Peringatan Hardiknas 2017

Peringatan Hardiknas 2017

05:13 02 May in Uncategorized
0 Comments

 

Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei bukan sekadar hari untuk mengenang Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara, serta para pejuang pendidikan di masa lampau. Peringatan ini juga menjadi momentum bagi bangsa Indonseia, khususnya perguruan tinggi di Indonesia, untuk mengobarkan semangat reformasi pendidikan yang telah digulirkan oleh para tokoh pendidikan tersebut.

Pada Peringatan Upacara Hardiknas ini disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir, dalam sambutan yang dibacakan oleh Rektor Universitas Samudra Dr. Bachtiar Akob, M.Pd pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5) di Halaman Rektorat Universitas Samudra.

Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, Prof. Mohamad Nasir mengangkat tema “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”.Tema ini dipilih untuk menekankan telah tiba saat nya perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi agar lebih memperhatikan dampak dari aktivitas nya terhadap pengembangan ekonomi, terutama ekonomi di daerahnya. Dengan kata lain, Perguruan tinggi lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent of research and development.

Untuk bersama-sama bekerja dalam mereformasi penyelenggaraan pendidikan tinggi, diantaranya melalui deregulasi, penyediaan pendidikan yang fleksibel dan berorientasi pada siswa dan pasar, perubahan kurikulum, penyediaan dosen, guru besar, dan tenaga kependidikan yang profesional. Selain itu, pendidikan yang mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, orientasi pada keterampilan yang teruji dan berdaya saing, pengembangan bidang ilmu strategis, revitalisasi kelembagaan, serta kemampuan pendidikan tinggi untuk menghasilkan riset dan inovasi yang kompetitif.

Dalam kesempatan ini Rektor Universitas Samudra Dr. Bachtiar Akob, M.Pd menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 15 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Samudra yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dengan cara terus-menerus paling singkat 10 (sepuluh) tahun sejumlah 2 orang, 20 (dua puluh) tahun sejumlah 6 orang, dan 30 (tiga puluh) tahun sejumlah 7 orang, sesuai Lampiran keputusan Presiden Republik Indonesia No 35/TK/TAHUN 2017 Tentang Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya.

Upacara yang diikuti oleh para pimpinan universitas, dosen, tenaga kependidikan dan seluruh civitas akademika, serta mahasiswa/i berlangsung hikmat.

Unsam Humas

cutzetia@unsam.ac.id