Laboratorium Micro Teaching Unsam Melepas 478 Mahasiswa ke Sekolah di Kota Langsa

Sebagai upaya untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan membentuk kesiapan calon pendidik, maka mahasiswa Program Sarjana Pendidikan diberikan program kunjungan dan pengamatan (Observasi) sekolah yang disebut dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan  I (PLP satu).

Dengan terbitnya Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, semua Lembaga Tenaga Kependidikan (LPTK) perlu segera melakukan rekonstruksi pendidikan baik pada Program Sarjana Pendidikan maupun Program PPG.

NO

PRODI

JUMLAH

MAHASISWA PLP 1

1

Pendidikan Sejarah

52

2

Pendidikan Geografi

54

3

Pendidikan Biologi

57

4

Pendidikan Fisika

19

5

Pendidikan Kimia

21

6

Pendidikan Matematika

27

7

Pendidikan Olahraga

57

8

Pendidikan Bahasa Indonesia

24

9

Pendidikan Bahasa Inggris

53

10

Pendidikan GuruSekolah Dasar (PGSD)

114

Pelaksanaan PLP I di  sekolah Kota Langsa berlangsung selama 3 minggu yaitu dari tanggal 8 Maret 2021 sampai dengan 29 Maret 2021. Penempatan peserta PLP I di Sekolah dasar  (SD) berjumlah 15 sekolah, SMP/MTs berjumlah 15 sekolah dan SMA/SMK/MAN berjumlah 12 sekolah. Jumlah sekolah keseluruhan 42 sekolah dengan didampingi dosen supervisor yang berjumlah 42 Orang. Menurut Kepala Laboratorium Microteaching M. Yakob, semua sekolah menyambut baik program ini dan baru semester genap diluncurkan proram PLP I ini. Semua pihak sekolah berharap agar peserta PLP I ini tetap dipertahankan di sekolah tersebut apabila pada kelanjutan PLP II nanti. Memang kita sudah merancang sebelumnya agar program ini berkelanjutan, hal ini ditandai dari laporan yang ditulis mahasiswa, ujar kepala microteaching.