Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / fakultas-hukum-u..
28 Apr 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Fakultas Hukum Unsam Gelar Sidang Terbuka Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Profesi

Fakultas Hukum Unsam Gelar Sidang Terbuka Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Profesi

Langsa–Fakultas Hukum Universitas Samudra (Unsam) menggelar Sidang Terbuka Penandatanganan Pakta Integritas Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Profesi Mediator/Ajudikator/Konsiliator/Arbiter. Acara tersebut dilaksanakan serangkaian dengan Pelantikan Pengurus Kantor Layanan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Provinsi Aceh dan DSI Kota Langsa bertempat di Aula I Biro Rektor Universitas Samudra pada Rabu (27/04/2022).

Pengukuhan Profesi Mediator/Ajudiktor/Konsiliator/Arbiter dilakukan melalui Penandatanganan Pakta Integritas dan Berita Acara diwakili oleh peserta; Rini Fitriani, S.H.,M.H; Irfina Assughra, S.H.,CPM; Tgk. Nurajmi Fuadi,S.T dan Puji Prasetyo oleh Sabela Gayo, S.H., M.H., Ph.D.,CPL.,CPCLE.,CPM.,CPrM.,ACIArb (Ketua Umum DPP DSI) dan disaksikan Rektor Unsam Dr.Ir.Hamdani,M.T. Penandatanganan Pakta Integritas Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Profesi Mediator/Ajudikator/Konsiliator/Arbiter ini diikuti oleh 80 peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa Unsam dan dari profesi lainnya. 

 

Dalam rangkaian acara tersebut turut dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum Of Understanding) antara Universitas Samudra ditandatangani oleh Rektor Unsam, Dr. Ir.Hamdani,M.T dengan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) dilakukan oleh Sabela Gayo, S.H.,M.H.,Ph.D.,CPL.,CPCLE.,CPM.,CPrM.,ACIArb selaku Ketua Umum DSI terkait tentang Pelaksanaan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Unsam di Dewan Sengketa Indonesia.

 

Rektor Unsam Dr. Ir. Hamdani,M.T dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa dan para dosen yang telah lulus mengikuti Pelatihan dan Training sebagai mediator yang dilaksanakan oleh Institut Pengadaan Publik Indonesia (IPPI) yang tersertifikasi oleh Mahkamah Agung dan bekerjasama dengan Dewan Sengketa Indonesia. Dan berharap ilmu dan pengalaman yang diperoleh digunakan sebagai bekal dalam bekerja untuk masa yang akan datang.

 

“Semoga sertifikat keahlian yang diperoleh dari pengayaan kemampuan, sertifikat kepercayaan yang dinyatakan hari ini melalui penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Profesi sebagai Mediator/Ajudikator/Konsiliator/Arbiter ini agar digunakan sebaik baiknya untuk mendapatkan lapangan pekerjaan yang terjamin untuk masa yang akan datang. Melalui wadah Dewan Sengketa Indonesia bekerjalah dengan baik sesuai prosedur dan perundang-undangan yang berlaku. Selamat kepada Pengurus DSI yang baru dilantik semoga akan membantu menuju Indonesia Emas yang maju pada 2045”.ucap Rektor

 

Sementara itu Ketua Umum DPP DSI, Sabela Gayo, S.H.,M.H.,Ph.D mengharapkan para Mediator/Ajudikator/Konsiliator/Arbiter yang telah diambil sumpahnya dapat mengemban tugas dan amanah dengan baik dan beraktifitas sesuai kode etik profesi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan terus mengembangkan potensi diri dalam memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

 

Lebih lanjut beliau menjelaskan,”Sebagai seorang Mediator/Ajudikator/Konsiliator/Arbiter yang sudah mengikuti pelatihan mediator bersertifikat di IPPI yang merupakan lembaga Pendidikan pelatihan terakreditasi dan diakui oleh Mahkamah Agung, pertama Bpk/ Ibu sudah dinyatakan kompeten bersertifikat dan dapat mengajukan permohonan sebagai Mediator Non Hakim di semua Pengadilan Negeri maupun di Pengadilan Agama, kalau di Aceh Mahkamah Syar’iah bukan hanya di Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang atau pun di provinsi Aceh tetapi bisa di seluruh indonesia.’’

 

“Kedua, secara kelembagaan DSI menerima permohonan dari para pihak dan memposisikan diri sebagai lembaga mediasi dan arbitrase yang memberi layanan sebagai mediator pada DSI. Dan ketiga, Bpk/Ibu dapat membuka kantor layanan pribadi sebagai mediator.”ucapnya

 

”Sebenarnya Mediasi dan Arbitrase ini sudah lama dipraktekkan di semua struktur masyarakat adat kita dari Aceh sampai Papua. Tetapi DSI membumikan kembali sistem alternatif penyelesaian sengketa di Indonesia melalui para Mediator/Ajudikator/Konsiliator/Arbiter yang tersertifikasi, independen sebagai pilihan dari penyelesaian sengketa secara formil yang sudah ada selama ini “

 

”Jadi teruslah mengembangkan potensi diri tidak hanya sebagai Mediator/Ajudikator/Konsiliator/Arbiter, tetapi menjadi lebih spesialis lagi dalam memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Teruslah menambah ‘ilmu mendengar’, ilmu Psikologi sehingga memahami bagaimana suatu persoalan itu dapat diselesaikan dengan mengedepankan semangat perdamaian sehingga para pihak dapat menang bersama ‘Winning Together’ tidak ada yang dikalahkan. Harapannya Bpk/Ibu dapat terus bersinergi, berkolaborasi dengan setiap instansi dan lembaga, jika dilakukan dengan benar insyaAllah semoga kehadiran DSI dapat membawa berkah bagi kita semua.” Ucapnya

