Fakultas Teknik Unsam Gelar Seminar Nasional Senastek 2 Samudra 2021

Langsa, Selasa 9 November 2021. Fakultas Teknik Universitas Samudra (Unsam) menyelenggarakan  Seminar Nasional  SENASTEK 2 SAMUDRA 2021 secara Virtual zoom meeting  dan Luring serta disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube Unsam TV.  Seminar Sains dan Teknologi (SENASTEK) 2 tersebut mengusung Tema “ Pengembangan Inovasi Sains dan Teknologi  di Era  Industri  Menuju  Society 5.0” dan menghadirkan Pembicara Utama, Dr. Ahmad Fudholi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia- LIPI;  Dr. Eng. Beta Paramita, S.T., M.T, dari Universitas Pendidikan Indonesia-UPI; dan Dr. Wesli, M.T dari Universitas Malikussaleh. Acara Seminar  berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB dipandu oleh Moderator , Puji Wahyuningsih, S,Si., M,Sc., Nova Purnama Lisa, S.T, M.Sc., dan Defri Bastin dan diikuti   oleh  298 partisipan zoom meeting  terdiri dari  Para Dosen, Akademisi, Mahasiswa  dari beberapa  Universitas di Indonesia yang didominasi  oleh pemakalah  Mahasiswa  S1, Mahasiswa S2 dan Mahasiswa S3.

SENASTEK merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan Fakultas Teknik Unsam. Dimana sebelumnya telah  terlaksana SENASTEK 1 pada tahun 2019. Melalui seminar nasional tersebut harapan utamanya adalah timbulnya Desiminasi  hasil hasil penelitian baik dari Mahasiswa maupun para Dosen Unsam. Seminar ditutup dengan pengumuman Best Presenter dalam SENASTEK 2 SAMUDRA 2021 yang dibacakan oleh Cut Nyak Dinda Puspita sebagai pemandu acara.

Acara seminar dibuka oleh Rektor Unsam Dr. Ir. Hamdani,M.T bertempat  di Aula Fakultas Teknik Unsam yang juga  dihadiri oleh  Dosen dan Mahasiswa Unsam. Dalam sambutannya Rektor mengharapkan melalui  pembicaraan, diskusi dan berbagi perspektif dari para nara sumber dalam  seminar  ini akan menghasilkan dan menumbuhkan ide ide baru  dalam pengembangan Sains dan Teknologi.

 “ Sesuai  dengan Tema seminar yaitu Pengembangan Inovasi Sains dan Teknologi di Era Industri Menuju Society 5.0,  kepada  bapak dan ibu Keynote Speaker  harapannya dari hasil pembicaraan nantinya akan menumbuhkan ide ide baru. Bagi para Mahasiswa dan dosen Unsam kita harapkan  setelah acara ini akan terjalin hubungan kerjasama yang baik dengan LIPI,UPI dan juga UNIMAL,”            harap Rektor.

Pada kesempatan ini  Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada  Nara Sumber dan para peneliti  yang telah berpartisipasi mempresentasikan hasil penelitian dan pemikirannya  dalam SENASTEK 2, serta mengapresiasi  Pencapaian  Prestasi  Mahasiswa  Fakultas Teknik  dan FKIP Unsam beserta Dosen Pembimbing yang berhasil memperoleh Penghargaan dan Kepercayaan sebagai  Talenta Inovasi Tahun 2021 untuk tahap pertama, dan berharap melalui seminar ini  akan timbul  ide dan inovasi baru dalam menghasilkan Talenta Inovasi yang lebih banyak lagi pada Tahun 2022 mendatang.

Dekan Fakultas Teknik yang diwakili oleh Dr. Nasrudin, S.T, M.T., dalam sambutannya  mengharapkan peserta turut andil dan bersemangat dalam menyampaikan penemuan dan riset nya sehingga dapat meningkatkan Khasanah ilmu pengetahuan, dan memberikan penyegaran  dalam pengembangan Sains, dan akan sangat berharga bila apa yang dipresentasikan dapat berguna dan bermanfaat bagi Unsam dan seluruh Universitas yang ada di Indonesia maupun dunia.

Salah satu Nara Sumber, Dr. Ahmad Fudholi dalam presentasinya berfokus pada Teknologi Fotovoltaik (Termal PV/T) dengan aplikasi IOT yang sangat sesuai untuk dikembangkan di Indonesia  yang  terletak di Khatulistiwa mempunyai energy surya sangat melimpah. Dr. Eng. Beta Paramita, memaparkan tentang Peran Pendidikan Dalam Sociaty 5.0 dalam mengintegrasi Saintek dan Industri untuk menghasilkan Inovasi melalui Rekayasa Sosial dan Dr. Wesli memaparkan tentang Bagaimana Mendesain Drainase Wilayah Pesisir di Indonesia.

Ketua SENASTEK 2 Fakultas Teknik Universitas Samudra Ibu Nova Purnama Lisa, S.T., M.T mengatakan bahwa acara ini diikuti oleh beberapa Universitas di Indonesia diantaranya Universitas Malikulshaleh, Universitas Teuku Umar, UIN Jakarta, Sekolah Tinggi Teknologi Jambi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dan beberapa universitas lainnya. Juga terjalinnya Kerjasama publikasi terindeks SINTA di antaranya Jurnal Elkawnie, Jurnal Serambi Engineering, Jurnal Teras, Jurnal JTE dan juga JIT. (Humas Unsam)