Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / dies-natalis-uni..
13 May 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Dies Natalis Universitas Samudra ke - 9

Dies Natalis Universitas Samudra ke - 9

Langsa- Universitas Samudra (Unsam) menggelar Dies Natalis ke-9 dengan mengusung tema “Merdeka Belajar Mewujudkan SDM Unggul” pada Jum’at 13/05/2022 di Gedung Multiguna Unsam. Acara tersebut dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan dan disiarkan live streaming melalui kanal youtube Unsam TV. 

Unsam yang didirikan pada tahun 1970 telah berumur 52 Tahun dan sebagai PerguruanTinggi Negeri telah memasuki tahun ke-9. Dalam kurun waktu tersebut telah banyak perubahan dan peningkatan sumber daya manusia yang terjadi sebagaimana yang dinyatakan oleh Rektor Unsam, Dr. Ir. Hamdani, M.T., “bertambahnya Dosen  dengan pendidikan Doktor dari 1 orang pada tahun 2013 menjadi 26 orang pada tahun 2021” “tahun 2021, 57 orang dosen dan 51 orang tenaga kependidikan dari Non PNS menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja” lanjutnya. Unsam juga telah meraih berbagai prestasi dengan program kreativitas mahasiswa maupun dalam bidang olahraga.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unsam menyampaikan bahwa Unsam telah membentuk panitia pengkajian pendirian Program Studi Geofisika dan Program Studi Pengelolaan Wilayah Pesisir, mempersiapkan panitia pengkajian pendirian Program Studi Kedokteran yang memperoleh dukungan penuh dari Pemerintah Kota Langsa. Unsam juga akan ikut serta dalam rangka peningkatan kualitas pendidik dengan mengusulkan pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) bekerjasama dengan konsorsium LPTK Yada dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Wilayah Barat.

Momen Dies Natalis Unsam ke- 9 menayangkan video ucapan selamat dari Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim “di usia yang semakin matang ini, Unsam akan menjadi percontohan dalam implementasi MBKM untuk kampus-kampus lain di Aceh dan di seluruh Indonesia.”

Ucapan lainnya dari Sofyan A.Djalil (Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN “Unsam harus mempersiapkan diri untuk mencetak SDM yang berintegritas, bermutu,dan berdaya saing, para mahasiswa perlu terus didorong menjadi sarjana yang mau bekerja keras dan berpikir cerdas, menguasai ilmu dan teknologi yang berdaya saing dengan dunia yang kompetitif.”

Budi Arie Setiadi (Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) “semoga Unsam semakin jaya dalam kontribusinya terhadap kemajuan bangsa.”

Tgk. Malik Mahmud Alhaythar (Wali Nanggroe Aceh) “semoga Unsam dapat terus mencetak putra putri terbaik yang berkompeten sehingga membuat Aceh semakin jaya di masa sekarang dan di masa depan.”

Mayjen TNI Totok Imam Santoso (Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan) “Unsam mampu berdaya saing, professional  mandiri dan menjadi salah satu universitas unggulan di Indonesia.”

Safaruddin, S.Sos, M.S.P. (Plt. Ketua DPR Aceh) “semoga terus menjadi kampus yang unggul, mandiri dan memiliki daya saing dalam mencetak generasi emas Aceh,Unsam Maju Aceh berkemajuan.”

Irjen. Pol. Drs. Ahmad Haydar (Kapolda Aceh) “semoga Unsam semakin jaya dalam kontribusinya terhadap kemajuan bangsa”

Usman Abdullah, S.E (Walikota Langsa) “semoga Unsam terus berkembang dan memberi kontribusi kepada kemajuan pendidikan khususnya di Kota Langsa, Aceh dan di Indonesia, semoga Unsam terus dapat bersaing tingkat Nasional maupun Internasional, membawa nama harum dan mencetak kader-kader intelektual untuk kepentingan bangsa dan Negara.

  1. Mursil, SH., M.Kn. (Bupati Aceh Tamiang) “semoga dapat menjadi pelopor kemajuan dan perkembangan pendidikan di Indonesia)”

Osmar Tanjung (Komisaris Utama PTPN 11) “semoga Unsam menjadi Universitas yang dapat membantu mencerdaskan bangsa dan dapat mensejahterakan bangsa Indonesia dimasa depan, Unsam dapat mempersiapkan diri untuk mencerdaskan generasi muda menjadi masyarakat yang berakhlak, apalagi di tahun 2045 Indonesia menjadi salah satu negara yang akan memimpin ekonomi dunia”

Andre J.O. Sumual (Komisaris Independen PT. Perikanan Indonesia) “semoga Unsam menjadi kampus unggul, mandiri dan berdaya saing, berinovasi, berkreasi di dalam tri dharma perguruan tinggi, semoga gemilang untuk Indonesia maju”

Teuku Badruddinsyah (Direktur Utama PT. Korina Refinery Aceh) “ semoga gemilang untuk Indonesia yang maju, mampu mendidik putra putri Aceh khususnya Langsa untuk membawa kemakmuran nanggroe tercinta.”

Para undangan pada Dies Natalis Unsam ke- 9  yaitu Ketua Senat Unsam, Sekretaris Senat Unsam, anggota Senat Unsam, Walikota Langsa, Bupati Aceh Timur, Bupati Aceh Tamiang, Kapolres Kota Langsa, Kajari Kota Langsa, Kepala PTPN-I Kota Langsa, Para Wakil Rektor Unsam Periode 2017-2021  dan Periode 2017-2022, Kepala Bank Syariah Indonesia cabang Kota Langsa, Kepala BTN Syariah cabang Kota Langsa, Para Dekan  dilingkungan Unsam, Ketua Dharmawanita Persatuan Unsam dan anggota,  Pembina Yayasan Pendidikan Samudra, Ketua Yayasan Pendidikan Samudra dan anggota Yayasan Pendidikan Samudra, Para Wakil Dekan Unsam Periode 2017-2021  dan Periode 2017-2022, Kepala Biro dan Para Koordinator di lingkungan Universitas Samudra. (Humas Unsam)