Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / fakultas-ekonomi..
16 Dec 2021, Humas Unsam | Seputar Kampus

Fakultas Ekonomi Unsam Gelar Raker Bahas Program Kerja 2022

Fakultas Ekonomi Unsam Gelar Raker Bahas Program Kerja 2022

Langsa, Kamis 16 Desember 2021. Fakultas Ekonomi Universitas Samudra ( Unsam ) menyelenggarakan   kegiatan Rapat Kerja ( Raker ) Fakultas Ekonomi  Tahun 2021 di Aula  Fakultas Ekonomi Unsam. Dalam Raker ini membahas mengenai program kerja terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) sebagai implementasi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) untuk perguruan tinggi.

Tema yang diusung pada Raker tersebut yaitu “Melalui Rapat Kerja Kita Wujdkan Program Unggulan untuk Mendukung Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka “ , Nurlaila Hanum, S.E.,M.Si., selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa  Raker kali ini akan dilangsungkan selama dua hari dari tanggal 16-17 Desember 2021 dengan Agenda kegiatan; Evaluasi Kinerja pelaksanaan program kegiatan tahun 2021, membahas tentang Rencana Kerja Tahun 2022, Arah Kebijaksanaan ke depan, dan Diskusi untuk Usulan dan Pemaparan Kegiatan Tahun 2022.

Pada acara pembukaan Raker tersebut, dalam paparan singkatnya ketua Panitia Nurlaila Hanum, S.E.,M.Si.,  juga menjelaskan tentang   Empat  Capaian  Sasaran  dan Target Indikator Kinerja Tahun 2021 yaitu pertama, Meningkatnya Kualitas Pembelajaran dan Pendidikan Tinggi;  kedua,  Meningkatnya Kreatifitas dan Pengembangan Organisasi Kemahasiswaan;  ketiga, Terwujudnya  Tata Kelola yang Baik serta Kualitas Layanan Prima untuk Mendukung Reformasi Birokrasi dan keempat, Meningkatnya Penelitian dan Inovasi yang Berorientasi pada Produk Unggulan.

Plt. Dekan Fakultas Ekonomi Unsam, Makhroji, S.Pd, M.Pd., membuka Raker secara resmi dan dalam sambutannya mengatakan bahwa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) dari Kemendikbudristek ini sebagai isu nasional yang perlu kita sambut, kita dukung dan kita laksanakan demi tercapainya delapan Indikator Kinerja Utama ( IKU ) yang menjadi indikator kemajuan suatu perguruan tinggi.

Adapun delapan IKU perguruan tinggi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbudristek sebagai berikut ; Pertama, Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak;  Kedua, Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus; Ketiga, Dosen Berkegiatan di Luar Kampus;  Keempat, Praktisi Mengajar di Dalam Kampus; Kelima, Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat; Keenam, Program Studi Bekerja Sama dengan Mitra Kelas Dunia; Ketujuh, Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif; dan Kedelapan, Program Studi Berstandar Internasional.

“Selama tahun berjalan ini para Dosen, Tendik dan Mahasiswa telah melakukan berbagai kegiatan dan aktifitas dalam rangka mendukung program MBKM yang dicetuskan oleh Bapak  Nadiem Makarim, ini adalah isu nasional yang perlu kita sambut, dan kita dukung untuk pencapaian sasaran dan target Indikator Kinerja Utama bagi universitas, dan melalui Raker ini diharapkan ada program program unggulan yang dapat dikembangkan yang mengarah pada terwujudnya IKU, dan mengenai kendala kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan program tersebut agar jadi perhatian bersama pada saat Raker ini.”  Jelas beliau.

“Kita harapkan upaya dan kegiatan yang telah kita laksanakan dalam proses pembelajaran di kampus ataupun di luar kampus yang melibatkan kerjasama dengan masyarakat, ataupun  pihak industri, diantaranya Kuliah Kerja Nyata Tematik, kegiatan  kemitraan dengan Stakeholder, dan program MBKM lainnya dapat terus kita tingkatkan sehingga setelah lulus mahasiswa menjadi lebih terampil, aktif dan kreatif di masyarakat, tidak canggung dalam menghadapi dunia kerja, karena dunia usaha dan industri lebih cenderung pada tenaga terampil  daripada ilmu pengetahuan.” Lanjutnya.

Acara pembukaan Raker Fakultas Ekonomi  ini dimulai pukul 09.00 wib diikuti oleh jajaran Pimpinan Fakultas Ekonomi terdiri dari Dekan,Wakil Dekan, Para Koordinator Prodi, Senat Fakultas, Para Dosen, dan Para Tendik.Turut hadir  Tim Gugus Pengendali Mutu Unsam, Organisasi Mahasiswa ( Ormawa ) serta tamu undangan. ( Humas Unsam )