Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / rektor-buka-musy..
23 Jul 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Rektor Buka Musyawarah Besar Ke-I Ikatan Alumni Unsam

Rektor Buka Musyawarah Besar Ke-I Ikatan Alumni Unsam

Langsa- Ikatan Alumni Universitas Samudra (IKA Unsam) menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke-I Tahun 2022 dengan tema “Optimalisasi Peran Alumni dalam Mendukung Visi dan Misi Unsam Menjadi Lembaga Pendidikan yang Berkualitas”. Mubes ini dilaksanakan  selama satu hari dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB di Aula I Biro Rektor Unsam, Sabtu (23/07/2022).

Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, M.T. membuka secara resmi Mubes IKA Unsam dalam sambutannya mengatakan Ikatan Alumni ini selain sebagai forum silaturrahmi juga diperlukan untuk mendata jumlah lulusan Universitas Samudra yang meliputi data pekerjaan dan jumlah gaji di tahun-tahun pertama bekerja. Data ini diperlukan untuk pelaporan pada Kementerian dan untuk meningkatkan akreditasi Universitas Samudra. Hal ini juga dapat dijadikan indikator keberhasilan sebuah Universitas.   Untuk itu dibutuhkan kerjasama yang baik dengan Ikatan Alumni.

“Terima kasih kepada Ketua IKA Unsam yang telah mengelola dan memimpin selama periode 2018-2022. Terima kasih juga kepada pengurus dan panitia yang telah menjadwalkan Mubes ini semoga berlangsung sesuai AD/ART hingga selesai. Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Walikota Langsa, Bapak Usman Abdullah, S.E.  sekaligus sebagai alumni Unsam yang telah memimpin kota langsa selama 2 (dua) periode dan banyak membantu serta mendukung Unsam selama masa persiapan penegerian, peresmian penegerian sampai saat ini. Kami terus mengharapkan dukungan dari Bapak agar Unsam terus berkembang baik dari kuantitas maupun kualitasnya.

“Sebagaimana kita ketahui  sejak didirikan pada tahun 1970 hingga dinegerikan pada tahun 2013 dengan nama ‘Universitas Samudra’ telah banyak menghasilkan lulusan hingga ribuan.  Hingga sekarang jumlah mahasiswa yang mendaftar di Unsam terus mengalami peningkatan. Seperti pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, dimana pada program studi Ekonomi Manajemen jumlah mahasiswa yang mendaftar mencapai 1.200 pendaftar tetapi yang dapat ditampung hanya 120 orang. Demikian juga pada prodi-prodi yang lain peminatnya juga bertambah.”

“Hal ini tentu saja tidak terjadi secara kebetulan, tetapi ada faktor-faktor yang menyebabkan peminat dari luar daerah memilih Unsam sebagai tempat menempuh pendidikan. Hal ini tidak terlepas dari terciptanya kenyamanan kota langsa sebagai kota multikultur dan memiliki tata kelola kota serta fasilitas yang baik yang turut mendukung keterjangkauan mahasiswa secara finansial.”

Walikota Langsa, Usman Abdullah, S.E. selaku Ketua IKA Unsam mengatakan Ikatan Alumni ini bukan hanya sekedar berkumpul Alumni tetapi harapannya IKA Unsam dapat berkolaborasi dan memberikan kontribusi dalam peningkatan dan pengembangan pembangunan Unsam di masa yang akan datang.

Dalam pesannya menyampaikan perlu adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, Unsam, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Terutama dalam mempersiapkan dan merencanakan perluasan akses jalur-jalur utama menuju kampus, dan sarana prasarana lain seperti perumahan untuk mahasiswa. Hal ini seiring dengan peningkatan  jumlah peminat dari dalam daerah maupun luar daerah yang terus meningkat dari tahun ke tahun yang ingin menempuh pendidikan di Unsam.

H. Hasan Basri, S.H., M.H selaku ketua panitia, dalam laporannya menyampaikan, Mubes ini diikuti oleh 100 peserta dan undangan yang merupakan anggota IKA Alumni Unsam yang tergabung dalam IKA Alumni Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, FKIP, dan Fakultas Teknik masing masing 5 orang dan tamu undangan 75 orang.

Sedangkan agenda Mubes IKA Unsam yang dibahas diantaranya: Tata tertib Mubes sesuai AD/ART, pertanggungjawaban pengurus IKA Unsam periode 2018-2022, program kerja kepengurusan IKA Unsam 4 (empat) tahun ke depan dan pemilihan ketua umum IKA Unsam periode 2022-2026.(Humas Unsam)