Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita! / upacara-peringat..

29 Aug 2019, Admin | Seputar Kampus

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019

Langsa – Universitas Samudra memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu (01/06/2019)  di halaman Gedung Biro Rektor Universitas Samudra. 

Upacara Hari Lahir Pancasila yang dimulai pukul 8.00 WIB berlangsung khidmat dan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan seluruh Fakultas, Wakil Dekan, Ketua LPPM-PM, para Kepala Biro, para Kepala UPT, Dosen dan Tenaga Kependidikan, Satpam, Menwa, mahasiswa serta peserta dari instansi pemerintahan lain. Adapun tema dalam peringatan Hari Lahir Pancasila adalah “Kita Indonesia, Kita Pancasila”.

Upacara dipimpin Rektor Universitas Samudra Dr. Bachtiar Akob, M.Pd selaku Pembina Upacara. Beliau membacakan naskah pidato peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono. Dalam isi pidatonya beliau mengatakan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila”, Ungkapnya. (Humas Unsam).