Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita! / universitas-samu..

02 Dec 2020, Humas Unsam | Seputar Kampus

Universitas Samudra Gelar Wisuda Secara Daring Periode ke II Tahun 2020 Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Universitas Samudra Gelar Wisuda Secara Daring Periode ke II Tahun 2020 Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Langsa – Universitas Samudra (Unsam) telah melangsungkan perhelatan wisuda pada hari Rabu, (02/12/2020) di Gedung Serbaguna Unsam. Gelaran wisuda kali ini berbeda dari sebelumnya. Sebab untuk pertamakalinya, penggelaran wisuda dilangsungkan secara daring. Acara ini dipilih untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Seluruh prosesi yang dilakukan mengutamakan prinsip protokoler kesehatan yang berlaku.

Rektor Universitas Samudra, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan pada tahun 2018 untuk mewujudkan reformasi birokrasi di Universitas Samudra, Rektor telah membentuk tim manajemen perubahan, untuk pelaksanaannya di bentuk tim task force dengan ketua pelaksaaan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Ir. Hamdani, M.T. Melalui agen-agen perubahan, tersebut telah berhasil disiapkan beberapa aplikasi guna merubah metode pelaksanaan pelayanan dari metode manual menjadi pelayanan teknologi informasi. Aplikasi yang telah berhasil dilaunching selanjutnya diharapkan dapat mendukung pelaksanaan Program Kampus Merdeka di Universitas Samudra. Aplikasi tersebut terdiri dari SIRANCANG (Sistem Informasi Perencanaan dan Penganggaran), SIMPEG (Sistem Informasi Kepegawaian), SIMKEU (Sistem Informasi Keuangan)  dan Sistem Informasi Penilaian Beban Kerja Dosen.

Untuk terlaksananya seluruh kegiatan program Kampus Merdeka, Rektor juga telah menunjuk Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Saiman, M. Pd., sebagai ketua pelaksana program Kampus Merdeka di Universitas Samudra. Tugas utamanya antara lain menyiapkan kurikulum Kampus Merdeka dan menyiapkan Proposal Kompetisi – Kampus Merdeka.

Di sisi lain, untuk suksesnya program Kampus Merdeka khususnya kesempatan mahasiswa dan dosen di luar kampus, Rektor juga telah membentuk pusat karir dan kewirausahaan dan pusat Inkubator Bisnis Universitas Samudra. Kedua pusat tersebut berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Bukhari, S.Pd., M.Pd.

Pada tahun 2020, Universitas Samudra juga telah berhasil meningkatkan peringkat akreditasi program studi dengan predikat B sebanyak 21 Prodi, dimana pada tahun 2019 hanya 11 prodi yang berpredikat B, dari 25 Prodi yang ada di Universitas Samudra, 4 Prodi sedang mempersiapkan reakreditasi untuk meningkatkan peringkat akreditasi dari Baik ( C ) menjadi Unggul ( B ).

 

 

Secara keseluruhan, jumlah lulusan Universitas Samudra yang wisuda kali ini adalah sebanyak 249 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 53 orang mahasiswa dari Fakultas Hukum, 53 orang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, 15 orang mahasiswa dari Fakultas Pertanian, 110 orang mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan 18 orang mahasiswa dari Fakultas Teknik.

Prosesi Wisuda turut dihadiri oleh anggota senat terbatas yaitu para wakil rektor, para dekan beserta wakil dekan, Ketua LPPM-PM, Ketua Satuan Pengawasan. Para undangan yaitu Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan, Para Kepala Biro, Ketua dan Pembina Yayasan Pendidikan Samudra, Ketua Satgas COVID-19 Universitas Samudra, Presiden Pemerintahan Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Samudra. (Humas Unsam)