DPM Unsam Gelar Samudra Legislatif Training Tahun 2022

Langsa– Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Samudra (Unsam) menggelar Training Legislatif Tahun 2022 di Gedung Multi Guna Unsam, Senin (19/12/2022). Kegiatan ini mengusung tema “Membentuk Jiwa Muda Legislator Yang Profesional dan Mampu Menjawab Tantangan di Era 5.0.”

Rektor Unsam, Dr.Ir.Hamdani, M.T diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir.Muhammad Zulfri, S.T.,M.M.,M.T.,IPM membuka kegiatan secara resmi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa dan nara sumber yang telah berhadir. Dan mengatakan, kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa tersebut dapat menjadi  terobosan terobosan penting  bagi mahasiswa Unsam untuk masa mendatang.

“Terimakasih atas inisiasi DPM Unsam, dan Bapak Syaifullah Pimpinan DPRK Kota Langsa yang telah berhadir untuk memberikan materi training ini. Kita berharap kegiatan ini menjadi salah satu terobosan penting yang terus dilakukan Universitas Samudra.”

Wakil Rektor mengungkapkan, mahasiswa Unsam  sebagai generasi milenial  perlu  memahami dan meningkatkan kepahaman tentang  fungsi dan peran badan legislatif ini. Hal ini untuk penataan Demokrasi di Aceh maupun Indonesia di masa mendatang.

“Negara kita adalah negara demokrasi,  siapapun yang terpilih sebagai pemimpin pemimpin di negara kita,  maka itu adalah bagian dari komitmen kita semua. Sebagai mahasiswa harus memikirkan persoalan ini dan mempersiapkan diri dengan  khasanah ilmu untuk menjadi  intelektual  legislatif yang baik bagi Indonesia.”

“Tetap semangat mengikuti training, semoga menjadi inspirasi dan mendapat banyak ilmu yang  bermanfaat untuk masa depan adik adik sekalian.”Imbuhnya.

Ketua Panitia, Salsabila menyebutkan, Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari (19-20 Desember 2022), diikuti oleh 50 orang mahasiswa Unsam dari 5 fakultas. Bertujuan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menjadi legislator yang kompeten yang memahami tupoksi nya.

“Selain itu, untuk membentuk kader kader legislatif Universitas Samudra yang berintegritas, serta memiliki pemikiran kritis untuk memimpin di Era 5.0. Training ini memberi kesempatan mahasiswa secara umum untuk mengetahui apa itu arti legislatif, dan harapan kami semoga dengan terselenggaranya acara ini bisa terwujud  tujuan dari acara ini.”Ucap Ketua Panitia.

Muhammad Siswoyo Pujakusuma selaku Ketua Umum DPM Unsam dalam sambutannya mengucapkan  terimakasih kepada rekan panitia dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

“Terimakasih kepada rekan panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini jauh jauh hari, juga atas suport, masukan, saran dan kritik secara moril maupun materil , dari abang-abang  senior, orang tua kami bapak/ibu dosen Unsam, sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik.”

“Training ini memberikan kesempatan pada rekan rekan mahasiswa, Jadi  bukan hanya untuk kami yang berkecimpung di lembaga legislatif kampus saja. Training ini  memberi  wadah untuk mengetahui  dan memahami  apa itu lembaga legislatif, peran dan fungsinya, dan sebagainya.”

“Saya berharap dapat diimplementasikan di kehidupan kampus, karena kalian adalah kader kader Unsam yang nantinya akan memimpin organisasi Kampus selanjutnya.”Lanjut Ketus DPM.

Sementara itu, Pj. Walikota Langsa, Ir Said Mahdum Majid diwakili Ir. Abdul Qayyum (Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM) dalam sambutannya menyampaikan, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan mahasiswa ini, ini sangat berguna untuk melatih diri menjadi legislator. Semoga melalui kegiatan ini akan lahir legislator legislator yang berintegritas.”

Menurutnya, Orang berintegritas itu adalah orang yang jujur, yang sesuai ucapan dengan tindakannya, orang yang memperjuangkan kebenaran dan bertanggungjawab.

“Latihan terus, karena kita membutuhkan orang orang yang jujur, orang orang yang benar, orang orang yang berani, yang bertanggungjawab, untuk memperjuangkan hak hak rakyat di negara tercinta ini.” Ucapnya.

“Oleh karena itu, di forum ini saya berpesan, apapun jabatan kalian setelah lepas dari mahasiswa nanti jadilah orang yang berintegritas.”

Lanjutnya, bahwa tugas legislator sesuai undang undang adalah  membuat undang undang serta menyetujui anggaran yang disampaikan eksekutif. Juga  mengawasi jalannya pemerintahan  eksekutif. Sebagai mahasiswa, generasi muda  harus memiliki sifat kritis,  guna mempersiapkan diri menjadi modal pembangunan bangsa ke depan.

“Di akhir pidato ini saya wasiatkan, apapun profesi kalian nanti  jadikan itu sebagai ladang amal shalih, bukan hanya sebagai ladang mencari nafkah. Semua akan kita pertanggungjawabkan di mahkamah Ilahiah kelak. Teruslah belajar, terus melatih diri sehingga menjadi orang yang bermanfaat.”Tutupnya mengakhiri.

Acara pembukaan tersebut, dihadiri oleh unsur pimpinan Unsam ,  Koordinator Bidang Kemahasiswaan Unsam, Organisasi Mahasiswa Unsam,  PEMA, Para Demisioner DPM Unsam, Ketua DPM, Ketua BEM,  Ketua  UKK dan UKM, dan  Ketua HMJ selingkup Universitas Samudra. Turut hadir tamu undangan secara langsung ataupun mewakili dari jajaran Pemerintah Kota Langsa,  Pj. Walikota Langsa, dan DPRK Kota Langsa.

Adapun Pemateri yang mengisi kegiatan; Zulhadisyah Sulaiman, MSP (Kepala Badan Kesbangpol pemko Langsa) mewakili Pj. Walikota Langsa Ir.Said Mahdum Majid;  Syaifullah, S.E (DPRK Kota Langsa) ; Dr. Fuadi, S.H.,M.H (Dosen Fakultas Hukum Unsam); dan Ramadhana S.Pd (Demisioner Ketua Umum DPM Unsam Periode 2019-2020).

Acara dipandu oleh MC, M. Riky Fadly dan Diar Yahya. Moderator Zelvia Darnila Afriyang. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Muhammad Ridho Tarigan. Dihadiri seluruh peserta, pimpinan Fakultas dan Para Dosen dan mahasiswa Unsam.(Humas Unsam).