Mahasiswa Inbound Modul Nusantara Unsam Silaturahmi Ke Pemko Langsa

Langsa, Sabtu 11 Desember 2021. Sebanyak  27 Mahasiswa  Inbound  Program Pertukaran Mahasiswa  Merdeka Angkatan 1 Universitas Samudra ( Unsam ) melakukan  Silaturrahmi dengan pemerintah Kota Langsa. Kunjungan Silaturahmi tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Modul Nusantara yang merupakan salah satu agenda kegiatan dalam Program Pertukaran Mahasiswa Kampus Merdeka  sebagai  wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) dari Kemendikbuddikti  yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta  terhadap keberagaman  budaya tanah air serta mendorong penguatan kompetensi akademik.

Pertemuan Ke 27 mahasiswa yang berasal dari 12 Universitas  yang ada di Indonesia tersebut disambut hangat oleh Pemko Langsa diwakili oleh Bapak Ir. Saed Mahdum Majid di aula salah satu Cafe yang ada di Kota Langsa. Dalam kegiatan Silaturahmi ini Bapak Sekda   memperkenalkan Sejarah Kota Langsa dan Keberagaman Budaya yang ada di Kota Langsa.

 Sebagaimana diketahui dalam Modul Kegiatan Nusantara Program Pertukaran Mahasiswa MBKM Kemendikbuddikti, bahwa kegiatan yang dilakukan yaitu  meliputi Kegiatan Kebhinnekaan di mana mahasiswa mengikuti kegiatan eksplorasi keragaman budaya daerah perguruan tinggi penerima , selanjutnya Kegiatan Inspirasi yaitu pertemuan dan berdiskusi dengan tokoh tokoh inspiratif daerah, Kemudian  Kegiatan Refleksi  di mana mahasiswa merefleksikan  pengalaman kegiatan kebhinnekaan dan Inspirasi, serta Kegiatan Kontribusi Sosial di mana mahasiswa  melaksanakan kegiatan sosial yang memberikan kontribusi kepada masyarakat  di daerah perguruan tinggi penerima.

Melalui Kegiatan Modul Nusantara tersebut  Ir. Saed Mahdum Majid juga memberi apresiasi dan memotivasi mahasiswa Inbound agar dapat memanfaatkan  moment berharga tersebut  untuk mengeksplorasi keberagaman budaya yang ada di Kota Langsa, “melalui kegiatan ini harapannya akan memperluas  wawasan  sehingga tumbuh  rasa peduli untuk  melestarikan budaya budaya  daerah” lanjutnya. Beliau juga turut merekomendasikan tempat yang bakal dikunjungi oleh mahasiswa yaitu  Hutan Lindung Kota Langsa. 

Adapun mahasiswa Inbound Unsam Angkatan I  tersebut  berasal dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Gajah Mada,  Universitas Jember, Universitas Negeri Malang, Universitas Esa Unggul, Universitas Djuanda, Universitas Hang Tuah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Semarang, Universitas Islam Bandung, dan Universitas Negeri Jakarta.

Dalam Kegiatan tersebut Para Mahasiswa dipandu oleh para Dosen dan Mentor Universitas Samudra. Para Dosen yang hadir adalah ibu Fairuz S.Pd M.Pd., Dr. Muhammad Fuad, M.M., dan Dr Furqan Ishak Aksa, M.Pd, selaku Duta Kampus Merdeka Unsam.  Sementara Mentor yang hadir yaitu Rizka Maidita, Mukti Hanjani dan Taufik Hidayat.