Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / mahasiswa-unsam-..
01 Apr 2021, Humas Unsam | Seputar Kampus

Mahasiswa Unsam Langsa Lakukan Pegabdian Masyarakat

Mahasiswa Unsam Langsa Lakukan Pegabdian Masyarakat

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Samudra (UNSAM) Langsa, mengadakan rangkaian kegiatan pengadian masyarakat selama empat hari, 17-20 Maret 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Bedari, Desa Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur.

Ketua BEM FP UNSAM, Risky Prananda Harahap menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat tersebut merupakan bentuk perwujudan TRI Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat . “Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu visi dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan merupakan pencapaian yang harus di topang penuh oleh seluruh mahasiwa guna melahirkan orang-orang yang memiliki semangat juang tinggi, inovatif, mandiri dan kreatif salah satunya yakni pengabdian masyarakat, apalagi di masa pandemic Covid 19 ini masyarakat di tuntut untuk lebih kreatif guna memulihkan perekonomian keluarga  dan kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusung tema yakni Mewujudkan masyarakat  yang kreatif serta inovatif dan peduli terhadap lingkungan dalam menghadapi pandemi covid 19” ujarnya.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Samudra dalam melakukan pengabdian masyarakat ini ada 3 jenis rangkaian kegiatan, kegiatan pertama, bakti pendidikan yang berisikan sosialisasi dampak narkoba untuk generasi muda dan pembagian alat tulis kepada pihak sekolah dan siswa/siswi di SDN 1 Desa Rantau panjang dan SMPN 3 Simpang Jernih. Kegiatan kedua, sosialisasi pembuatan sabun cuci piring dan kegiatan ketiga, sosialisasi pembuatan BUDIDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember).

Pengabdian masyarakat ini, tambah risky, melibatkan 27 pengurus Badan Eksekutif Mahasiwa Fakultas Pertanian Universitas Samudra dan seluruh masyarakat Dusun Bedari, Desa Rantau Panjang. Rangkaian Kegiatan pengabdian masyarakat yang di adakan BEM FP UNSAM mendapat respon yang positif dan antusias yang sangat baik dari seluruh masyarakat Dusun bedari, apalagi BEM FP UNSAM memberikan informasi informasi yang sangat sulit di dapat masyarakat dikarenakan susah sekali sinyal di Dusun tersebut.

Sekretaris Desa Rantau Panjang, Ahmad menjelaskan bahwa Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa BEM FP UNSAM di sambut sangat baik di Dusun bedari. “Kedatangan mahasiswa di Desa kami memang sangat di tunggu tunggu, apalagi kegiatan yang dilakukan sangat positif seperti ini, anak anak disini sangat membutuhkan sosialisasi mengenai dampak narkoba dikarenkan untuk mencari di internet di disini sangat susah sekali sinyal dan apalagi kegiatan sosialisasi pembuatan sabun cuci piring dibutuhkan disini, karna para ibu ibu sangat susah untuk mendapatkannya, jarak untuk membelinya yang jauh dan harganya yang relative mahal dan dengan adanya sosialisasi pembuatan budidamber para warga bisa lebih kreatif untuk mengisi waktu luang” jelasnya

Ketua BEM FP UNSAM, risky menjelaskan respon masyarakat sangat baik dengan adanya kedatangan kami. "Ketika kami melakukan kegiatan bakti pendidikan kami disambut dengan tarian tradisional yaitu tari saman gayo yang di bawakan oleh siswa SDN 1 Desa Rantau Panjang  dan untuk kegiatan sosialisasi pembuatan sabun cuci piring dan BUDIDAMBER para ibu ibu dan bapak bapak memberikan respon yang sangat positif” ujarnya.

Melalui kegiatan pegabdian masyarakat ini, diharapkan bisa membantu menambah infomasi ilmu kepada masyarakat Dusun Bedari, Desa Rantau Panjang. Selain itu kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang baru untuk para mahasiswa dengan bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat. Kita sebagai mahasiswa harus bisa menciptakan sebuah pengabdian yang mampu menciptakan sejuta manfaat untuk masyarakat.