Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita! / ldk-assalam-univ..

09 Sep 2020, Humas Unsam | Seputar Kampus

LDK Assalam Universitas Samudra Menangkan Hibah PHP2D Kemendikbud

LDK Assalam Universitas Samudra Menangkan Hibah PHP2D Kemendikbud

Karang Baru - Universitas Samudra pada Tahun Anggaran 2020 telah memenangkan hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu hibah Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diperuntukkan bagi Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Unit Kegiatan Mahasiswa LDK Assalam Universitas Samudra merupakan salah satu Ormawa yang lulus memperoleh pendanaan tersebut dengan judul Program Urban Farming Menuju Ketahanan Pangan Keluarga Secara Berkelanjutan (Pendampingan Pada Kelompok Wanita Tani Mawar) dengan dosen pendamping Dr. Rini Mastuti dari Fakultas Pertanian.

 

Lokasi kegiatan PHP2D berada di Kampung Dalam, Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, dengan waktu pelaksanaan sejak bulan Agustus sampai Desember 2020. Menurut Dr. Rini Mastuti, program ini dirancang secara berkelanjutan untuk mencapai tujuan utama yaitu Desa Wisata Berbasis Pertanian yang bisa menjadi destinasi wisata baru di wilayah Aceh Tamiang khususnya, untuk mewujudkan masyarakat mandiri. Kegiatan ini telah mendapatkan dukungan penuh dari kelompok Wanita Tani Mawar, Dato Penghulu Dalam Riza Zahari S.S dan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan & Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang Yunus, S.P.

 

Anggota LDK Assalam terdiri dari 10 orang mahasiswa yang di ketuai oleh Sri Indayani yang berharap dengan kegiatan PHP2D dapat menumbuhkan rasa peduli dan meningkatkan kontribusi mahasiswa kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera, sebagai salah satu implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.

 

Sedangkan Ketua Umum LDK Assalam yaitu Mahlia Umin mengatakan bahwa, pemuda dan mahasiswa  adalah agent of change, yang dituntut produktif dan mampu turut membawa perubahan yang lebih baik untuk bangsa, negara bahkan dunia dan dengan ide dan gagasan yang tertuang dalam PHP2D. UKM LDK Assalam Universitas Samudra,  berharap dapat menjadi inisiator kebangkitan semangat untuk berkarya, beramal, dan mengabdi untuk masyarakat dalam mewujudkan negara yang maju, aman, damai dan sejahtera. (Humas Unsam)