Himafisa Fkip Unsam Gelar EXPO 2022 Tumbuhkan Jiwa Fisikawan Muda Inovatif, Kompetitif dan Berprestasi

Langsa-Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Himafisa-FKIP) Universitas Samudra (Unsam) menyelenggarakan EXPO Himafisa Tahun 2022 mengusung tema “ Wujudkan Fisikawan Muda Yang Berjiwa Inovatif, Kompetitif dan Berprestasi Guna Terciptanya Generasi Emas Bangsa”. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Gedung Multiguna Unsam, Senin (21/11/2022).

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsam, Drs.Muhammad Yakob, M.Pd.,QIA dalam sambutannya menyampaikan, EXPO Himafisa merupakan ajang yang harus terus diadakan, “kegiatan ini perlu terus diadakan ke depan, melalui EXPO ini, kita turut memperkenalkan Program Studi Fisika yang merupakan Prodi baru di Unsam ke masyarakat. Untuk mencapai Akreditasi Unggul sebagaimana Prodi Geografi yang juga prodi baru di Unsam, diperlukan dukungan dari semua pihak.”Ucap Dekan.

 “Adik-adik yang ada di Himafisa,  melalui kegiatan ini  perlu memotivasi  siswa siswa untuk memilih dan menjadi mahasiswa jurusan Fisika, jadi tak perlu takut memilih jurusan ini, belajar tentang fisika sebenarnya adalah sesuatu yang menarik. Bapak/Ibu guru pendamping siswa yang turut hadir, kita berharap untuk memfasislitasi informasi ini kepada siswanya dan kepada masyarakat.”Lanjutnya.

Dekan menambahkan, bahwa Ajang Expo adalah Ajang silaturrahmi antara perguruan tinggi, Unsam dengan masyarakat, “selamat kepada adik adik yang telah menggagas kegiatan EXPO, ini banyak manfaat bagi adik adik sekalian, sehingga jadi bekal untuk menjadi guru nantinya.”Tambah Dekan.

Laporan ketua panitia, Sinta Nuriah menyebutkan kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, 21-22 November 2022, diikuti oleh siswa/pelajar Sekolah Menengah Atas (SMTA) dari tiga wilayah, yaitu Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Timur dan Kota Langsa.

“Terimakasih kepada rekan panitia sehingga terselenggaranya kegiatan ini dan atas partisipasi sekolah menengah dari tiga kabupaten kota, yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti  tiga cabang kegiatan/perlombaan.  Tercatat 13 sekolah dengan total jumlah peserta 60 orang, yang terbagi dalam 36 peserta lomba Olimpiade Fisika, dan 24 orang peserta Cerdas Cermat Fisika untuk Tingkat Siswa SMA dan satu cabang perlombaan Olimpiade Fisika untuk Mahasiswa.”

Ketua Himafisa Unsam, Krismanto Ramadhan yang turut memberikan kata sambutan mengucapkan terimakasih terutama kepada seluruh  peserta, para dosen Pendidikan Fisika, Ormawa Unsam dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan EXPO.

Sementara itu, Dona Mustika,S.Pd.,M.Pd Koordinator Prodi Pendidikan Fisika, diwakili Dosen Pendidikan Fisika Nurazizah Lubis, S.Pd.,M.Pd mengucapkan selamat kepada Himafisa atas terselenggaranya kegiatan tersebut, “ Selamat kepada Himafisa FKIP, atas kegiatan yang  luar biasa ini, semoga EXPO Himafisa berjalan dengan lancar, berhasil, dan mendapatkan target sesuai dengan  temanya, yaitu menjadi Fisikawan muda yang Inovatif, Kompetitif dan Berprestasi di masa mendatang.”

 “Semoga Himafisa ke depannya lebih kreatif, dan inovatif untuk melahirkan ide ide dan  karya karya yang dapat membangun jiwa fisikawan dari pelajar SMTA, juga dikalangan mahasiswa. Di tahun selanjutnya kita berharap kegiatan lebih diperluas, dapat menjangkau wilayah Aceh lainnya.”Ucapnya.

Dalam rangkaian kegiatan  ini juga dilaksanakan kegiatan Seminar dengan materi sesuai dengan tema “Mewujudkan Fisikawan Muda Yang Berjiwa Inovatif, Kompetitif dan Berprestasi Guna Terciptanya Generasi Emas Bangsa” dengan  Narasumber Dr. Hendri Saputra, M.Pd, Selaku Kepala Teknik Informasi dan Komunikasi Unsam dan juga Dosen Pendidikan Fisika Universitas Samudra.

Acara pembukaan EXPO Himafisa ini diikuti oleh Para Wakil Dekan FKIP, Para Koordinator Prodi, Para Dosen Pendidikan Fisika, Ormawa Unsam dan mahasiswa. Turut hadir kepala Laboratorium Dasar Unsam, Dr. Teuku Hasan Basri, M.Pd, Seluruh Peserta dan para guru pendamping.(Humas Unsam)