Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / unsam-gelar-pela..
24 Jun 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Unsam Gelar Pelatihan Standarisasi Pengelolaan Laboratorium Bagi Laboran Sekaligus Penandatangan MOU

Unsam Gelar Pelatihan Standarisasi Pengelolaan Laboratorium Bagi Laboran Sekaligus Penandatangan MOU

Langsa - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Dasar Universitas Samudra (Unsam) bekerjasama dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Langsa - Dinas Pendidikan Aceh menggelar Kegiatan Pelatihan Standarisasi Pengelolaan Laboratorium Bagi Laboran/Pengelola Labor tingkat SMK/SMA se-Kota Langsa  di Aula I Gedung Biro Rektor Unsam, Jum’at (24/06/2022).

Melalui serangkaian kegiatan tersebut  turut dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding ) antara Universitas Samudra  yang dilakukan oleh Rektor Unsam, Dr. Ir. Hamdani, M.T  dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Langsa, Drs. Muhammad Daud, M.M. Perjanjian Kerjasama ini berkaitan tentang  Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Serta Pemanfaatan Tenaga Ahli antara kedua belah pihak.

Adapun tujuan kerjasama tersebut adalah untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki masing masing pihak dalam rangka pengembangan institusi serta meningkatkan Program kerja terutama bidang Pendidikan di Wilayah Kota Langsa dan Wilayah Aceh seumumnya.

Rektor Unsam, Dr. Ir. Hamdani, M.T  dalam sambutannya saat membuka acara secara resmi mengungkapkan, Keberadaan Laboratorium sangat penting bagi sebuah lembaga pendidikan, Perguruan Tinggi maupun Jenjang Sekolah Menengah. Selain sebagai tempat praktikum bagi peserta didik,  tempat meneliti, menguji dan membuktikan kebenaran suatu teori juga sebagai tolak ukur kemajuan bagi sekolah tersebut.

Lanjutnya, Pelajaran teoritis jika diikuti dengan praktek labor langsung akan menambah rasa yakin dan percaya  siswa akan kebenaran sebuah teori, sehingga peserta didik lebih bersemangat dalam belajar. Dengan perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini  memungkinkan kita untuk  belajar sekaligus melakukan praktikum nya secara virtual. Dilengkapi metode Virtual ini jika dikembangkan nantinya  akan memudahkan siswa dalam belajar.” Ungkap Rektor

Rektor Unsam juga mengajak  pihak sekolah untuk memanajemen Pengelolaan Laboratorium sekolah dengan baik.  Dan dengan adanya jalinan kerjasama tersebut pihak sekolah dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan Universitas Samudra yang sudah memiliki Laboratorium Dasar yang memadai  untuk sarana praktikum dan pembelajaran siswa.

“Mari bersama sama kita benahi, kita kelola  dan kita manajemen dengan baik  Laboratorium yang kita miliki. Terutama menyangkut penggunaan fasilitas  alat alat Laboratorium terbaru maupun kecakapan tehnis dan keahlian para Laborannya. Dan sekarang  Unsam terus berupaya mewujudkan   Laboratorium Dasar  yang memenuhi standarisasi bagi Perguruan Tinggi.”

“Selain itu melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ada di Perguruan Tinggi  dan Kurikulum 2022 yang akan diterapkan di sekolah menengah kita dapat terus bersinergi dan perlu adanya kesepahaman dengan harapan peserta didik memperoleh bekal pendidikan yang sesuai dengan kompetensinya saat melanjutkan ke perguruan tinggi nantinya.” Lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan  Wilayah Kota Langsa, Drs. Muhammad Daud, M.M, menyampaikan, kegiatan pelatihan ini bertujuan melatih dan memberi pembekalan bagi pengelola labor di sekolah menengah yang ada di Kota Langsa. Harapannya melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut akan diikuti oleh kesepakatan kerjasama yang relevan dan kontinyu sebagai tindak lanjut dari  MOU.

“Nantinya ada delegasi dari Cabang Dinas Pendidikan akan membuat kesepakatan kesepakatan melalui MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) dalam bidang studi tertentu, seperti pembelajaran Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa dan  yang relevan lainnya mengikuti MOU yang sudah kita sepakati”

“Saat ini, hampir seluruh SMA di Kota Langsa memiliki Laboratorium, tetapi secara keseluruhan belum memiliki tata kelola  dan standar operasional yang baik sebagaimana dipersyaratkan, maka dari itu melalui pelatihan yang dilakukan oleh UPT Lab. Dasar Unsam ini dan diprakarsai oleh bapak Hamzah, M.A sebagai ketua panitia kegiatan, diharapkan dapat memberi bekal pada laboran sekolah dalam rangka membuat SOP di sekolah masing masing yang memenuhi standar nantinya.”lanjut Kacabdisdik Kota Langsa

“Acara ini adalah awal dari kegiatan kita selanjutnya, harapan kita Universitas Samudra menjadi lembaga Penggerak dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan khususnya untuk sekolah menengah yang ada di Kota Langsa.” imbuh beliau.

Sedangkan Penyematan tanda peserta sebagai tanda dimulainya kegiatan diwakili oleh M. Mahdi, S.Pd dari Laboratorium Biologi SMA Negeri 1 Langsa, Vera Sartika ,S.Pd dari Laboratorium Fisika SMA Muhammadiyah Langsa dan Nur Maida Sari,S.Pd dari Laboratorium Kimia SMA Negeri 5 Langsa.

Dr. Teuku Hasan Basri,S.Pd.,M.Pd selaku Kepala Laboratorim Dasar Universitas Samudra mengatakan, Kegiatan pelatihan berlangsung selama 4 hari dari  24 s/d 27 Juni, selain diikuti oleh pengawas dan pengelola Laboratorium SMK/SMA se- Kota Langsa, juga dihadiri oleh para kepala sekolah, para guru dan tamu undangan lainnya.(Humas Unsam)