Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / unsam-resmi-sera..
28 Jul 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Unsam Resmi Serahkan Mahasiswa KKN Periode II Tahun 2022 di Aceh Timur

Unsam Resmi Serahkan Mahasiswa KKN Periode II Tahun 2022 di Aceh Timur

Aceh Timur- Universitas Samudra (Unsam), secara resmi menyerahkan mahasiswa peserta KKN Periode II Tahun 2022 yang akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah kabupaten Aceh Timur. Acara penyerahan tersebut dilangsungkan di halaman kantor Bupati Aceh Timur, Idi pada Kamis (28/07/2022).

Penyerahan peserta KKN selanjutnya akan dilakukan di kecamatan pada pukul 14.00 WIB yang langsung diterima oleh Camat dan Geuchiek Gampong masing masing.

KKN Periode II Tahun 2022 ini berjumlah 899 orang akan memulai kegiatan sejak 28 Juli s.d 29 Agustus 2022 di 75 desa dari 5 (lima) kecamatan, yaitu Kecamatan Ranto Peurelak, Kecamatan Peunaron, Kecamatan Serbajadi, Kecamatan Pante Bidari dan Kecamatan Indra Makmu.

Rektor Unsam, Dr.Ir. Hamdani, M.T  dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah kabupaten Aceh Timur  beserta jajarannya, baik di tingkat kecamatan maupun para kepala desa/Geuchiek yang telah menerima dan memberi kesempatan  mahasiswa Unsam untuk melakukan KKN di Wilayah Aceh Timur. Di antara lima kecamatan,  Kecamatan Pante Bidari dan Kecamatan Indra Makmu merupakan lokasi baru bagi  KKN mahasisa Unsam kali ini.

Rektor menambahkan, peserta KKN sebelumnya telah mengikuti kegiatan pembekalan baik untuk Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) maupun mahasiswa peserta. Dan selama KKN mahasiswa diharap  dapat menjalin komunikasi dengan baik antar sesama peserta, dengan DPL, dan dengan masyarakat agar semua kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.

“Hari ini kita mulai melaksanakan kegiatan KKN, harapan kita mahasiswa dapat berbaur dan beradaptasi,  menyesuaikan diri  dengan adat dan budaya yang dijunjung  tinggi  di masyarakat. Dan yang paling penting adalah menjalin komunikasi yang baik dengan sesama peserta, dengan dosen pembimbing, dan dengan masyarakat. Sehingga setiap kegiatan dapat terkoordinir dan terlaksana dengan baik.”

Rektor melanjutkan,  mahasiswa harus tetap menjaga integritas sebagai seorang mahasiswa, dengan membawa nama baik Unsam, bersikap dan berperilaku  santun, sambil berdiskusi sambil bertanya, laksanakan tugas kita sebagai mahasiswa, untuk memberi contoh yang baik kepada masyarakat juga mampu membantu kebutuhan baik di administrasi pedesaaan maupun kebutuhan lainnya sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Pejabat Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si diwakili oleh Asisten III bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Aceh Timur,  Dr. Darmawan M.Ali,S.T,MISD menyambut baik kehadiran Rektor beserta tim dan peserta, dan menyampaikan terimakasih kepada Universitas Samudra yang telah mempercayai Aceh Timur sebagai lokasi KKN Periode II ini.

“Terima kasih kepada Universitas Samudra yang telah mempercayai Aceh Timur sebagai lokasi KKN, melalui kegiatan KKN ini Unsam telah memberikan kontribusi positif kepada Aceh Timur. Semoga sinergi ini dapat berlanjut untuk kegiatan kegiatan selanjutnya.”ucapnya.

Selain itu beliau juga mengucapkan terimakasih dan berpesan kepada adik adik mahasiswa, “adik adik semua apabila kalian melihat yang baik di lokasi, ambil tiru ceritakan kemana- mana. Dan kalau melihat sesuatu yang kurang baik, kurang nyaman, tidak berkenan, tidak usah disampaikan kemana mana. Sampaikan kepada kami agar dapat  kami perbaiki.”

“Melalui kegiatan KKN ini kalian akan menjadi  Media Informasi kami di kabupaten Aceh Timur, sebagai sarana  promosi bagi Aceh Timur masa depan. Terimakasih, Karena kalian lah yang akan menceritakan bagaimana indahnya Aceh Timur, dan apa saja potensinya yang ada di Aceh Timur serta ramahnya masyarakat Aceh Timur.”

Di akhir sambutan Dr. Darmawan berharap, agar mahasiswa selalu menjaga kesehatan, selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan DPL dan perangkat desa, dapat menyesuaikan diri dengan budaya dan adat istiadat masyarakat setempat dan menjadikan  KKN  sebagai  proses awal  kesuksesan Perkuliahan, karena KKN adalah Kuliah nyata sebagai  pembelajaran langsung  yang bermanfaat bagi mahasiswa maupun masyarakat.

Acara diakhiri dengan doa, dengan sebelumnya dilakukan penyematan atribut KKN kepada Dr. Darmawan yang dilakukan oleh Rektor dan juga penyematan atribut KKN kepada perwakilan peserta oleh Dr. Darmawan.

Hadir dalam kegiatan Penyerahan  ini, Wakil Rektor Bidang Akademik Unsam, Dr.Ir. Cut Mulyani, M.P, Ketua LPPM dan PM Unsam, Dr. Asnawi,M.Pd, Sekretaris LPPM dan PM Muslimah, S.Si,M.Si, Para Dosen Pembimbing Lapangan, Para Staff dan Mahasiswa  peserta KKN.(Humas Unsam)