Javascript not enabled

Rilis Berita

Home / berita / id / workshop-tata-ca..
13 Sep 2022, Humas Unsam | Seputar Kampus

Workshop Tata Cara Pemungutan dan Pelaporan Pajak

Workshop Tata Cara Pemungutan dan Pelaporan Pajak

Langsa- Universitas Samudra (Unsam) menyelenggarakan Workshop Tata Cara Pemungutan dan Pelaporan Pajak. Workshop ini berlangsung di Aula I Biro Rektor bagi Pengelola Keuangan di lingkungan Universitas Samudra. (Selasa, 13/09/2022)

Peserta Workshop berjumlah 50 orang dan akan diberikan 2 materi. Materi pertama tentang kewajiban pajak bagi instansi pemerintah dan yang kedua tentang penggunaan aplikasi online ebupot. ebupot merupakan aplikasi bukti potong.  Narasumber yang mengisi acara tersebut yaitu Ulphi Suhendra, M.M merupakan ahli pertama di Direktorat Jenderal Pajak,Wilayah Aceh. 

Dalam paparannya, Narasumber mengatakan”Pajak merupakan masukan bagi negara dan ada 5 aspek penting yang harus dilakukan oleh Instansi Pemerintah yaitu melakukan pendaftaran, menghitung, membuat atau memberikan bukti potong ataupun bukti pungut, melakukan penyetoran dan melaporkannya.”

 “Aturan terbaru tanggal 14 Juli 2022 s.d. 31 Januari 2023 yaitu NIK sama dengan NPWP yang  merupakan integritas dari satu data.” Tambahnya.

Dr. Drs. Rachmatsyah, M.Pd. selaku Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan,  dalam sambutannya mengatakan bahwa workshop ini penting dan dapat menjawab persoalan tentang perpajakan.”Pentingnya workshop hari ini, salah satunya bisa menjawab persoalan pemungutan pajak yang berlaku khususnya di lingkungan Universitas Samudra.”

Pada penutupan  materi, Bapak Narasumber memberikan feedback kepada seluruh peserta dengan beberapa pertanyaan berupa kuis melalui aplikasi online. Sebanyak 5 peserta yang menjawab dengan tepat dan cepat diberikan bingkisan yang menarik.

Worshop ini dihadiri juga oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan, Ir. Adnan, M.M. (Humas Unsam)