Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / unsam-sosialisas..
17 Jun 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Unsam Sosialisasikan Beasiswa USA Fokuskan What you need to Know and Prepare for

Unsam Sosialisasikan Beasiswa USA Fokuskan What you need to Know and Prepare for

Langsa- Universitas Samudra (Unsam) memfasilitasi Sosialisasi Studi dan Beasiswa ke Amerika dalam tema “Studying in the U.S.: What You Need to know and prepare for” yang disampaikan oleh Education USA adviser Aceh, Lilis Su’adah di Aula Biro Rektor Unsam, Jum’at, 17/06/2022.

Education USA adviser merupakan lembaga resmi di bawah kementerian luar negeri Amerika Serikat. Memiliki 400 center yang berada di 170 negara. Ini adalah global network yang menyediakan informasi untuk memperoleh beasiswa. Merupakan sebuah lembaga yang memberikan pengalaman yang luas dan berkelanjutan serta memberikan kesempatan untuk belajar di luar negeri.

Sambutan Rektor Universitas Samudra melalui Wakil Rektor bidang Akademik Dr. Ir. Cut Mulyani, M.P. mengatakan bahwa Unsam menyambut baik sosialisasi ini, apa lagi berkaitan dengan kuliah ke luar negeri karena dapat meningkatkan kualitas SDM yang ada di Unsam  yang merupakan bagian dari pada visi misi Unsam “Rektor Unsam terus berkomitmen sesuai visi misinya meningkatkan SDM baik dosen maupun mahasiswa.” ujarnya.

“bapak Rektor berkomitmen meningkatkan SDM, terutama dosen. Dari 25 program studi hampir semua dosennya sudah ada yang Doktor. Rektor Unsam ingin dosennya melanjutkan kuliah ke luar negeri, jangan hanya di dalam negeri saja. Dengan adanya audiensi ini, mudah-mudahan bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas. Dosen sudah tidak sesuai kalau kuliah di dalam negeri. Dosen sebagai contoh harus lebih dari mahasiswa”tambahnya.

Pembicara dalam sosialisasi ini, Lilis Su’adah menjelaskan bahwa Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa dan jenis beasiswa apa saja yang bisa didapatkan, kampus mana saja yang bisa dipilih, juga memberikan motivasi tentang pembelajaran di luar negeri. Untuk mendapatkan informasi perihal tersebut bisa melalui email: Aceh@educationusa.org atau konsultasi virtual advising: https://calendly.com/lsu-adah, media sosial IG/FB/Twitter: @educationusaindonesia.

“apa yang dilakukan adviser usa aceh yaitu memberikan informasi  tentang beasiswa,  memberikan semangat dan motivasi bagi mahasiswa ataupun dosen yang ingin kuliah ke Amerika. Memberikan pelayanan konsultasi gratis. Bisa datang langsung ke center atau bisa konsultasi melalui e-mail. Konsultasi terbuka bagi siapa saja seluruh Indonesia, bukan saja untuk komunitas education USA saja. Pelayanan setiap hari Senin sampai Jumat dari pukul 09.00 WIB pagi hinga pukul 17.00 WIB sore.” ucapnya.

Cara mendapatkan informasi dan memperoleh beasiswa yaitu dengan membuat komunitas atau masuk dalam komunitas tertentu misalnya komunitas bahasa inggris atau komunitas toefl dll. Mempersiapkan dari jauh-jauh hari karena beasiswa tidak diperoleh dalam waktu yang singkat, sebagaimana penjelasan dari pembicara “tidak ada beasiswa yang datang sendiri, yang benarnya adalah kita tahu ada kesempatan, maka langkah selanjutnya dengan bikin komunitas bahasa inggris, toefl untuk lebih bersemangat. Datang ke center Educatian USA, disana akan dibahas caranya mendapatkan beasiswa, akan dibuatkan group, belajar toefl bersama, belajar essay bersama, cari beasiswa bersama,” terangnya.  

“Kalau di daerah  cerita ke Amerika, responnya itu imposible, ngapain ke Amerika, mau kuliah ke Jakarta S1 saja tidak lewat, gk lulus S1 itu masa lampau, ini future kedepannya, kalau keinginan diiringi dengan doa dan usaha itu nothing is impossible, jadi semua harus diusahakan.” lanjutnya.

Tips untuk memperoleh beasiswa keluar negeri yaitu mempersiapkan fisik dan melengkapi dokumen administrasi, seperti: memiliki motivasi dan semangat dalam belajar, mulai mempersiapkan diri jauh hari, mencari beasiswa dan melengkapi persyaratannya yaitu usahakan transkrip nilai IPK harus minimal 3.00., tambahan sertifikat lainnya, mengikuti tes bahasa untuk memperoleh nilai toefl  melalui test iBT/ ITP/IELTS, surat rekomendasi baik dari pimpinan, pembimbing atau dari komunitas, Membuat cerita pengalaman yang meyakinkan, ikut serta dengan program kursus, hadir dalam seminar penyedia beasiswa, konsultasi dengan EducationalUSA dan Alumni, dan terakhir mengetahui ekspektasi dari penyedia beasiswa.

Peserta yang diundang untuk mengikuti sosialisasi tersebut merupakan jajaran pimpinan yang meliputi para wakil rektor, para dekan, para koordinator program studi, perwakilan dosen dari seluruh program studi dan juga perwakilan mahasiswa dari seluruh program studi di lingkungan Universitas Samudra.(Humas Unsam)