Agribusiness Festival 2022 Bangkitkan Semangat Generasi Muda Bangun Bisnis Berkelanjutan

Langsa-Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri)  Fakultas Pertanian Universitas Samudra (Unsam) menggelar kegiatan Agribusiness Festival Tahun 2022 berlangsung  di Gedung Multi Guna Unsam,  selama 3 hari ( 15-17 Desember 2022).

Kegiatan dengan tema “Semangat Generasi Muda Dalam Membangun Bisnis Yang Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045” tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani,M.T diwakili Kepala Biro Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama (AKPK) Unsam,  Zulfan, S.H.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan, Sebagai generasi muda yang ingin menggeluti dunia bisnis dapat memulai dengan mengembangkan produk produk lokal. Menurutnya, Untuk mencapai kesuksesan sebagai pebisnis itu biasanya di mulai dari bawah.

“Kalian dapat mencontoh Usaha Keripik Cinta Mas Hendro, yang dalam kegiatan ini termasuk salah satu sponsornya,  bagaimana saat memulai usahanya hanya dari gerai yang kecil, tetapi  sekarang sudah sangat maju. Mas Hendro juga memulai usahanya dari bawah, dan produknya juga sederhana, dari produk lokal, tetapi mampu menjadi bisnis yang besar”Ungkap Kepala Biro.

“Mari kita kembangkan produk produk lokal yang ada di sekitar kita untuk menjadi Produk berskala nasional”Lanjutnya lagi.

Ketua Panitia, Akmal Fauzan menyebutkan, ada beberapa agenda perlombaan dan kegiatan  dalam Agribusiness Festifal ini, yaitu kegiatan Workshop Agri Preneur dari Duta Kementan RI, Kemudian ada Perlombaan Puisi, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Desain Poster, Desain Photografi, Vocal Solo, Business Model Canvas,  Debat Competition, dan Futsal. Dari Agribusiness Festifal ini kita juga adakan Expo Bazar, dari UMKM Kota Langsa dan mahasiswa.

Selain itu, kegiatan ini juga disponsori oleh Keripik Cinta Mas Hendro, Teh Sosro, Pegadaian Syariah Kota Langsa, Rakan Setia Berbagi. Kemudian ada Honda (PT. Cahaya Jaya Abadi), Rumoh Nek Tu, Warung Mahasiswa dan PPKS Kota Medan.

Dalam kesempatan ini, Ia  mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, “Terimakasih kepada seluruh rekan panitia, tamu undangan yang telah berhadir, dan kepada para sponsor yang telah mensupport  Agribusiness Festival 2022 ini.”Ucap Ketua Panitia.

Senada dengan ketua Panitia, Ketua Umum Himagri, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih pada semua pihak, terutama para sponsor. Dan mengatakan  Agribusiness Festival 2022 merupakan agenda tahunan bagi Agribisnis.

 “Terimakasih kepada seluruh panitia yang telah meluangkan waktu untuk menyukseskan acara ini, juga semua  pihak terutama para Sponsor yang telah membersamai kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Agribisnis, dan ini merupakan Festifal Agri yang ke-3 setelah vakum selama dua tahun dikarenakan Pandemi Covid.”

“Festival kali ini kita hadirkan kembali  dengan suasana yang baru, wajah yang  baru dan inovasi yang baru. Kita berharap kegiatan ini dapat berlangsung sukses dan lancar sampai selesai.”Ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Prodi Agribisnis, Rozalina, S.P.,M.Si diwakili Muhammad Jamil, M.MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa Agribusiness  Festival ini merupakan moment penting bagi prodi Agribisnis untuk menuju yang lebih baik ke depan.

“selamat pada Himagri yang telah memprakarsai terwujudnya kegiatan ini, Agri Fest ke-3 ini  merupakan moment penting bagi Prodi Agribisnis untuk menuju yang lebih baik ke depan. Yaitu untuk mendidik anak anak kita menjadi seorang Agri Preneur.”

“Kita dapat melihat bahwa  bidang Agribisnis memiliki peluang besar sekarang ini dimana adik adik dapat mengembangkan berbagai kreasinya di bidang ini.”

“Kita berharap, kegiatan ini dapat terus berjalan dan berlanjut tiap tahun. Selain untuk mengembangkan karir mahasiswa, Kegiatan ini juga akan meningkatkan kualitas Prodi pada saat penilaian Asesor atau pihak pihak yang memberikan penilaian.”

Sebelum mengakhiri, Bapak Muhammad Jamil berpesan agar panitia dapat memberikan penilaian yang objektif pada peserta perlombaan, “Saya wanti wanti agar panitia memberikan penilaian yang jujur dan objektif pada peserta, yang berhak menang, maka menangkanlah. Agar tidak timbul permasalahan di kemudian hari.”Pesannya.

Beliau juga  meminta agar mahasiswa dapat bekerjasama dengan baik sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, “ini merupakan kegiatan bersama, saya minta jangan hanya ketua, sekretaris dan bendahara saja yang bekerja. Tetapi  semua panitia bekerjasamalah dengan baik, saling bahu membahu agar kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses.”Tutupnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Para Wakil Dekan, Koordinator Prodi, Para Dosen , Para Mahasiswa Fakltas Pertanian dan para peserta Lomba.  (Humas Unsam).