Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita! / rektor-unsam-peu..

04 Sep 2019, Admin | Seputar Kampus

Rektor Unsam Peusijuk Calon Jemaah Haji Universitas Samudra

Rektor Unsam Peusijuk Calon Jemaah Haji Universitas Samudra

Langsa –  Rektor Universitas Samudra (Unsam) Dr. H. Bachtiar Akob, M.Pd Beserta Istri melakukan kegiatan Peusijuk kepada tujuh orang Calon Jamaah Haji di lingkungan  Universitas Samudra, di Aula Rektor, Selasa (23/7/2019).

Kegiatan Peusijuk ini merupakan kegiatan tahunan Universitas Samudra dalam hal memberikan do’a restu bagi para calon jamaah haji agar selalu diberkahi dengan kesehatan dan juga untuk menghargai kegiatan Naik Haji itu sendiri. Sebagaimana yang disampaikan Rektor bahwa Kegiatan Peusijuk ini merupakan ciri khas dari masyarakat Aceh dalam menyambut suatu kegiatan keagamaan atau penyambutan tamu sesuai dengan adat-istiadat yang berlaku di masyarakat.

Adapun ke delapan para Calon Haji dari Lingkungan Unsam adalah:

  1. Bustami,SH,MA  kepala LPPM –  PM beserta Istri
  2. Adnan Ahmad, MM..Kepala Biro umum dan keuangan
  3. Dr Nurliana, SE.M.SI. Dekan Fakultas Ekonomi,
  4. Burhanuddin,AB  beserta Istri.
  5. Nurlaila Hanun ,M.Si ,Wakil Dekan idang akademik dan kemahasiswaan bersama Suami.

Beliau sedikit bercerita bahwa tidak hanya Peusijuk, tapi juga kegiatan Manasik Haji yang merupakan suatu kegiatan Khas Aceh yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang diperlukan oleh para Calon Haji dalam melaksanakan Ibadah Haji. Dikerenakan Kegiatan Manasik Haji ini hanya dilaksanakan di Aceh, banyak sekali para Calon Haji dari luar negeri terkhusus dari kawasan Asia Tenggara yang sengaja datang ke Aceh untuk mengikuti kegiatan Manasik Haji ini untuk menimba ilmu mengenai hal-hal yang harus mereka ketahui seputar Ibadah Haji. Tidak hanya sampai disitu, banyak pula para jamah haji dari Asia Tenggara tersebut yang kembali mengunjungi Aceh sepulang mereka dari tanah suci bertujuan untuk belajar kembali mengenai Manasik Haji agar mereka bisa menerapkan ilmu tersebut di Negara asal mereka masing-masing. Oleh sebab itu beliau menambahkan bahwa para Calon Jamaah Haji yang berasal dari Aceh turut bersenang hati dapat mendapatkan pengetahuan seputar ibadah haji dengan mudah.

Kondisi para Calon Haji juga menjadi salah satu hal yang dibicarakan oleh Rektor pada kesempatan ini. “ Kondisi setiap Calon Jamaah Haji harus dalam keadaan suci, mulai dari tubuh, hati, sampai dengan semua barang-barang yang akan digunakan dalam beribadah di tanah suci. Oleh sebab itu dalam rangka menyucikan tubuh dan hati kita semua mari kita saling maaf-memaafkan sehingga hilang semua perasaan negatif di diri kita masing-masing”. Di akhir kalimatnya beliau juga menyampaikan selamat bagi para calon haji dengan harapan Ibadah para calon haji dapat diterima oleh Tuhan YME.

Sambutan dari salah satu calon jamaah haji Unsam Bustami, SH., MA. menyampaikan rasa terimakasihnya atas apresiasi yang ditunjukkan oleh Unsam bagi para Calon Jamaah Haji Civitas Unsam. Ia berharap kegiatan Peusijuk ini dapat terus berjalan setiap tahunnya karena dianggap merupakan suatu kegiatan yang dapat mengikat kebersamaan dan kesaudaraan antar civitas Unsam.(humas Unsam)