Langsa- Dalam rangka memberikan pemahaman akan pentingnya pendidikan karakter bagi dosen dan mahasiswa, Universitas Samudra (Unsam) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema” Kuliah Umum Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah”.

Kuliah Umum yang menghadirkan pembicara Drs. Anas M. Adam, M. Pd (Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI) dilaksanakan pada 5 Maret 2018 di Aula Fakultas Teknik Universitas Samudra. Kegiatan yang diikuti oleh 100 orang dosen dan 100 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Samudra.

Wakil Rektor bidang Akademik Dr. Saiman, M.Pd saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa pendidikan karakter sangat lah penting ditanamkan dalam diri agar mahasiswa dapat mengenali diri sendiri dan dapat menumbuh kembangkan karakter yang positif.

Sementara Drs. Anas M. Adam, M.Pd menyampaikan bahwa adanya hubungan antara agama, akhlak, karakter dan moral. Agama merupakan ajaran yang mengatur tata keimanan dan peribadatan kepada Allah serta tata kaidah yang berhubungan dengan manusia dan lingkungannya. Moral merupakan pengetahuan seseorang terhadap hal baik atau buruk, sedangkan  karakter adalah tabiat seseorang yang langsung ditentukan oleh otak. Pendidikan karakter memiliki makna lebih tinggi dari pada pendidikan moral, karena bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang yang baik sehingga siswa menjadi paham, mampu merasakan, dan mau melakukan yang baik, jelasnya.(Humas Unsam)

SHARE