Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / seri-pertama-kul..
25 Feb 2021, Humas Unsam | Seputar Kampus

Seri Pertama Kuliah Umum Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Samudra - Steam Power Cyclesand Solar Aided Power Generation

Seri Pertama Kuliah Umum Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Samudra - Steam Power Cyclesand Solar Aided Power Generation

Meurandeh, Langsa, Tanggal 25 Febuari 2021 Fakultas Teknik Universitas Samudra (UNSAM) bekerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (USK) kembali menyelenggarakan kuliah umum bertajuk "Steam Power Cyclesand Solar Aided Power Generation". Kuliah ini dibawakan oleh Dr. Eric Hu dariSchoolofMechanical Engineering, The Universityof Adelaide, Australia, dan dihadiri oleh mahasiwa dan para dosen dari UNSAM dan USK.

Kuliah ini merupakan kuliah pertama dari serangkaian kuliah umum yang sudah dijadwalkan akan dilaksanakan pada paruh kedua tahun ajaran 2020-21. FT UNSAM telah berkomitmen untuk semakin meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan layanan perkuliahan yang lebih baik kepada mahasiswa. Terlepas dari segala hambatan dan disrupsi akibat pandemi, FT UNSAM melihat sebuah kesempatan bekerjasama dengan berbagai pihak pada tingkatan yang berbeda. Dengan didukung oleh teknologi dan pendekatan yang baru, FT UNSAM dimotori oleh Program Studi Teknik Mesin, mampu bekerjasama dengan para koleganya diseluruh belahan dunia. Dan juga untuk mendukung pelaksanaan kurikulum kampus merdeka, dimana mahasiswa berpeluang untuk mengalami pengalaman kuliah pada institusi yang lebih mapan, maka untuk itu Prodi TM FT UNSAM mencoba kolaborasi perkuliahan dalam skala internasional bersama pakar di bidang energi yang dilaksanakan dalam bentuk seri kuliah umum. Melalui pendekatan ini, diharapkan mahasiswa juga dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas dalam konteks global dalam atmosfer internasional. 

Kuliah Umum ini dibuka oleh Koordinator Prodi TM FT UNSAM, Bapak Zainal Arif, S.T., M.T. Dalam sambutannya beliau mengemukakan pentingnya sebuah kolaborasi yang luas dalam bidang pendidikan dan teknologi untuk membuka wawasan mahasiswa, sekaligus berterima kasih atas semua dukungan yang telah diberikan oleh berbagai pihak demi terlaksananya seri kuliah  umum ini. Beliau juga menyebutkan ada sedikitnya dua kuliah umumlagi yang akan dilaksanakan dalam  paruh kedua tahun akademik 2020-21 demikian juga dengan beberapa event kecil lainnya, dan berharap rencana tersebut dapat diagendakan dan dipublikasikan melalui web dan kelender kegiatan prodi.

Dr. Eric Hu mempresentasikan sebuah tema berkenaan dengan siklus tenaga uap dan pembangkit energi yang di  bantu tenaga matahari, Solar Aided Power Generation (SAPG). SPAG  adalah sebuah sistem yang relatif lebih efesien dan ekonomis dalam memadukan energi panas matahari dengan pembangkit energi bertenaga bahan bakar dengan siklus regenerative Rankine (RRC). Pada pembangkit SAPG ini, energi panas matahari digunakan untuk menggantikan ekstraksi uap melalui pemanasan awal air yang dimasukkan ke dalam bioler. Karena itu, air pengganti bisa langsung dapat berkembang lebih lanjut didalam turbin gas untuk menghasilkan energi. Hal ini dapat bermakna pemangkasan sejumlah besar energi fossil dan biaya operasional. Topik ini telah dipublikasikan pada jurnal Energy andBuiltEnvironment, yang diterbitkan ScienceDirect pada tahun 2019 yang lalu. Lebih lanjut Dr. Eric Hu menjelaskan faktor-faktor teknik dan kalkulasi efesiensi Siklus Tenaga Uap secara lebih detail dalam kuliah umum tersebut.

Kegiatan ini didukung penuh oleh berbagai pihak yang telah bekerja keras, antara lain, tim kerja dari Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Samudra dan juga Dr. Sarwo Edhy, S.T., M.Eng dari Universitas Syiah Kuala, yang telah membantu kontak dengan Dr. Eric hu, sehingga even ini dapat terlaksana dengan baik sekali.

Kuliah umum daring ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan cinderamata kepada narasumber. (Humas Unsam)