Dalam kegiatan yang sama ini dilakukan Pelantikan Pengurus Kantor Layanan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Provinsi Aceh dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan No.68/A/Sek/DPP-SDI/04/2022 Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Dewan Sengketa Indonesia (DPP DSI) Periode 2021-2026 Tentang Pengesahan Kantor Layanan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Provinsi Aceh dengan Susunan Pengurus Sebagai Berikut:

Penasehat: 

Dr.Dahlan,S.H.,M.H.,M.Kn.,CPCLE.,CP3LS

Nurdin, S.H.,M.H

Drs. Muhammad

T.Armiya, S.Hut.,M.T.,CPCE

Teuku Irwansyah, S.H.,SpN.,M.Kn.,CPCLE

Muhammad Zubir, S.H.,M.H.,CPCLE

Edy Syahputra, S.TP.,M.Si.,CPCE

 

Direktur : Sri Gustini, S.H.,M.A.,CPL.,CPCLE,CPM

Wakil Direktur Penelitian dan Pengembangan : Siti Murni.,S.H.,M.H

Wakil Direktur Administrasi dan Tata Usaha : Dewi Marlina, A.Md

            : Muhammad Rizki Kadafi, S.H

Wakil Direktur Bidang Keuangan : RahmiAbdi, S.T

            : Marlinadiah, S.E

Wakil Direktur Penyelesaian Sengketa Mediasi : Taufiq, S.H.,M.H.,CPCLE.,CRM

            : Said Maulana, S.H

Wakil Direktur Penyelesaian Sengketa Konsiliasi : Rachmatika Lestari,S.H.,M.H.,CPCLE.,Med

Wakil Direktur Penyelesaian Sengketa Arbitrase : Yusi Muharnina,S.H.,M.H.,CPCLE

Wakil Direktur Penyelesaian Sengketa Ajudikasi : Dewi Kartika, S.H.,M.H., CPCLE

Wakil Direktur Penyelesaian Sengketa Internasional : Muzakir, S.T.,M.T.,CPCLE

Wakil Direktur Kerjasama Antar Lembaga : Railawati,S.H.,CPCLE

        : Arfah Syuhada, S.H

Wakil Direktur Humas dan Pemasaran : Zamzami,S.T

Wakil Direktur Pendidikan dan Pelatihan : Ari Syahputra,S.H

            : Esy Bunga Indah Pratiwi

Wakil Direktur Pengawasan dan Evaluasi : Toni Salha, S.H

            : Erni Oktari, S.H

Dan Pengurus Kantor Layanan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Dewan Pimpinan Cabang Kota Langsa dilantik berdasarkan Surat Keputusan No.67/A/Sek/DPP-SDI/04/2022 Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Dewan Sengketa Indonesia (DPP DSI) Periode 2021-2026 Tentang Pengesahan Kantor Layanan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Kota Langsa dengan Susunan Pengurus Sebagai Berikut:

Direktur : Fendi, S.H

Wakil Direktur Penelitian dan Pengembangan : Imanuddin,S.H

Wakil Direktur Administrasi dan Tata Usaha : Irfina Assughra, S.H.,CPM

Wakil Direktur Humas dan Pemasaran : Azhimi, S.H.,CPM.,CCCLE

Wakil Direktur Penyelesaian Sengketa : Siti Sahara, S.H., M.H., CPM

 

 

Sri Gustini, S.H.,M.A.,CPL.,CPCLE,CPM DSI selaku direktur DSI Provinsi Aceh mengatakan,” DSI sebagai suatu wadah untuk berprestasi dan profesional sebagai Mediator/Ajudikator/Konsiliator/Arbiter dimana SDM nya sangat dibutuhkan dalam rangka penyelesaian sengketa di luar pengadilan dan dapat dipercaya oleh para pihak yang sedang memiliki konflik atau sengketa. Harapan nya kehadiran DSI Aceh dapat memberikan manfaat dan solusi terbaik dalam penyelesaian suatu konflik atau sengketa. Demikian juga dengan Fendi, S.H berharap DSI Kota Langsa dapat bersinergi dengan seluruh Stakeholder memberikan support dan bekerjasama dalam mewujudkan visi dan misi DSI Kota Langsa.

 

Walikota Langsa Drs. Usman Abdullah, S.E melalui Sekda Kota Langsa Ir. Saed Mahdum Majid mengharapkan dengan dilantiknya Pengurus DPW DSI Provinsi Aceh dan Pengurus DSI DPC Kota Langsa harapannya dapat selalu amanah, istiqamah, tulus dan ikhlas dalam bekerja dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Langsa serta mengedepankan kepentingan Ummat di atas kepentingan lainnya. Dengan terbentuknya DSI DPC Kota Langsa Sekda berharap diadakan forum - forum diskusi yang terkait dengan penyelesaian sengketa khususnya di Kota Langsa agar keberadaan DSI makin dikenal di masyarakat Kota Langsa, dan terus menyediakan layanan yang prima , berkualitas dan dapat diakses oleh semua pemangku kepemimpinan, sehingga setiap persoalan dapat cepat terselesaikan dengan baik.

 

Acara tersebut selain dihadiri oleh unsur pimpinan Universitas Samudra juga dihadiri oleh unsur FORKOPINDA Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang beserta tamu undangan lainnya.(Humas Unsam)