Javascript not enabled
Home / informasi / id / informasi-sistem..

Informasi Sistem Seleksi Masuk PTN Tahun 2021

Prinsip Penerimaan Mahasiswa Baru 

Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN diselenggarakan dengan prinsip :

  1. Adil, yaitu tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, kondisi fisik, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa dan kekhususan Program Studi di PTN yang bersangkutan;
  2. Akuntabel, yaitu dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas;
  3. Fleksibel, yaitu pelaksanaan TPS diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh lebih dari satu kali tes;
  4. Efisien, yaitu penyelenggaraan tes masuk PTN menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pelibatan sumber daya manusia, dan fleksibilitas waktu; dan
  5. Transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan dapat diakses secara mudah.

Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Informasi jadwal pelaksanaan SMM PTN-BARAT 2021

  1. Pendaftaran Peserta SMM PTN-BARAT pada tanggal 17 Mei - 21 Juni 2021, pukul 16.00 WIB .
  2. Jadwal pelaksanaan UTBK SMM PTN-BARAT yaitu pada tanggal 28 Juni - 7 Juli 2021.
  3. Pengumuman kelulusan pada tanggal 14 Juli 2021 mulai pukul 16:00 WIB.

 

Latar Belakang


Kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru merupakan hal yang penting, yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan memiliki kompetensi dasar yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan rutin bagi seluruh institusi pendidikan, karena itu penyelenggaraannya harus profesional, terjamin, terukur dan efisien.

Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh beberapa PTN Indonesia Wilayah Barat telah berjalan baik karena penyelenggaraan dilakukan secara bersama, efisien, dan tidak sangat bersifat lokal serta memiliki opsi untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat. Melalui program SMM PTN-BARAT 2021 ini, para peserta memiliki opsi untuk memilih maksimum 2 (dua) program studi, termasuk pada perguruan tinggi lain yang menjadi peserta SMM PTN-BARAT 2021.

Tujuan


Tujuan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi 17 (tujuh belas) perguruan tinggi yang tergabung dalam program SMM PTN-BARAT.
  2. Menyeleksi secara bersama, calon-calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

Ketentuan Umum dan Persyaratan

1. Ketentuan Umum

SMM PTN-BARAT 2021 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

 

2. Persyaratan

  1. Pendaftaran
    1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
    2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
    3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
    4. Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2019, 2020, dan 2021 kecuali untuk beberapa universitas:
      • UMRAH, UNJA, UTU dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021);
      • ISBI Aceh menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2012 sampai dengan 2021 dan Paket C maksimal umur 25 tahun; dan
      • UPR 3 tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021) untuk fakultas lainnya.
  2. Penerimaan

    Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN-BARAT 2021, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing-masing.

Prosedur Pendaftaran


  1. Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2021 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dapat dilihat dan diunduh di sini.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 17 Mei s.d. 21 Juni 2021, pukul 16:00 WIB, kemudian bagi para peserta ujian SMM PTN-Barat 2021 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 21 Juni 2021, pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 22 Juni 2021, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 22 Juni 2021, pukul 14.00 WIB.

Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2021, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2021 pada kolom yang disediakan.

 

Kelompok Ujian


Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Jenis ujian pada pelaksanaan SMM PTN-BARAT 2021 dibagi menjadi 2 (dua) sebagai berikut:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Jumlah dan Pilihan


  1. Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) pilihan program studi pada satu PTN atau lebih. PTN pilihan pertama TIDAK HARUS menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat tempat domisili peserta saat ini.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Biaya Registrasi dan Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)


  1. Biaya registrasi dan seleksi sebesar Rp 350.000,-
  2. Biaya registrasi dan seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan.
  3. Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Tempat dan Lokasi Ujian


  1. Tempat ujian peserta SMM PTN-BARAT 2021 adalah di PTN terdekat dari tempat domisili peserta saat ini. Protokol pencegahan penyebaran Covid-19 harus diikuti. Kesehatan dan keselamatan peserta dan panitia menjadi prioritas.
  2. Lokasi ruang ujian tulis diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masing-masing PTN peserta program seleksi SMM PTN-BARAT 2021.

Sumber : https://smmptnbarat.id/informasi-umum.html

 


 Info LTMPT
 
 
Daftar Tautan Unduhan :
  1. Informasi Sistem Seleksi Masuk PTN Tahun 2021 (v.6 20 Januari 2021)

  2. Panduan Registrasi dan Verifikasi Akun Siswa di LTMPT Tahun 2021

  3. Panduan Registrasi dan Verifikasi Akun Sekolah di LTMPT Tahun 2021

  4. Panduan Penetapan Siswa Eligible bagi Sekolah Tahun 2021

  5. Panduan Pengisian PDSS 2021 versi 31012021<new>
    Penambahan Fitur Pembatalan Finalisasi

  6. Materi Peluncuran SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2021

  7. SE Penghapusan Simpan Permanen di Portal dan Pengunduran Masa Sanggah

  8. SE Keikutsertaan Siswa pada SNMPTN dan SBMPTN 2021


Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman resmi LTMPT : https://ltmpt.ac.id/?mid=3


Data Rekapitulasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Samudra