Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Unsam Gelar kegiatan Donor Darah

Langsa-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Unsam menggelar kegiatan Donor Darah Pertanian (DORAP).  Kegiatan berlangsung di tribun halaman gedung Biro Rektorat Unsam. Rabu,(23/11/2022).

Ketua BEM Fakultas Pertanian Unsam, Adam Fakhrezy didampingi ketua Departemen Humas BEM Fakultas Pertanian sekaligus Ketua Panitia pelaksana kegiatan,  Adnan Safi’i dan Sekretaris Departemen Humas BEM  Fakultas Pertanian, Elita Romei Tampubolon mengatakan, kegiatan ini  merupakan kegiatan sosial sebagai wujud kepedulian mahasiswa untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kegiatan ini salah satu wujud kepedulian kita pada masyarakat yang membutuhkan darah, kita telah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan kita hari ini selain untuk Civitas Akademika di lingkungan Unsam yang ingin mendonorkan darahnya, juga terbuka untuk umum.” Ucap Adam Fakhrezy yang merupakan mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian.

Adnan Safi’i menambahkan, “Kegiatan ini merupakan program dari Departemen Humas BEM Fakultas Pertanian dan baru pertama kali dilaksanakan,  ini akan menjadi agenda rutin dalam kepengurusan BEM Fakultas Pertanian.”Imbuh mahasiswa Prodi Agribisnis ini.

“Kita rencanakan  kegiatan ini dapat terlaksana setiap 3 bulan sekali,  jadi berkelanjutan.” Lanjutnya di sela-sela berlangsungnya kegiatan donor darah.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada teman teman panitia, bapak/ibu di Unsam, tim dari PMI Kota langsa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Juga tadi ada Bapak Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian, Bapak Dr. Iswahyudi, sudah mendonorkan darah.” Tambah Elita.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, karna setetes darah kita adalah kehidupan bagi orang lain”. Tutup Ketua BEM Fakultas Pertanian.

Salah seorang dari Tim Unit Transfusi  Darah (UTD) PMI Kota Langsa, Kartini mengatakan bahwa darah yang terkumpul untuk memenuhi kebutuhan darah bagi Rumah Sakit yang ada di Kota Langsa, Aceh Tamiang maupun Aceh Timur. Dan dari kegiatan donor darah ini terkumpul 21 kantong darah.

“Kami ucapkan terimakasih kepada bapak/ibu yang telah donor hari ini. Darah yang terkumpul untuk memenuhi kebutuhan darah di Rumah Sakit yang ada di Kota Langsa, Aceh Tamiang dan Aceh Timur juga. Terutama untuk pasien yang rutin membutuhkan darah seperti pasien Thalassemia.”

Ia menambahkan selain di Unsam, adanya instansi atau lembaga yang  rutin melakukan kegiatan donor darah sangat membantu PMI  dalam menyediakan stok  darah bagi yang membutuhkan.

Kegiatan donor darah di Unsam ini tampak diikuti oleh para mahasiswa, Staf Pegawai Tenaga Kependidikan, Para Dosen, dan Para Satuan Pengamanan di lingkungan Universitas Samudra. (Humas Unsam).