Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / fakultas-teknik-..
11 Mar 2021, Humas Unsam | Seputar Kampus

Fakultas Teknik Universitas Samudra Langsungkan Webinar Internasional Bertajuk Smart Manufacturing, Computational Simulation to Enhance Small Manufacturing Enterprises

Fakultas Teknik Universitas Samudra Langsungkan Webinar Internasional Bertajuk Smart Manufacturing, Computational Simulation to Enhance Small Manufacturing Enterprises

Meurandeh, Langsa, Tanggal 10Maret 2021 Fakultas Teknik Universitas Samudra (UNSAM) bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala (USK) melanjutkan penyelenggaraan kuliah umum bertajuk "Smart Manufacturing, Computational Simulation to Enhance Small Manufacturing Enterprises". Kuliah kali ini dibawakan oleh ProfesorJing-Yih Lai dariMechanical Engineering Department, National Central University, Taiwan, dan dihadiri oleh mahasiswa dan para dosen dari UNSAM dan USK.

Kuliah Umum ini dibuka Dr Irwansyah, S.T, M.Eng. dari Universitas Syiah Kuala. Beliau merupakan sebagai salah satu murid Profesor Jing-Yih selama kuliah di Taiwan. Dr. Irwansyah memperkenalkan Profesor JIng-Yih Lai dan beberapa bidang yang menjadi fokus penelitian profesor Lai di Taiwan. Selanjutnya kegiatan kuliah umum dimoderatori oleh, Dr. Nasruddin, S.T., M.T. Dosen pada Prodi TM FT UNSAM merangkap Wakil Dekan bidang Akademik FT Unsam.

Pada kuliah umum seri kedua ini, Prodi TM FT Unsam, mengangkat isu penerapan teknologi manufaktur cerdas skala kecil. Prodi TM memilih Prof. Lai dari NCU, Taiwan selain untuk membahas bidang kepakaran yang dimilikinya, juga sekaligus untuk berbagi pengalaman pengembangan manufaktur skala kecil, mengingat Taiwan sebagai negara kepulauan yang relatif kecil, namun mampu bersaing dalam industri manufaktur cerdas di tingkatan global.Profesor Lai telah bertugas selama 30 tahun dengan fokus pada beberapa bidang Ilmu dan teknologi yang mencakup CAD-CAM, Reverse Engineering, Computational Geometry dan Precission Measurement. Dalam selama bertugas telah menerbitkan 90 Jurnal Paper dan 170 Konferensi. Selain itu, beliau juga terlibat dalam 59 proyek dari kementerian Sains dan Teknologi Taiwan, dan 71 proyek yang didanai dari Industri.

Profesor Lai mempresentasikan sebuah tema berkenaan dengan Manufaktur Cerdas,sebuah simulasi komputasional untuk meningkatkan kualitas usaha manufaktur skala kecil”. Penekanan dari pembahasan dalam kuliah umum ini mencakup perihal perkembangan dan tantangan yang dihadapi perusahaan yang bergerak pada bidang yang serupa, yakni dalam bidang injection molding. Kasus yang dibahas merupakan beberapa problematika ilmiah dalam bisnis manufaktur pada perusahaan rekayasa material lensa dan suku cadang logam. Perusahaan yang menjadi fokus pembahasan adalah Newmax Technology yang bergerak di bidang Manufaktur Lensa Optik dan lensa Kamera menggunakan material Polynomial, perusahaan Vincent Vacuum – Tech yang memproduksi suku cadang dari bahan Logam menggunakan pendekatan Metal Injection Molding (MIM), dan perusahaan CoreTech System yang mengembangkan peranti lunak Moldex3D untuk menganalisis aliran dalam cetakan (mold flow anaysis, MFA). Selanjutnya profesor Lai menjelaskan tentang bagaimana teknis dari beberapa perkembangan teknologi simulasi membantu proses desain produk yang lebih baik dan pada industri lensa dan sinteringlogam. Kuliah ini diharapkan mampu membangun perspektifperkembangan teknologi dalam lingkup manufaktur skala kecil. Detail dari presentasi tersebut dapat dilihat pada tautanhttps://www.youtube.com/watch?v=9wRaM8jpu70.Ke depan, Program Studi TM FT Unsam berkeinginan untuk melanjutkan kerja sama yang sudah di mulai ini ke tahapan lebih lanjut melalui program kerja sama penelitian dan publikasi, serta magang mahasiswa dan dosen ke Departemen Mechanical Engineering di NCU, Taiwan.

Kegiatan ini didukung penuh oleh kerja keras berbagai pihak yang telah membantu terlaksananya kuliah umum ini, antara lain tim kerja dari Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Samudra dan juga Dr. Irwansyah, S.T., M.Eng dari Universitas Syiah Kualayang telah membantu membangun jaringan kerja sama dengan ProfesorJing-Yih Lai, sehingga even ini dapat terlaksana dengan baik sekali.