Sejarah Unsam

unsamUniversitas Samudra berawal dari sebuah universitas swasta yang berada di Kota Langsa di bawah Yayasan Pendidikan Samudra.

Peguruan Tinggi di Aceh Timur telah mulai dirintis sejak tahun 1963, ketika itu Al- Jamiatul Wasliyah Cabang Aceh Timur berinisiatif dengan mendirikan Fakultas Ekonomi Malikul Saleh yang berafiliasi pada Universitas Alwasliyah Medan.

Beberapa tokoh masyarakat, cendekiawan dalam kedudukannya sebagai anggota DPRD Aceh Timur (1970) bersama-sama Pemerintah Daerah berinisiatif untuk mendirikan Perguruan Tinggi Baru yang mendapat dukungan lugs dari masyarakat. Dukungan masyarakat tersebut ditindaklanjuti dengan mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi Persiapan Negeri Langsa yang dibentuk pada tahun 1971. Langkah awal dimulai dengan mengadakan pertemuan konsultasi dengan Rektor Universitas Syiah Kuala yang ketika itu dijabat oleh Prof. Drs. A. Majid Ibrahim (Alm).

Konsultasi tersebut bermaksud menjajaki kemungkinan pembukaan Lembaga Perguruan Tinggi yang baru dan merumuskan hubungan kerja sama yang efektif dan serasi guns menunjang kelancaran kelangsungan operasionalisasi lembaga. Kemudian Yayasan memutuskan untuk mendirikan Fakultas Keguruan Persiapan Negeri dengan membuka dua jurusan, masing-masing jurusan Civics Hukum dan Bahasa Inggris. Persiapan-persiapan untuk memenuhi syarat yang dikehendaki dipenuhi sejauh mungkin, dengan tujuan pada waktunya dapat berafiliasi dengan Fakultas Keguruan Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh. Proses afiliasi dimaksud akhirnya tidak mendapat persetujuan Rektor Universitas Syiah Kuala yang baru, meskipun perkembangan lembaga pada saat itu sudah menunjukkan kemajuan yang berarti, hal mans sesuai dengan penilaian team evaluasi Unsyiah.

Pada tahun 1976, dibuka dua Sekolah Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (STHPM) dan Sekolah Tinggi Ekonomi (STE). Melalui proses yang panjang, di tahun 1981, kedua perguruan tinggi tersebut memperoleh status terdaftar yang direalisasikan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 01998 dan 0199 tahun 1981.

Melalui proses perkembangan berikutnya ke dua sekolah tersebut melebur menjadi Fakultas Hukum dan Fukultas Ekonomi dan ditambah dua Fukultas lain yaitu Fakultas Pertanian dan Fukultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Rencana tersebut direalisasikan dalam tahun 1985 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0477/0/1985 tanggal 22 Oktober 1985.

Sejak saat itu Universitas Samudra Langsa menjalankan aktivitasnya menjalankan semua unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang secara operasionainya dilaksanakan oleh empat Fakultas dengan 7 program studi. Pada tahun 1990/1992 menambah satu fakultas lagi yaitu fakultas teknik dengan membuka 3 program studi dan menambah satu program studi pada FKIP yaitu Program Studi bahasa Inggris.

Dalam perjalanan sejarahnya setelah 40 tahun berkiprah, akhirnya pada bulan Mei 2013 berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2013 tentang Pendirian Universitas Samudra.

Proses menuju Perguruan Tinggi Negeri ditempuh melalui jalan berliku, dimulai dari tahun 2004. Setelah proposal diajukan pada tahun 2005 Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo menolak pengerian unsam dengan alasan yang sangat klasik, tidak ada anggaran. Pada tahun 2008 manajemen Universitas Samudra langsa bersama Yayasan Pendidikan Samudra bertandang ke Dikti untuk beraudiensi dengan Dirjen Dikti saat itu Bapak Fasli Jalal. Sejak itu proses penegerian Unsam mulai bergeliat kembali.

Setelah mengetahui banyak hal mengenai persyaratan penegerian sebuah perguruan tinggi dalamm audensi tersebut, maka mulailah mempersiapkan semua persyaratan yang diminta oleh Dikti. Akhirnya semua impian dan harapan masyarakat Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang untuk memiliki sebuah PTN terwujud padsa tanggal 13 Mei 2013 dengan ditandatanganimya Peraturan Presiden Nomor 37 TaHUN 2013 Oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono menjadilah PTN dengan nama Universitas Samudra. PTN Baru yang bernama UNSAM ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 4 Juni 2013.