Dosen Fakultas Teknik Unsam Ikuti Training of Trainer yang Dilangsungkan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh

Langsa, Mulai 07-10 Desember 2021, Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 Banda aceh yang membawahi 5 (lima) provinsi di wilayah sumatera bagian utara, telah melaksanakan Pelatihan Training of Trainer (ToT) Instruktur Keahlian/Ketrampilan SDM Vokasional bagi 20 (dua puluh) orang Dosen Fakultas Teknik Universitas Samudra, di Hotel Kartika Kota Langsa. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 5 (Lima) hari dengan rincian nya adalah mulai senin tanggal 06-09 Desember atau salama 4 hari full dilaksanakan pelatihan dengan pemberian materi, diskusi, tanya jawab dan penyelesaian tugas-tugas yang diberikan oleh instruktur, selain dari tugas yang harus dibuat, peserta ToT juga harus mempresentasikan elemen kompetensi yang dipilih dalam bentuk Micro teaching. Kesempatan presentasi ini diberikan kepada setiap peserta lebih kurang sekitar 15 menit dengan ketentuan harus memasukkan semua standar mengajar yang telah diajarkan di pelatihan.

Uji coba micro teaching ini adalah latihan untuk menghadapi ujian pada hari terakhir jumat tanggal 10 Desember 2021 oleh Asesment/asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Pelatihan Training of Trainer (ToT) Instruktur Keahlian/ketrampilan SDM Vokasional yang difasilitasi oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, secara resmi ditutup oleh Bapak Indra Suhada, S.T., M.T, selaku Kepala BJKW Wil 1 Banda Aceh, serta turut dihadiri oleh Bapak Rektor Universitas Samudra Bapak Dr. Ir. Hamdani, M.T.

Dalam sambutan di acara penutupan pelatihan ToT tersebut, yang dilaksanakan pada hari kamis jam 14.00 wib di Aula Hotel Kartika Kota Langsa,  Bapak Indra Suhada menyampaikan kepada para peserta tentang tujuan penyelenggaraan pelatihan ini serta manfaat yang akan didapatkan oleh teman2 peserta bila lulus ujian nantinya. Sekilas beliau menyampaikan bahwa “Pelatihan ToT Instruktur Keahlian/ketrampilan SDM Vokasional  ini merupakan pelatihan khusus untuk meningkatkan kompetensi peserta ToT dibidang Instruktur Keahlian/ketrampilan SDM Vokasional,  agar mampu menjadi seorang instruktur yang handal dalam rangka mencetak tenaga-tenaga ahli diberbagai bidang sesuai dengan SKKNI Tahun 2020.

          Dalam kesempatan yang sama, Bapak Rektor Universitas Samudara, mengucapkan Terimakasih banyak kepada Bapak Indra Suhada selaku kepala BJKW Wil 1 Banda Aceh yang telah memberikan pelatihan secara gratis u Dosen Fakultas Teknik Universitas Samudra. Beliau mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan ToT ini ada , tidak terlepas dari kerja keras Bapak Banta Cut S.T, M.T dan Dr. Muhammad Zulfri, ST., MM, MT selaku Wakil Rektor III Univ. Samudra yang meloby kepala BJKW Wil 1 Banda Aceh untuk memberikan pelatihan ToT Instruktur Keahlian/ketrampilan SDM Vokasional ini untuk Universitas Samudra.

Rektor dalam sambutannya juga mengatakan bahwa Kegiatan Pelatihan ToT ini sangatlah penting bagi perguruan tinggi, karna merupakan salah satu indikator yang wajib dicapai dari Program Kampus Merdeka yaitu Indikator Kinerja Utama yang ke 4 (IKU 4), Sehingga dengan adanya pelatihan ini, Otomatis Kami telah mencapai salah satu IKU dari 8 IKU yang harus dicapai oleh perguruan tinggi. Beliau juga berharap semoga peserta ToT tetap semangat dan bisa fokus untuk mengikuti ujian sertifikasi keesokan hari dan dapat memberikan hasil yang optimal.