Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / sosialisasikan-p..
23 Dec 2021, Humas Unsam | Seputar Kampus

Sosialisasikan Program MSIB Fakultas Teknik Unsam Gelar Workshop

Sosialisasikan Program MSIB Fakultas Teknik Unsam Gelar Workshop

Fakultas Teknik Universitas Samudra ( Unsam ) menggelar kegiatan  Sosialisasi dan Workshop  Magang dan Studi  Independen Bersertifikat ( MSIB ) Program MBKM Di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Samudra bertempat di Aula Fakultas Teknik Unsam (Kamis,23/12/2021). Workshop tersebut  bertujuan untuk mensosialisasikan  sekaligus mempromosikan program  MSIB yang merupakan salah satu program pengembangan dari MBKM ( Merdeka Belajar-Kampus Merdeka )  kepada mahasiswa Fakultas Teknik khususnya Mahasiswa semester V dari berbagai prodi. Workshop  di mulai pukul 09.00 wib, dilaksanakan  secara luring dan disiarkan secara Live Streaming  melalui kanal youtube Unsam TV.

Seiring dengan terus bergulirnya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) yang telah dicanangkan oleh Kemendikbudristek, setiap perguruan tinggi di Indonesia terus bergiat dalam berbagai kegiatan berkenaan dengan pelaksanaan program tersebut di Perguruan tinggi masing masing, terutama untuk pencapaian target seperti yang dijabarkan dalam Indikator  Kinerja  Utama ( IKU )  Perguruan Tinggi Negeri, diantaranya adalah menyiapkan lulusan  agar mendapat pekerjaan  yang layak dan Mahasiswa  mendapat pengalaman di luar kampus. Terkait hal tersebut program Magang dan Studi Independen Bersertifikat merupakan hal yang penting untuk disosialisasikan kepada para mahasiswa.

Dekan Fakultas Teknik Unsam, Dr.Mastura, S.Si., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sosialisasi dan workshop dengan Tema “Magang dan Studi Independen Bersertifikat ( MSIB )”  ini sangatlah penting diikuti oleh mahasiswa, dengan tujuan agar mahasiswa Fakultas Teknik Khususnya dapat  lulus dalam program magang dan Studi independen  bersertifikat  nantinya. Sehingga  dengan memiliki sertifikat magang diharapkan lebih mudah dalam memasuki dunia kerja.

“Mengingat masih sangat sedikit mahasiswa yang lulus dalam kegiatan magang bersertifikat dibandingkan program Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa ,  yaitu hanya dua orang, maka kita harapkan setelah mengikuti  sosialisasi dan workshop ini mahasiswa yang lulus magang bersertifikat akan lebih banyak ke depan, oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini,   galilah informasi yang diperlukan dan jangan malu untuk bertanya pada  pemateri  nantinya,” harap Dekan

Dalam Sosialisasi dan workshop ini menghadirkan pemateri Lailan Fajri Saidina ( CEO Tandaseru Indonesia ), memaparkan tentang kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan,  Tip and Trik wawancara dalam mengikuti sesi magang.  Firdasari, S.T., M.T., ( PIC  MSIB  Unsam ), mempresentasikan mengenai program MSIB. Sedangkan  Juli Astama, membagikan pengalamannya selaku mahasiswa yang sudah pernah lulus dalam MSIB periode lalu, yaitu pada PT. Impact Byte Teknologi Edukasi Jakarta. ),  Nova Purnama Lisa, S.T., M.Sc  sebagai  Moderator dan Cut Nyak Dinda Puspita sebagai Master of Ceremony.                                                                                                                                                                                                                                                                                                        

Firdasari, S.T., M.T., selaku ketua penyelenggara workshop sekaligus PIC  MSIB  Unsam menyampaikan bahwa MBKM mempunyai delapan program pengembangan, diantaranya MSIB. Program MSIB adalah dua program yang digabung menjadi satu ( Magang atau praktik Kerja, dan Studi Independen ), yang keduanya hampir sama tetapi memiliki perbedaan, dimana pemerintah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar di luar prodi dan di luar kampus selama 3 semester. Dimana mahasiswa menghabiskan 20 SKS  di luar kampus, sehingga melalui MSIB ini akan memberikan pengalaman belajar yang signifikan kepada mahasiswa.

“ Melalui program MSIB ini mahasiswa diberi hak untuk belajar di luar kampus melalui kegiatan Magang Bersertifikat  atau Studi Independen Bersertifikat. Dalam kegiatan Magang  mahasiswa berakselerasi belajar secara langsung di perusahaan, jadi benar benar seperti sedang bekerja, dibimbing  profesional mentor, akan mendapatkan uang saku dan akan mendapatkan sertifikat kelulusan juga, dan dilaksanakan selama 2 semester, sedangkan melalui Studi Independen Bersertifakat pembelajaran dirancang oleh kelas, kelompok atau mitra, dimana mitra sudah siap dengan pembelajaran sesuai tujuan yang hendak dicapai pihak mitra”.jelasnya.

Lailan Fajri Saidina ( CEO Tandaseru Indonesia ) melalui presentasinya  memaparkan tentang “Berbenah Menuju Dunia Kerja” terkait hal tersebut diantaranya menyoroti permasalahan sulitnya mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar kendati kesempatan di dunia industri terbuka lebar. “ Selama ini dan sudah sangat lama belum ada titik temu antara dunia pendidikan dan dunia industri, di satu sisi dunia pendidikan berjalan di atas rel nya, di sisi lain dunia industri juga demikian maka yang terjadi adalah timbul pertanyaan mengapa kok sulit sekali kita lulus dan dapat pekerjaan yang layak di perusahaan perusahaan besar?, untuk itu kita perlu membuka mindset kita”. ujar Lailan.

Lebih lanjut beliau menjelaskan,” Ternyata bukan mereka yang sulit meluluskan kita tetapi ternyata karena terkadang kapasitas kita yang belum memenuhi standar yang perusahaan inginkan, maka saya katakan program ini sangat “keren” karena akan mempertemukan dunia industri dan dunia pendidikan pada satu kebutuhan bersama, MSIB menjadi peluang penting bagaimana mengkoneksikan kemampuan yang teman teman punyai dengan peluang di dunia industri yang terbuka lebar”. Imbuhnya.                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

 Sosialisasi dan workshop ini dikuti oleh mahasiswa semester V, juga dihadiri oleh Para Wakil Dekan, Para Koordinator Prodi, Dosen dan Tekdik di lingkungan Fakultas Teknik Unsam. (Humas Unsam).