Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / universitas-samu..
30 Mar 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Universitas Samudra Gelar Pelatihan Jurnalistik Tentang Penulisan Ilmiah Populer

Universitas Samudra Gelar Pelatihan Jurnalistik Tentang Penulisan Ilmiah Populer

Langsa – Universitas Samudra ( Unsam )  mengadakan Pelatihan bertajuk “ Penulisan Ilmiah Populer Bagi Dosen dan Mahasiswa” di ruang Aula I Biro Rektor kampus Meurandeh pada Rabu - Kamis (23- 24 Maret 2022).

Muhammad Amin, S.T., M. T ( Koordinator MBKM Unsam ) selaku ketua Panitia mengatakan, Pelatihan diikuti Para Dosen dan Mahasiswa, Tenaga Kependidikan dari Biro Rektor maupun Fakultas terutama para pengelola Website dari masing masing unit kerja  Universitas Samudra  terutama bagian Humas yang sering berinteraksi dengan media.

Pelatihan Penulisan Ilmiah Populer ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan meningkatkan wawasan serta kemampuan  peserta dalam menuangkan setiap hasil kegiatan  Universitas ke dalam bentuk tulisan ilmiah yang lebih populer sehingga mudah dipahami baik di kalangan Civitas Akademika maupun publik.

Menurut Sumadya Widada ( Pimpinan Redaksi baritorayapost.com ) yang menjadi Trainer pada pelatihan bidang Jurnalistik tersebut mengatakan, kampus merupakan tempat  menghasilkan berbagai karya ilmiah. Seharusnya karya ilmiah yang dihasilkan tidak hanya ditulis dalam bentuk jurnal ilmiah yang hanya dimengerti oleh kaum akademisi saja, dan hanya dipublikasi pada jurnal tertentu, tetapi sebenarnya dapat dikemas dan dipublis kembali dalam bentuk tulisan yang lebih populer.

“Alangkah baiknya jika semua produk Akademis yang bersifat ilmiah yang berasal dari pengabdian dan penelitian dosen, mahasiswa, kegiatan di jurusan, fakultas dapat kita angkat  kembali dan dikemas secara lebih populer untuk selanjutnya kita tayangkan di Web kita yang sudah ada.”

“Lalu tulisan ilmiah  populer itu yang bagaimana?, yaitu ditulis dengan menggunakan ‘bahasa publik’, bahasa yang dimengerti dan mudah dipahami masyarakat. Melalui tulisan populer kita dapat mengukur kedekatan kita dengan audience melalui feedback yang diberikan masyarakat kepada kampus.”jelas nya.

Kampus akan lebih dekat dengan audience, lebih menyentuh, dan karna masyarakat sangat butuh informasi dari kampus  juga bagi pengambil kebijakan, oleh sebab itu Web suatu kampus berperan penting dalam mengangkat dan menonjolkan identitas suatu kampus.  Image kampus seperti apa yang akan dibangun. Kampus yang unggul  akan menjadi indikator kemajuan suatu daerah.

Sumadya menambahkan, menulis tulisan ilmiah populer pada prinsipnya sama saja dengan menulis artikel lainnya yaitu harus memenuhi syarat, kriteria dan kaidah  penulisan jurnalistik seumumnya, yaitu memenuhi 5W 1H ( What/Apa, Who/ Siapa, Where/Dimana, When/Kapan, Why/Mengapa dan How/Bagaimana ) karena masyarakat juga memerlukan informasi dari kampus yang akurat, mengedukasi, dan mendewasakan wawasan. Jika hasil  research dapat diaplikasikan, maka  produk akademisi  kampus mendatangkan kemanfaatan bagi masyarakat luas.

Selain itu Ki Darmaningtyas yang juga Pemateri pada kegiatan tersebut menyebutkan, sudah saatnya Universitas Samudra memiliki Badan Penerbitan sendiri, untuk menerbitkan tulisan dan karya ilmiah dosen yang berasal dari berbagai kegiatan Pengabdian, Penelitian dan kegiatan akademik lainnya sehingga dapat dibaca oleh mahasiswanya. Karena tulisan bagi kaum akademisi sangat penting untuk mendistribusikan gagasannya, dan akan lebih bermanfaat jika produk kampus dapat diaplikasikan di masyarakat.  Hal ini penting bagi Universitas Samudra yang sedang menggali dan menentukan identitas keunggulannya.

Kegiatan Pelatihan tersebut  dipandu Moderator;  Surya Asra, S. Pd., M. Hum; Hasby, S. Pd., M. Pkim; dan M. Arif Fadillah, S.Pd., M. Pd. Kegiatan pelatihan ini diakhiri dengan sesi praktek Menulis Penulisan Ilmiah Populer bagi peserta. ( Humas Unsam )