Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita! / pelatihan-dan-pe..

04 Sep 2019, Admin | Seputar Kampus

Pelatihan dan Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning

Pelatihan dan Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning

Langsa – Universitas Samudra (Unsam) kini tengah bekerjasama dengan beberapa Universitas terkemuka seperti Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam melaksanakan Program Mobilisasi Dosen Pakar (PMDP) dari Kemenristekdikti. Salah satunya adalah Pelatihan dan Pelaksanaan Blended Learning dikalangan Unsam.
Penggunaan blended learning kian banyak diadopsi di perguruan tinggi. Blended Learning dinilai akan mendorong nilai kreatifitas baik itu pada para pengajar ataupun pada mahasiswa secara langsung. Blended learning sendiri merupakan pembelajaran yang didalamnya diisi oleh kombinasi efektif dari cara mengajar dan gaya pembelajaran yang berbeda serta ditunjang dengan komunikasi terbuka antara semua bagian yang terlibat dalam proses pembelajaran, sedangkan keuntungan dari pelaksanaan blended learning sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online.
Penerapan blended learning ini diterangkan oleh Dr. rer. nat. Adi Nur Cahyono. M. Pd. dari Universitas Semarang. Beliau merupakan Narasumber yang secara khusus didatangkan untuk membagikan informasi dan memberikan pelatihan seputar blended learning kepada para dosen yang ada di Unsam. Adapun jumlah dosen peserta pelatihan dari Unsam sendiri adalah sebanyak 50 orang yang berasal dari 25 program studi yang ada.
Proses pelatihan yang berlangsung dari tanggal 24 Juli dan diakhiri pada tanggal 16 Agustus 2019 ini bertujuan untuk mengomtimalkan pemanfaatan ELSA (E-Learning Samudra) yang merupakan site pembelajaran secara online dari Unsam yang telah ada namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Dengan berlangsungnya blended learning ini diharap ELSA dapat beroperasi sehingga dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan dosen dalam mempraktikkan pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0.
Plt. Ketua LPPM-PM Unsam, Syamsul Bahri, SP, MP selaku ketua pelaksana turut menyampaikan, “Tidak hanya berhenti pada pelatihan dan pelaksanaan blended learning, Unsam juga akan melaksanakan dua pelatihan lagi dalam mengembangkan kualitas para dosen yaitu Pelatihan Peningkatan Kualitas Penelitian, Inovasi dan Hasil Publikasi yang akan diisi oleh Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric. Sc dari Universitas Syiah Kuala sebagai narasumber Pelatihan Penyusunan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat yang akan diisi oleh Prof. Dr. rer. Nat. Sundari Murono Suwandhi, Apt dari Institut Teknologi Bandung sebagai narasumber”.(humas unsam)