Langsa – Acara Harmoni Indonesia 2018 digelar pada Minggu (5/8) di Gedung Multi Guna Universitas Samudra dengan Tema “Merajut Kebangsaan dan Memperkokoh Kembali Persatuan Bangsa”.

Unsam ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Harmoni Indonesia di Kota Langsa. Berkoordinasi dengan pihak Polres Kota Langsa dan Pemerintah Kota Langsa, acara Harmonisasi Indonesia 2018 diikuti oleh sekitar 900 peserta yang terdiri Unsur Pimpinan Daerah yang tergabung dalam FORKIMDA (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), Pemerintah Kota Langsa, Polri, TNI, Mahasiswa dan Civitas Akademika Universitas Samudra, Mahasiswa dan Civitas Akademika IAIN Zawiyah Cot Kala, Dewan Guru dan Siswa/i SMU/SMK se-kota Langsa dan unsur masyarakat.

Acara diawali dengan kata sambutan oleh Walikota Langsa yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Suryatno, A.P., M.SP. Beliau mengatakan Harmoni Indonesia 2018 merupakan sebuah komitmen dari bentuk dan wujud kecintaan kita pada Negara Persatuan dan Kesatuan Republik Indonesia ini.

“Mungkin kita berbeda suku , mungkin kita berbeda agama, mungkin kita berbeda bahasa tetapi kita tetap satu Negara Republik Indonesia. Oleh karena itu dengan momentum Harmoni Indonesia 2018  ini mari kita isi kemerdekaan yang telah diwariskan oleh pejuang bangsa kita 73 tahun yang lalu dengan melaksanakan tugas dan fungsi kita masing-masing,” tambahnya.

Selanjutnya acara ini diisi dengan kegiatan bernyanyi bersama lagu-lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, Mars Garuda Pancasila dan Bagimu Negeri.

Rektor Universitas Samudra Dr. Bachtiar Akob, M.Pd yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Saiman, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terimakasih  kepada semua pihak yang telah mempercayakan pelaksanaan Acara HARMONI INDONESIA 2018 di Universitas Samudra.

Seperti kita ketahui bulan Agustus merupakan bulan penuh berkah dan rahmat bagi seluruh rakyat Indonesia. Banyak kejadian penting yang terjadi dan yang sangat besar adalah Bangsa Indonesia memproklamirkan Kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus. Khususnya pada tahun 2018 ini pada bulan Agustus juga akan dilaksanakan even olahraga Asian Games 2018. Semua mata dunia tertuju kepada Indonesia. “Marilah kita menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga dari segala unsur-unsur yang mengadu domba kita. Tidak ada permusuhan diantara kita , tidak ada iri diantara kita, yang ada hanya Indonesia Jaya,” ujarnya

Acara Harmoni Indonesia 2018 bertujuan untuk menyerukan semangat kebangsaan kepada mayarakat Indonesia dengan memupuk semangat rasa persatuan bangsa dari berbagai suku, ras, bahasa dan agama dalam kebhinekaan.

SHARE