegiatan tersebut menghadirkan tiga pemateri yaitu Bapak Drs. Amirullah, MM., selaku Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kota Langsa, Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kab. Aceh Tamiang Bapak Asnawi, S.Km. serta Dr. Fuadi SH., MH., Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Samudra. Peserta Seminar diikuti oleh mahasiswa/i, dan berbagai UKM yang ada di lingkungan  Universitas Samudra serta perwakilan siswa/i SLTA di kota Langsa

Pada tanggal 1 Desember 2015 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BEM-FKIP ) Universitas Samudra mengadakan dialog public bertemakan  bahaya laten paham komunis gaya baru di kalangan mahasiswa. Acara ini berlangsung di aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Samudra. Kegiatan tersebut menghadirkan dua pemateri, Imam Hadi Sutrisno, M.Si, dan  Asnawi, S.Pd,. M.Pd. Acara di buka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Drs. Teuku Junaidi, M.Pd. Mengawali acara, Imam Hadi Sutrisno, M.Si yang menjadi pemateri pertama mengatakaan bagaimana cara menangkal komunis, memperkuat idealisme   kebangsaan mahasiswa. sedangkan pemateri ke dua menjelaskan tentang paham komunis dalam perspektif islam.

Pada hari yang sama LP2M Universitas Samudra mengadakan Sosialisasi Standar Nasional Pendidikan untuk melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi secara maksimal. Untuk itu perlu mengetahui Standar Nasional untuk bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Standar Nasional tersebut terdiri dari, Sosialisasi Standar Pendidikan yang dibuka oleh Dr.Iman Jauhari, SH.,M.Hum, Sosialisasi Standar Penelitian oleh Dr.Saiman, M.Pd dan yang terakhir Sosialisasi Standar Pengabdian oleh Ir.Hamdani, MT. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa 1 Desember di Aula Fakultas Hukum dan dihadiri oleh Civitas dan para Dosen dari berbagai Fakultas yang ada dilingkungan Universitas Samudra.

admin

unsam@unsam.ac.id

Upt-Tik Web Development