Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / unsam-gelar-kegi..
02 Jan 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Unsam Gelar Kegiatan Pembinaan Karakter Mahasiswa KIP-Kuliah dan ADik Tahun 2021

Unsam Gelar Kegiatan Pembinaan Karakter Mahasiswa KIP-Kuliah dan ADik Tahun 2021

 

 

Langsa, Rabu 29 Desember 2021. Universitas Samudra ( Unsam ) melaksanakan kegiatan Pembinaan Karakter Bagi Mahasiswa Baru Penerima bantuan pendidikan Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah dan Afirmasi Pendidikan Tinggi ( ADik ) Unsam Tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Harmoni Convention Centre Kota Langsa (29/12/2021), dilakukan secara Luring dan disiarkan secara Live Streaming melalui kanal Youtube Unsam TV. 

Kegiatan Pembinaan Karakter Bagi Mahasiswa Baru Penerima KIP-Kuliah dan Afirmasi Pendidikan Tinggi Tahun Akademik 2021/2022 mengusung Tema “Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Digital Untuk Masa Depan Bangsa Yang Berakhlak Dan Berprestasi “. Kegiatan pembinaan karakter mahasiswa tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan menanamkan nilai nilai karakter mulia kepada para mahasiswa sehingga menjadi insan kamil yang beriman, bertaqwa, mandiri serta memiliki akhlak dan kepribadian yang terpuji.

Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, M.T membuka kegiatan secara resmi dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menghadapi persaingan global di masa yang akan datang Indonesia membutuhkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang handal dan unggul yang memiliki karakter, berakhlak dan berprestasi. Untuk menyiapkan SDM yang unggul tersebut dibutuhkan tekad dan semangat untuk mewujudkannya. Dalam hal ini Rektor juga menjelaskan bahwa orang tua turut berperan dalam menumbuhkan tekad dan motivasi bagi putra putrinya.

“Untuk menyiapkan diri menjadi SDM yang unggul perlu adanya tekad dan semangat untuk mewujudkannya, apapun fasilitas yang digunakan bila tidak ada tekad dan semangat serta diiringi dengan akhlak maka tidak akan berhasil” ucap Rektor. 

“Pada 2045 mendatang Indonesia bakal menghadapi Era Indonesia Emas, dimana pada seratus tahun kemerdekaan Indonesia tersebut diharapkan kita menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi berada pada urutan ke-empat dunia, maka persaingan di dunia kerja tidak lagi di tingkat daerah atau nasional melainkan persaingan secara global, pada saat itu satu yang dapat kita andalkan adalah SDM yang hebat, yang memiliki karakter, yang memiliki Akhlak, sekaligus prestasi, terutama pada saat memasuki dunia kerja”. tegas Rektor

Selain itu Rektor menambahkan bahwa melalui KIP-Kuliah pemerintah telah memberikan pemerataan kesempatan kepada seluruh rakyat dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi dan memiliki kemampuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk itu dapat dimanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya. Terkait hal ini Rektor menjelaskan bahwa mahasiswa yang berprestasi tidak diukur dari kepintaran dan IPK tinggi saja, melainkan mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugas sehari hari dengan baik, secara mandiri dan mampu menghasilkan karya sendiri. Rektor berpesan kepada Mahasiswa bahwa dengan terpilihnya sebagai penerima bantuan KIP- Kuliah dapat mempertahankan dan menjaga prestasi yang telah dicapai di SMA, SMK dan dijadikan bekal dalam menyukseskan study selanjutnya di Unsam. 

“Unsam baru dinegerikan pada 2013 dan pada 2022 telah memiliki fasilitas serta kurikulum yang telah disusun oleh dosen ditambah dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) dari pemerintah. Semua fasilitas dari pemerintah diharapkan dapat menghasilkan SDM yang mumpuni bagi Indonesia dan mampu mensupport kebutuhan di era digital ini, dan berharap kepada narasumber agar dapat memberikan arahan dan motivasi serta semangat kepada mahasiswa sehingga kegiatan yang diikuti mahasiswa KIP-Kuliah dan ADik ini mendatangkan manfaat”, harap Rektor.

