Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita! / rektor-unsam-lak..

02 Jul 2020, Humas Unsam | Seputar Kampus

Rektor Unsam Laksanakan Simulasi Penanganan COVID19 Bagi Calon Mahasiswa Baru UTBK SBMPTN 2020

Rektor Unsam Laksanakan Simulasi Penanganan COVID19 Bagi Calon Mahasiswa Baru UTBK SBMPTN 2020

Langsa – Universitas Samudra (Unsam) melaksanakan Simulasi Penanganan COVID-19 Calon Mahasiswa Baru yang akan mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) bertempat di halaman Gedung Rektorat Unsam, Kamis, (02/07/2020).

Rektor Unsam, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd. membuka langsung kegiatan Simulasi ini dengan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang membantu dan bekerja sama dalam merealisasikan kegiatan UTBK 2020 di Unsam ini, “saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menunjukkan kekompakan yang sangat baik sehingga penyelenggaraan UTBK 2020 di Universitas Samudra bisa terlaksana. Kerjasama ini harus kita jaga dikarenakan UTBK pada tahun ini telah menjadi tanggung jawab kita semua, dalam situasi sekarang ini yang tengah dilanda pandemi COVID-19”, papar beliau.

Tidak hanya itu, beliau juga berharap agar Unsam mampu menjadi contoh yang dapat menjadi acuan instansi lain dalam masa pandemi ini. “Saya berharap dengan berlangsungnya UTBK ini nantinya Unsam dapat menjadi Pilot Project yang nantinya bisa menjadi acuan oleh instansi-instansi lain dalam menemulai kegiatan yang sehat namun tetap produktif meskipun berada dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Oleh sebab itu saya harap kita semua tetap mematuhi Protokol Kesehatan agar tidak terjadi penyebaran virus Corona pada saat penyelenggaraan UTBK-SBMPTN 2020 nanti,” harap beliau.

  

Teuku Hasan Basri, S.Pd., M.Pd selaku ketua panitia pelaksanaan kegiatan UTBK-SBMPTN 2020 memimpin simulasi, dimana proses yang harus dilalui oleh para Peserta UTBK 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Peserta yang hadir diharuskan dalam kondisi fisik yang bersih dan menggunakan masker;
  2. Bagi para pengantar untuk menurunkan peserta di drop point dan tidak diperkenankan untuk menunggu;
  1. Para peserta akan dicek suhu tubuh satu persatu;
  2. Para peserta diharuskan untuk mencuci tangan ditempat yang telah disediakan;
  3. Peserta yang telah memasuki gedung langsung menuju ruangan tes dengan tetap menjaga jarak;
  4. Peserta tidak dibenarkan untuk berinteraksi dengan peserta lain.

 

Pelaksanaan UTBK 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juli sampai dengan 12 Juli 2020 ini akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama akan berlangsung mulai dari pukul 09.00 – 11.15 Waktu Setempat; dan (b) Sesi 2, pukul 14.00 – 16.15 Waktu Setempat. Jeda waktu selama 2 jam 45 menit, digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan saat pergantian sesi.

Adapun jumlah peserta yang akan mengikuti UTBK – SBMPTN 2020 di Unsam adalah 1580 orang dimana 1450 peserta berasal dari Provinsi Aceh, sedangkan 130 peserta lainnya berasal dari luar Provinsi dengan 4 (empat) titik lokasi ujian dilingkungan Unsam.

Simulasi ini turut dihadiri oleh Asisten 1 Pemerintahan Sekda Kota Langsa, Wakapolres Kota Langsa, Perwakilan Kodim 0104 Aceh Timur, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Langsa, Perwakilan Puskesmas Langsa Lama, Perwakilan dari Public Safety Center 119 Kota Langsa, Para Wakil Rektor Universitas, Para Kepala Biro, Para Dekan dan Wakil Dekan, Ketua LPPM-PM, Ketua SPI, Kepala UPT, dan para anggota Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dilingkungan Unsam dan juga para dosen juga tendik. (Humas Unsam)