Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

Langsa – Universitas Samudra (Unsam), menggelar kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi Mahasiswa Tahun 2019 di Gedung Multiguna, Sabtu (23/2/19).

Ir. H. Anas Johan, M.M Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan dan Kerjasama selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan “kegiatan tersebut diikuti oleh para mahasiswa dari lima Fakultas, 49 orang dari Fakultas Hukum, 87 orang Fakultas Ekonomi, 68 orang Fakultas Pertanian 185 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 108 orang Fakultas Teknik jumlah keseluruhan peserta Pelatihan 497 orang”, demikian ujarnya.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Samudra Dr. Bachtiar Akob, M.Pd dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Bukhari, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa Perguruan Tinggi sebagai satu sarana dan pemberi fasilitas dalam membentuk generasi muda mempunyai kewajiban dalam melatih dan memberi motivasi kepada mahasiswanya sehingga menjadi generasi cerdas, mandiri, kreatif, inovatif dan mampu membuat peluang usaha.

“Mahasiswa dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam hal pengembangan diri mereka dengan menciptakan lapangan usaha, sehingga kedepan diharapkan dengan tercitanya lapangan pekerjaan yang luas maka pertumbuhan ekonomi di daerah akan ikut meningkat”, ungkapnya.

Pelatihan Kewirausahaan dengan nara sumber Dr. Tripri Rose Kartika, SE.,MM dosen Politeknik Negeri Media Kreatif (POLIMEDIA) Jakarta. “Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI)  Tahun 2019 diharapkan mampu mendukung visi-misi pemerintah yang tertuang dalam Renstra Kemeristekdikti untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan”, jelasnya.

Program KBMI diharapkan juga dapat menghasilkan karya kreatif, yang inovatif dalam membuka peluang bisnis yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi. Program KBMI ini menitikberatkan pada orientasi proses usaha dan hasil usaha (profit).

Turut hadir dalam acara tersebut para Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Kepala Biro, Ketua Satuan Pengawasan, Ketua LPPM-PM, Kepala UPT, Kabag di lingkungan Biro Rektor. (Humas Unsam).