Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / lppm-dan-pm-univ..
31 Mar 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

LPPM dan PM Universitas Samudra Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Terkait Perlindungan HKI

LPPM dan PM Universitas Samudra Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Terkait Perlindungan HKI

Banda Aceh – Universitas Samudra ( Unsam ) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ( Memorandum Of Agreement – MoA ) dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Aceh ( Kanwil Kemenkumham Aceh ) di Lt. 6 Aula Hotel Mekkah (Senin, 28/03/2022). Perjanjian Kerja Sama tersebut terkait Perlindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual bagi Perguruan Tinggi.  

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua LPPM dan PM Unsam, Dr. Asnawi, S.Pd., M.Pd dan Sasmita,S.H.,M.H selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Aceh.

Kerja Sama ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan membangun kesadaran akan pentingnya perlindungan kekayaan intelektual terhadap karya karya yang dihasilkan dari kegiatan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan atau pelatihan di Perguruan Tinggi.

Ruang lingkup kerja sama ini mencakup; Penyebarluasan informasi, sosialisasi dan diseminasi di bidang Kekayaan Intelektual; Pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang Kekayaan Intelektual; Pertukaran data di bidang Kekayaan Intelektual; dan kegiatan kegiatan lain yang disepakati para pihak.

Adapun Perguruan Tinggi yang turut menandatangani MoA dalam acara tersebut adalah Universitas Samudra, Universitas Syiah Kuala,Universitas Abulyatama dan Universitas Iskandar Muda dan dilakukan oleh Ketua LPPM dari Perguruan Tinggi masing masing.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini dilakukan dalam serangkaian kegiatan “Promosi dan Desiminasi Hak Cipta Bagi Perguruan Tinggi di Banda Aceh” yang digelar oleh Kanwil Kemenkumham Aceh. Sesuai laporan Ketua Panitia Taufik, S.H Acara ini diikuti oleh peserta dari beberapa Universitas di Wilayah Aceh, diantaranya Universitas Syiah Kuala, Universitas Malikussaleh, Universitas Islam Ar Raniry, Universitas Abulyatama, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Iskandar Muda, dan Universitas Serambi Mekkah. 

Drs. Meurah Budiman,S. H., M. H selaku Kakanwil Kemenkumham Aceh melalui acara tersebut mengharapkan , Kerja Sama yang telah dilakukan dengan Perguruan Tinggi yang ada di Aceh dapat saling mendukung kegiatan kerja, meningkatkan pengetahuan dan kinerja tidak hanya bagi lembaga pendidikan tetapi juga perusahaan dan masyarakat untuk terus menghasilkan karya dan mendaftarkan HKI nya untuk mendapatkan perlindungan hukum bagi karyanya. 

“Melaui MOU maupun PKS yang sudah ditandatangani oleh beberapa Universitas tadi, harapan kita dapat mendukung kegiatan kerja, meningkatkan pengetahuan dan kinerja dalam upaya melindungi segala bentuk Hak Cipta, Hak Paten dan sebagainya yang dihasilkan Perguruan Tinggi, Perusahaan maupun hasil karya dari masyarakat dengan pengurusan dan pendaftaran Hak Cipta untuk mendapatkan hak sebagaimana mestinya atas hasil karya karyanya”.

Acara tersebut dihadiri oleh Kakanwil Kemenkumham Aceh, Rektor Universita Abulyatama, Rektor Universitas Iskandar Muda, Para Ketua LPPM ( Universitas Syiah Kuala,Universitas Samudra, Universitas Abulyatama dan Universitas Iskandar Muda ), Para Pimpinan Tinggi Pratama danPejabat Administrator di lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Aceh, Para Narasumber, para peserta dan tamu undangan. ( Humas Unsam )