Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / peresmian-arbore..
10 Aug 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Peresmian Arboretum Unsam

Peresmian Arboretum Unsam

Langsa- Universitas Samudra (Unsam) meresmikan lahan Arboretum seluas 1 hektar yang berlokasi di lingkungan Unsam. Pengelolaan Arboretum ini bekerjasama dengan Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Arboretum diresmikan secara langsung oleh Rektor Unsam, Dr. Ir. Hamdani, M.T., Rabu (10/08/2022).

Berdasarkan informasi dari Zulfan Arico M.Si, selaku ketua Pusat Riset Inovasi Sains dan Teknologi LPPM-PM, pelaksanaan perjanjian kerjasama pengelolaan arboretum akan berlangsung selama 3 tahun yaitu 2022-2024. Tumbuhan yang akan ditanam adalah jenis cempaka. Latar belakang cempaka atau ‘Bungong Jeumpa’ merupakan bunga khas Aceh.

Salah satu tujuan pendirian arboretum ini adalah untuk membangun Arboretum Unsam sebagai arboretum konservasi ex situ dan riset bunga cempaka Indonesia pertama dan terlengkap. Harapannya selama 2 sampai 3 tahun kedepan arboretum Unsam nantinya akan menjadi pusat konservasi cempaka Indonesia.

Dr. Asnawi, M.Pd. selaku ketua LPPM_PM Unsam mengatakan “peresmian arboretum Unsam ini akan dirangkai dengan pelatihan para tim Riset Unsam.”

Dalam rundown kegiatan, materi pelatihan akan disampaikan oleh peneliti dari Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan, Badan Riset dan Inovasi Nasional. Dr. Iyan Robiansyah, S.Si.,M.Sc. memberi materi “Konservasi dan Pelestarian Tumbuhan Langka” dan Enggal Primananda, M.Sc memberi materi “Pelatihan Manajemen Arboretum Universitas Samudra”. 

  

Rektor Universitas Samudra dalam sambutannya mengatakan “Kebun Arboretum ini dalam beberapa tahun kedepannya bisa menjadi lahan untuk penelitian dan pengkajian. Dari pengkajian tersebut tentunya akan menghasilkan satu sumber daya baru atau satu keilmuwan baru.” ucapnya.

“Arboretum ini ditanam jenis tumbuhan cempaka. Para ahli dari bidang biologi, pertanian dan engineering nantinya akan meneliti dan memproses manfaatnya untuk dijadikan produk lain. Banyak manfaat yang akan kita dapat dari penanaman berbagai macam tumbuhan. Tanaman jenis tertentu bisa diolah untuk dijadikan bahan baku obat-obatan dan ada juga yang dimanfaatkan untuk menjadi sumber energy baru sebagai contoh tanaman sawit bisa diolah untuk bio energy”. tambahnya.

Harapannya melalui pendampingan dari Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan, badan Riset  dan Inovasi Nasional (BRIN) akan dapat meningkatkan keilmuwan dan penelitian dalam bidang tersebut..

Turut hadir dalam peresmian tersebut sivitas akademika Unsam, peneliti dari  Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan, Badan Riset dan Inovasi Nasional yaitu Dr. Iyan Robiansyah, S.Si., M.Sc dan Enggal Primananda, M.Sc.. para tamu undangan yaitu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Langsa, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa,, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPTD KPH) wilayah III Aceh, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Langsa.(Humas Unsam)