Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / rektor-unsam-buk..
26 Jul 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Rektor Unsam Buka Kegiatan Pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan KKN Periode II Tahun 2022.

Rektor Unsam Buka Kegiatan Pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan KKN Periode II Tahun 2022.

Langsa- Rektor Universitas Samudra (Unsam), Dr.Ir.Hamdani,M.T secara resmi membuka kegiatan Pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata Periode II Tahun 2022 di ruang Aula 1 Biro Rektor, yang dilangsungkan selama satu hari pada Selasa (26/07/2022).

Kegiatan pembekalan tersebut menandakan awal  pelaksanaan kegiatan KKN Periode ke-2 ini. Sebagaimana laporan Ketua Panitia Pelaksana KKN, Dr. Asnawi, M.Pd yang juga Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LPPM dan PM) menyampaikan, jumlah mahasiswa peserta KKN sebanyak 899 orang dan beberapa orang mengundurkan diri karena lulus di MBKM, akan ditempatkan di 75 Desa pada Enam (6) kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur, yaitu kecamatan Peunaron, kecamatan Serbajadi, kecamatan Ranto Perlak, Kecamatan Pante Bidari dan kecamatan Indra Makmu dengan jumlah DPL  Sebanyak 38 orang, dimana masing masing DPL akan membimbing 2 kelompok atau 2 desa.

Ketua LPPM dan PM  mengucapkan terimakasih kepada Bapak Rektor, Para Wakil Rektor, Kepala Biro, Dekan, Koordinator Prodi, Para DPL yang hadir dalam acara pembukaan tersebut dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan KKN dan berharap kegiatan dapat berjalan dengan lancar di lapangan.

Adapun tema KKN Periode II ini adalah “Meningkatkan Kualitas  Desa Melalui Pemberdayaan Ekonomi Produktif Dan Budaya Sehat”. Pembekalan DPL kali ini menghadirkan Drs. Zulfitri, M. Biomed Ketua P3KKN (Pusat Pengembangan dan Pelaksanaan KKN) Universitas Syiah Kuala, pembekalan juga akan diberikan oleh Rektor Unsam, Dr.Ir.Hamdani, M.T. Dengan dipandu oleh moderator Tuti Israyani, S.P.

Rektor Unsam, dalam sambutannya menyampaikan, Dari program program MBKM  yang diluncurkan Kemendikbud utamanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lulusan perguruan tinggi. Diantara program tersebut adalah program Membangun Desa melalui kegiatan KKN, dan semua program itu diukur melalui Indikator Kinerja Utama (IKU). Indikator Kinerja Utama menjadi salah satu bentuk pencapaian setiap Perguruan Tinggi terhadap Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Rektor saat memberikan pembekalan berharap, melalui KKN ini DPL dapat berperan membangkitkan semangat mahasiswa,  membantu dan membimbing mahasiswa dalam menemukan permasalahan yang ada di desa, dapat memotivasi mahasiswa dalam merubah pola pikir dan mindset mahasiswa untuk lebih berkontribusi dan berinovasi  untuk perkembangan perekonomian desa ke arah yang lebih produktif.

“mulai hari ini harus kita bangkitkan semangat mahasiswa kita di lapangan, untuk menemukan masalah masalah apa yang ada di desa, bagaimana fenomena kehidupan perekonomian di desa, bagaimana persoalan pendidikan anak anak usia sekolah, kebiasaan sehari hari yang mempengaruhi kesehatan. Harapan kita melalui DPL mahasiswa termotivasi melakukan kegiatan terbaik sesuai bidangnya dalam KKN kali ini.”Ucap Rektor.

“terimakasih kepada bapak Drs. Zulfitri yang telah berhadir di Universitas Samudra, melalui pembekalan dan sharing pengalaman yang diberikan beliau nantinya dapat membantu serta menambah wawasan kita dalam melaksanakan  KKN ini.”lanjutnya.

Sementara itu, Drs. Zulfitri saat penyampaian materi diantaranya menyampaikan, DPL sangat berperan dalam KKN mahasiswa, selain memotifasi juga sebagai panutan dan teladan, organisator, fasilitator  Sehingga melalui KKN dapat memunculkan program inovasi dan bermanfaat bagi masyarakat. Sedangkan untuk program yang bersifat Sustainability (berkesinambungan) atau Research Based Community Services (berbasis Reseach, penelitian) dapat dilanjutkan melalui program KKN selanjutnya. Hal ini penting untuk membentuk kepercayaan masyarakat kepada Perguruan Tinggi.

“untuk membentuk kepercayaan masyarakat kepada perguruan tinggi, peran DPL sangat penting dalam memotivasi mahasiswa untuk memunculkan program program bermanfaat di masyarakat, tidak hanya melakukan program klasik seperti gotong royong, membuat nama jalan, tetapi melalui DPL mahasiswa termotivasi melalukan program sesuai keahlian di bidangnya. Terutama untuk program yang bersifat Sustainability (berkesinambungan) atau Research Based Community Services (berbasis Reseach, penelitian)  hendaknya dapat dilanjutkan dalam KKN selanjutnya.” Ucapnya.(Humas Unsam)