Walikota Langsa, Tgk. Usman Abdullah, S.E yang diwakili oleh Sekda Kota Langsa Ir. Saed Mahdum Majid dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang terpilih untuk menempuh pendidikan di Unsam dalam berbagai program studi dan berharap melalui kegiatan pembinaan karakter ini dapat memberi pembekalan yang baik bagi seluruh mahasiswa penerima beasiswa KIP- Kuliah dan Afirmasi Pendidikan Tinggi Unsam Tahun 2021.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pembekalan yang baik bagi seluruh mahasiswa penerima Beasiswa yang akan memulai studinya melalui pembelajaran yang mandiri dan merdeka serta produktif, sebagai inspirasi dan motivasi dalam studi “ kata Walikota Langsa yang dibacakan Sekda

Walikota Langsa juga menyampaikan bahwa kita tidak mungkin bergantung pada Sumber Daya Alam yang terbarukan seperti minyak dan gas yang pada saatnya akan terus berkurang dan akan berakhir, kita harus menyiapkan SDM yang sehat dan memiliki produktifitas tinggi, menghasilkan manfaat, memiliki semangat bekerja, cinta tanah air dan berakhlak mulia. Salah satu upaya pembangunan SDM yang unggul adalah melalui Pendidikan Tinggi. Sehingga beasiswa ini diharapkan sebagai sebuah pintu bagi generasi muda Indonesia yang berhak menerima beasiswa tersebut sesuai ketentuan yang berlaku dan nantinya bersama sama membangun bangsa.

Sebagai penerima beasiswa Walikota berharap mahasiswa memperhatikan aspek ketrampilan dan ilmu pengetahuan serta sikap. Oleh karena ilmu pengetahuan dan ketrampilan mempunyai peran yang sangat besar dalam menciptakan SDM yang memiliki kwalitas. Ketrampilan tanpa pengetahuan tidak mungkin mencapai kwalitas yang baik, demikian sebaliknya. Ketrampilan dan ilmu pengetahuan yang diiringi sikap yang baik tidak hanya cerdas secara Intelektual tetapi juga cerdas secara emosional, dan spiritual sehingga mampu menghadapi tantangan dunia luar.

Selain itu juga sebagai mahasiswa yang aktif di bidang akademik dan organisasi harus memiliki prestasi dan kemampuan komunikasi dengan orang lain sehingga dapat berpikir logis dan jernih, bertanggung jawab dengan segala tindakan serta mampu bersaing dengan masyarakat yang mengglobal. Mahasiswa dituntut menguasai pengetahuan dan teknologi dan mampu bertoleransi, berempati serta bersosialisasi dalam pergaulan. Saya harap mahasiswa Unsam menerapkan sikap tersebut dalam kehidupan sehari hari mengingat masyarakat kita adalah masyarakat yang majemuk dari berbagai suku dan budaya. 

Masalah Covid 19 mari kita pandang sebagai tantangan dan peluang bagi generasi kita untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi informasi, menghasilkan pemikiran, konsep dan penemuan serta cara baru yang memiliki nilai tambah, bermanfaat dan maslahat yang lebih besar.

Walikota Langsa mendorong Unsam untuk terus maju mengembangkan riset serta meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha dunia industri, lembaga riset, dan perguruan tinggi lain. Berharap Unsam terus berproses menjadi kampus unggulan terutama mampu membawa pembaharuan..

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsam selaku ketua Panitia pelaksana, Dr. Muhammad Zulfri, S.T., M.M., M.T melaporkan bahwa kegiatan Pembinaan Karakter Bagi Mahasiswa Baru Penerima bantuan pendidikan Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah dan Afirmasi Pendidikan Tinggi Unsam Tahun Akademik 2021/2022 diikuti oleh 569 mahasiswa yang terdiri dari ; Penerima KIP Kuliah yang lulus dari jalur masuk SNMPT dan SBMPTN sebanyak 566 orang, mahasiswa dari jalur Usulan Masyarakat 1 ( satu ) orang dan Mahasiswa yang lulus dari jalur Afirmasi Pendidikan Tinggi ( ADik Papua ) berjumlah 2 ( dua )orang, dimana melalui kegiatan Pembinaan Karakter tersebut Universitas Samudra memiliki kewajiban untuk menyiapkan mahasiswa yang dewasa, mandiri, berkarakter dan berakhlak mulia.

Dalam Kegiatan Pembinaan karakter ini menghadirkan pemateri ; Dr. Zulkarnaini, M.A., ( Direktur Pascasarjana IAIN Langsa ); dan Rahmah Nur Rizki, S. Psi., M. Psi., ( Founder dan Trainer Sekolah Inspirasi Bangsa, Aceh Tamiang ); Bertindak sebagai Moderator untuk masing-masing narasumber pada kegiatan ini adalah Farizal, S. T., dan Banta Cut, S.T., M. T., acara tersebut dipandu oleh Yusril Ihza Mahendra dan Vivi Lavianato.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Wakil Rektor Unsam, Ketua LPPM dan PM, Para Dekan dan para Kepala Biro di lingkungan Universitas Samudra, Ketua Satuan Pengawas, Para Kepala UPT, dan Ormawa Unsam.( Humas Unsam )