Langsa- Tiga Mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas Teknik Universitas Samudra berhasil membuat Biohairtonic atau penyubur rambut berbahan dasar ampas kopi.

Kini Produk tersebut sudah mulai diproduksi dan akan di terbitkan Hak Patennya. Awalnya temuan inovatif ketiga mahasiswa yang dibimbing oleh Zulfan Arico, S.Si., M.Si yaitu Lipaccoi Turnip, Riki Andrianus Sihotang dan Kasa Nova Turnip berhasil mendapatkan Hibah Program Kretivitas Mahasiswa Bidang Penelitian Tahun 2018.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, produk yang diberi nama “Coffhairs” ini juga sudah di seminarkan dalam 2nd Nommensen International Conference on Technology and Engineering 2018 yang terindeks Scopus pada tanggal 19-20 Juli 2018. Lipaccoi Turnip mengatakan bahwa ketertarikan mereka menciptakan penyubur rambut dari ampas kopi ini adalah banyaknya ampas kopi di Kota Langsa yang tidak digunakan.

Inovasi produk bio hairtonic yang merupakan hairtonic alami sebagai penyubur rambut alami sehingga rambut dapat melindungi kulit kepala terhadap lingkungan yang merugikan, antara lain suhu dingin atau panas, dan sinar ultraviolet dan cuaca ekstrim sehinggan nantinya produk bio hairtonic ini mampu mencegah radiasi sinar Ultra Violet (UV) dan terhindar dari gangguan pada rambut  berupa rambut yang tipis, mudah patah, berkurangnya pigmen rambut, kerontokan bahkan kebotakan. Nantinya produk ini akan didaftarkan pada Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta selanjutnya akan dipasarkan secara komersil.

 

SHARE