Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita! / dukung-kreativit..

23 Oct 2020, Humas Unsam | Seputar Kampus

Dukung Kreativitas Mahasiswa, Unsam Langsungkan Kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Proposal PKM dan PHP2D dan Bimtek Kewirausahaan

Dukung Kreativitas Mahasiswa, Unsam Langsungkan Kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Proposal PKM dan PHP2D dan Bimtek Kewirausahaan

Langsa – Universitas Samudra (Unsam) telah melangsungkan kegiatan bimbingan teknis penulisan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2020 selama dua hari pada tanggal 20 dan tanggal 21 Oktober 2020.

Rektor Universitas Samudra, Dr. Bachtiar Akob. M. Pd. yang diwakilkan oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Bukhari, S.Pd., M.Pd., membuka langsung kegiatan yang dilangsungkan selama dua hari ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa nilai kreatifitas merupakan suatu nilai yang sangat krusial untuk dimiliki oleh seorang mahasiswa. “Bagi seorang mahasiswa nilai kreatifitas sangat penting untuk dimiliki. Hal ini dikarenakan seorang mahasiswa nantinya akan menjadi seorang SDM yang akan turun langsung dimasyarakat. Dikarenakan semakin hari lapangan pekerjaan semakin menipis, akan sangat baik efektif apabila para mahasiswa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan berwiraswasta. Oleh karena itu kegiatan bimtek ini akan sangan bermanfaat dalam memberikan ilmu pengetahuan yang diperlukan”, jelas beliau.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada mahasiswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan kewirausahaan. Mulai dari penyusunan rencana bisnis usaha, sampai dengan teknik-teknik untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar.

Pada hari pertama yaitu pada tanggal 20 Oktober 2020 materi yang dipaparkan adalah seputar kreatifitas mahasiswa dengan nara sumber bapak H. Heri Kuswara, M.Kom. dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) Jakarta.

Ibu Dr. Tipri Rose Kartika. S.E., M.M. yang merupakan anggota dari tim Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Mahasiswa (KBMI) menjadi nara sumber pada hari kedua yaitu pada tanggal 21 Oktober 2020 yang membahas PHP2D sebagai fokus utama pemaparan. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan kiat-kiat penting yang akan menjadi kunci utama agar para mahasiswa baik secara individu maupun organisasi dapat meluluskan proposalnya untuk mendapatkan hibah bantuan dana dari kementerian terkait.

Sebanyak 434 orang mahasiswa yang terbagi dalam 5 fakultas (Fakultas Hukum 11 orang, Fakultas Ekonomi 47 orang, Fakultas Pertanian 32 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 169 orang, dan Fakultas Teknik dan MIPA 175 orang) mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang dilangsungkan secara daring ini turut mengundang Presiden Mahasiswa, Keta DPM, dan Ketua BEM dari seluruh fakultas. (Humas Unsam)