Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / antisipasi-penya..
15 Sep 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Antisipasi Penyalahgunaan Media Digital serta Menjaga Keamanan Data , RTIK Langsa selenggarakan Seminar Literasi Digital

Antisipasi Penyalahgunaan  Media Digital serta Menjaga Keamanan Data , RTIK  Langsa selenggarakan Seminar Literasi Digital

Antisipasi Dampak Negatif  dan penyalahgunaan Media Digital, Sosial Media Serta Menjaga keamanan data,   Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Langsa bekerjasama dengan Program Studi Informatika Universitas Samudra  selenggarakan Seminar Literasi Digital  di Aula Fakultas Teknik Universitas Samudra, Kota Langsa. Kamis, 15 September 2022, yang dihadiri dari berbagai kalangan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadis Kominfo) Kota Langsa, M Husin S.Sos., MM dalam sambutannya mengatakan, kami menyambut baik kehadiran Relawan TIK ini dan teman-teman harus hadir sebagai pemateri untuk menyampaikan Literasi Digital di seluruh Langsa dan kegiatan seperti saat ini dapat dilaksanakan kembali dengan jumlah yang lebih banyak dan merata.

Ketua Relawan TIK Kota Langsa Munawir SST., M.T dalam sambutannya peserta yang dihadiri oleh berbagai kalangan mengatakan bahwa RTIK Kota Langsa siap membantu dan berkolaborasi dengan berbagai kalangan termasuk pemerintah dalam menguatkan TIK di daerah khususnya dengan Dinas Kominfo Kota Langsa dalam mewujudkan dan penguatan program smart city di Kota Langsa. “RTIK Langsa siap hadir untuk koloborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah serta memberikan pelatihan dan pendampingan IT yang membutuhkan seperti UMKM karena tentunya kita akan sulit kalau bekerja sendiri tanpa melibatkan pihak lain.

Dalam penyampaian materi literasi digital “Etika Bermedia Digital”, Munawir yang juga salah satu Pemateri mengingatkan peserta seminar untuk hati-hati dalam menggunakan media digital dan harus beretika dan bertanggung jawab bermanfaat untuk kemajuan dan menginspirasi serta melakukan pengecekan terhadap informasi yang didapat sebelum disebarluaskan, tidak menyebarkan berita bohong atau hoaks, tidak merugikan orang lain dan hindari ujaran kebencian dan pengancaman hal ini supaya tidak melanggar UU ITE yaitu  UU  No.19 Tahun 2016.

Fakhrullah Maulana Ketua Relawan TIK Aceh saat memberi pemaparan Aman Bermedia Digital mengatakan, peran teknologi saat ini tidak dapat dihindari maka yang perlu dipahami adalah bagaimana setiap masyarakat bisa aman berdigital. Paparan dan bahan bacaan publik bisa di unduh gratis dari literasidigita.id

Turut hadir tamu undangan, Kepala Diskominfo dan Kabid Diskominfo Kota Langsa, M. Husin, S.Sos, MMm Dekan Fakultas Teknik Dr. Mastura, M.Si,  Koordinator Prodi Informatika dan para Dosen Informatika Universitas, serta peserta seminar dari kalangan umum dan mahasiswa.

Harapan penyelenggara atas kegiatan yang diinisiasi oleh teman teman RTIK Kota Langsa yang didukung oleh Kementerian Kominfo ini dapat kegaiatan seperti ini dapat terus di laksanakan dan ditindaklanjuti oleh seluruh pemangku kepentingan khususnya kota Langsa untuk berkoloborasi dalam penguatan TIK.