Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita! / kuliah-umum-faku..

29 Aug 2019, Admin | Seputar Kampus

Kuliah Umum Fakultas Pertanian Unsam

Kuliah Umum Fakultas Pertanian Unsam

Langsa – Fakultas Pertanian Universitas Samudra (Unsam) menghadirkan Prof. Dr. Muhammad Zairin Junior, M.Sc (Guru Besar FPIK-IPB) sebagai pemateri dalam Kuliah Umum yang bertajuk “Strategi Pembenihan Ikan dan Domestikasi Ikan-Ikan Lokal untuk Meningkatkan Produksi dan Pendapatan yang Berkelanjutan”, Rabu (27/3/19).

Kuliah Umum yang berlangsung di Aula I Biro Rektor dibuka oleh Rektor Universitas Samudra Dr. Bachtiar Akob, M.Pd. yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Saiman, M.Pd.

Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak yang telah mendukung terlaksananya Kuliah Umum ini. “Dalam waktu dekat Program Studi Budidaya Perairan akan diurus dan diubah nama agar sesuai dengan nomenklatur terbaru menjadi Program Studi Akuakultur”, ujarnya.

Dekan Fakultas Pertanian Ir. Cut Mulyani, M.P dalam sambutannya mengatakan Prodi Budidaya Perairan sangat cocok dicantelkan di Fakultas Pertanian karena Kota Langsa terletak di daerah pesisir paling timur Provinsi Aceh. Domestikasi berhubungan dengan penjinakan ikan-ikan asli Indonesia. “Sebelum  tema ini dipilih kami di Fakultas Pertanian Unsam sudah mendomestikasi dan membibitkan rajungan. Laporan hasil riset rajungan yang telah dikerjakan oleh tim mahasiswa dan dosen Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Unsam melalui hibah Asosiasi Rajungan Internasional (APRI) termasuk salah satu bahan presentasi di Boston, Massachusetts”, ungkapnya. Selain rajungan juga ada dibibitkan udang galah, ikan bandeng, nila dan lele.

“Selama ini pemanfaatan ikan-ikan liar ada secara langsung tetapi budidayanya belum ada. Mungkin salah satu alternatif langkah yang paling utama adalah dengan domestifikasi terhadap ikan-ikan tersebut”, tuturnya.

Acara Kuliah Umum ini dihadiri oleh dekan Fakultas Ekonomi, para wakil dekan, ketua program studi, dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian, khususnya prodi Budidaya Perairan. (Humas Unsam).