Fakultas Teknik Unsam Selenggarakan Kuliah Tamu Mengenai Penulisan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian

Langsa – Fakultas Teknik Universitas Samudra ( Unsam ) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Tamu berkenaan tentang Penulisan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian yang dilangsungkan di Aula Laboratrium PGSD Unsam(Jum’at,25/02/2022). Kuliah Tamu tersebut diisi oleh pemateri Prof. Dr. Ir. Khairil, M.T, Dosen dan Guru Besar pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Kuliah Tamu tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan publikasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana harus juga diikuti oleh peningkatan publikasi ilmiah dalam bentuk artikel ilmiah dalam jurnal, HKI maupun buku ajar. Kuliah Tamu ini mengambil Tema “ Strategi Penulisan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian”.

Dekan Fakultas Teknik Unsam, Dr.Mastura, S. Si., M. Si    dalam sambutannya mengatakan bahwa kuliah Tamu mengenai Penulisan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian ini sangat penting dilaksanakan karena masih banyak hasil penelitian para dosen yang belum ditulis dalam bentuk sebuah buku. Walaupun ada yang menulis tetapi sangat sedikit sekali. Dan berharap melalui Kuliah Tamu tersebut para dosen dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah ilmu  tentang tata cara menulis buku ajar berbasis penelitian.

“Materi Kuliah Tamu kita kali ini mengenai Penulisan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian sangatlah penting untuk kita karena banyak sekali hasil penelitian yang kita buat tetapi belum ditulis dalam bentuk sebuah buku. Walaupun ada yang menulis tapi sangat sedikit sekali. Jadi dengan kedatangan Prof.Khairil para bapak/ibu dapat bertanya apa saja yang diperlukan dalam penulisan buku ajar berbasis hasil penelitian. Dari seluruh dosen yang hadir mungkin tidak mewakili tetapi manfaatkanlah kesempatan ini untuk menambah ilmu dan mengetahui tata cara menulis buku ajar yang berbasis hasil penelitian”. ujar Dekan.

Prof. Dr. Ir. Khairil, M.T dalam paparannya menjelaskan bahwa Buku Ajar merupakan media komunikasi antara dosen dengan mahasiswa untuk mata kuliah tertentu. Sebagai media buku ajar berisikan bahan ajar, cara penyajian bahan ajar dan model, latihan latihan bahan ajar berdasarkan kurikulum yang berlaku. Supaya lebih efektif dalam proses transfer pengetahuan. Adapun tujuan dilaksanakan Kuliah Tamu berkenaan tentang Penulisan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian adalah untuk  meningkatkan kemampuan para dosen/peneliti dalam menyusun dan penerbitan buku ajar berbasis hasil penelitian. Oleh karena dosen diharapkan terbiasa dalam menulis hasil penelitian  dalam bentuk buku ajar maupun jurnal  yang merupakan media komunikasi untuk meningkatkan prestasi kita maupun universitas.

Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. Ir. Khairil, M.T juga menjelaskan bahwa dengan banyaknya penelitian yang telah dilakukan akan sangat bermanfaat tidak hanya bagi dosen yang bersangkutan tetapi juga bagi mahasiswa. Bagi dosen langkah selanjutnya setelah melakukan penelitian adalah menulis buku yang dapat digunakan sebagai buku ajar untuk mahasiswa, buku ajar akan memudahkan dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, saat mengajar dosen lebih siap dengan bahan kuliah dan to the point, selain itu buku ajar dapat didaftarkan untuk mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual ( HKI ). Sedangkan bagi mahasiswa keberadaan buku ajar sebagai pengayaan materi perkuliahan dan selalu mendapatkan ilmu/materi yang up to date terkait hasil hasil penelitian.

“Buku ajar kan media transformasi tentang ilmu pengetahuan antara dosen dengan mahasiswa. Jadi apa yang kita ajarkan melalui buku buku dari hasil kerja kita sendiri itu alhamdulillah ada rasa senang ada rasa puas sehingga mahasiswa mudah dalam memahaminya”. Jadi intinya adalah sesuai judul menulis buku ajar berbasis hasil penelitian, bahwa dasar peningkatan kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi ada mengajar, ada meneliti, ada pengabdian masyarakat, tentunya harus dipublikasi, jangan setelah dibuat dan diteken lalu disimpan di perpustakaan atau di lembaga penelitian. Itu bagus tetapi lebih bagus lagi ilmunya kita transfer lagi ke mahasiswa” Papar beliau lagi.

Mengenai “strategi Penulisan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian” Prof. Khairil menjelaskan  pertama tentu ada persiapan dengan memilih  mata kuliah  yang ditugaskan, kemudian kita pelajari kurikulumnya, Garis garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP ) dan Satuan Acara Pengajaran ( SAP ), Tujuan Instruksional Umum ( TIU ) dan Tujuan Instruksional Khusus ( TIK ) Mata Kuliah; Menyusun silabus;  Menyusun Road Map penelitian  untuk pengembangan diri yang linier;  Memilih judul atau materi yang relevan dengan mata kuliah agar ada motivasi dalam mengembangkan ide tulisan;  Menggunakan pendapat pakar atau sumber reverensi lain yang mendukung dan relevan;  dan yang sangat penting adalah komitmen terhadap waktu. Walaupun membutuhkan waktu yang lama setahun,   dua tahun atau lima tahun yang penting movepower bergerak ke depan jangan berhenti. jadi harus sistematik, terprogram dan terpola step by step” jelas Prof Khairil.

Dalam acara tersebut Prof. Khairil juga memberikan buku ajar hasil penelitian beliau yang diterima oleh Dekan Fakultas Teknik Unsam, dan penyerahan plakat yang diserahkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik, Dr. Nasruddin, S. T., M. T.  Kuliah Tamu ini diikuti oleh para dosen Unsam. Meri Andriani, S.T., M.T sebagai moderator., pembawa acara Zidni Ilman Navia, S. Si., M. Si dan dihadiri oleh unsur pimpinan di lingkungan Universitas Samudra. ( Humas Unsam ).