Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / fakultas-pertani..
13 Sep 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Fakultas Pertanian Unsam Gelar Kuliah Umum Awali Semester Baru

Fakultas Pertanian Unsam Gelar  Kuliah Umum Awali Semester Baru

Langsa- Fakultas Pertanian Universitas Samudra (Unsam) menyelenggarakan Kuliah Umum Doktor Muda  Universitas  Samudra Tahun 2022 dalam rangka Pembukaan Kuliah Semester Ganjil 2022/2023 dengan tema “Pengendalian Hama Terpadu Untuk Mewujudkan Pengelolaan Perkebunan Kakao Berkelanjutan” di gedung Multiguna-Kampus Meurandeh, Selasa (13/9/2022).

Kuliah Umum  disampaikan oleh Dr. Ir. Cut Mulyani, M.P, dengan judul “Kemitraan Dalam Mewujudkan Perkebunan Kakao Berkelanjutan Di Propinsi Aceh”. Kegiatan ini diikuti  oleh seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian termasuk Mahasiswa Baru TA.2022/2023 yang mulai mengikuti kegiatan perkuliahan.

Dekan Fakultas Pertanian Unsam, Syamsul Bahri, S.P.,M.P membuka acara secara resmi dalam sambutannya menyampaikan, Kuliah Umum Doktor Muda merupakan Program Unsam tahun ini dimana Kuliah Umum disampaikan oleh Dosen yang baru selesai dari Studi Doktor (S3). 

Berkaitan dengan Tema Pengendalian Hama Terpadu,  Dekan mengatakan tema ini  sangat penting  disampaikan di awal perkuliahan  karena  pada semester selanjutnya  Mata Kuliah tersebut merupakan Mata Kuliah inti bagi mahasiswa.

“Tema ini sangat penting, Karena  merupakan Mata Kuliah inti pada Fakultas Pertanian, dipelajari pada semester 5, 6 dan 7 dan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu adik—adik sekalian.”ucap Dekan

“Kita juga sedang mengalakkan Lahan Percobaan,  di sana nanti  adik- adik barangkali akan mendapatkan masalah hama maupun penyakit tanaman. Inilah salah satu Mata Kuliah yang perlu kita pelajari melalui kuliah umum ini, untuk  bekal pengetahuan bagi mahasiswa. ”lanjutnya.

Selain itu Dekan mengatakan, Seorang mahasiswa lulusan Fakultas Pertanian harus dapat memberikan solusi dan  tempat bertanya bagi para petani baik itu tentang hama penyakit, pengendaliannya, maupun tentang pembudidayaan tanaman  dan sebagainya  dalam rangka meningkatkan produktifitas tanaman mereka secara maksimal.

“Ini adalah tantangan buat adik adik harus bisa menjawab pertanyaan petani dan dapat memberikan  solusi bagi banyak permasalahan petani di masyarakat.”imbuh Dekan.

“maka belajarlah baik baik, belajar yang tekun, agar lulus tepat waktu sesuai harapan kita semua dan orangtua, apalagi sekarang kita sudah melaksanakan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dimana mahasiswa dapat memilih bidang keahlian sesuai minat masing masing misalnya melalui kegiatan magang.

Hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiwa disamping itu beberapa Instansi Pemerintah maupun Swasta  mulai antusias menerima mahasiswa magang melalui kegiatan MBKM ini.”tuturnya.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Dekan,Koordinator Prodi Agoteknologi,  Koordinator Prodi Agribisnis dan Koordinator Akuakultur serta para Dosen Fakultas Pertanian.(Humas Unsam).