Mahasiswa Unsam Raih Penghargaan Internasional Dalam INFURDES 2021

Langsa, 21 Oktober 2021. Laura Febriyanti Batubara, Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Samudra Angkatan 2018 berhasil meraih prestasi sebagai pemenang Silver Award dalam event INFURDES 2021 ( International Furniture Design and Innovation 2021 ) POSTER PRESENTATION COMPETITION dengan Tema The SPIRIT of Nusantara yang digelar oleh Universiti Teknologi Mara ( UiTM ) Cawangan Perak,Malaysia. Event Internasional tersebut sudah dimulai sejak 30 Agustus 2021, setelah melalui beberapa tahapan seleksi berakhir dengan pengumuman pemenang pada 21 Oktober 2021 dan berlangsung secara Virtual.

Sebelumnya Laura Febriyanti Batubara sudah sering mengikuti ajang perlombaan desain, salah satunya yaitu  keikutsertaan nya dalam Lomba Poster Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Teuku Umar ( UTU ), lomba tingkat nasional yang mengusung Tema Exploration of Engineering Civilian Building Laura berhasil meraih juara 1 pada 27 Oktober 2020 lalu.

“Desain gambar bukan hanya sekedar Hoby tetapi sudah menjadi bakat dan minat. Sejak dari sekolah sudah sering ikut perlombaan,  dan di event infurdes 2021 ini benar benar tidak menyangka kalau bisa menang, karna ini kan ajang Internasional, dan saya adalah peserta satu satunya dari Indonesia,” ucap  Laura.

Dalam kompetisi Poster  Presentation Competition Laura Febriyanti Batubara memberi judul karyanya dengan ‘The Light of Aceh, Aceh Meutuah’ dengan menampilkan beberapa ikon tentang Aceh dan kebudayaan masyarakatnya yang sarat akan makna filosofis  dan  agamis.

“ The Light of Aceh, Aceh Meutuah artinya Cahaya Aceh, Aceh Meutuah. Jadi mengandung makna filosofi segala sesuatu yang mengambarkan tentang Aceh dengan masyarakatnya yang agamis, dan sebenarnya banyak hal yang bersifat ikonik di Aceh, tetapi tidak cukup scope nya untuk  dapat kita tuangkan dalam poster tersebut, jadi hanya beberapa ikon saja yang kita tampilkan,diantaranya Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rumoh Adat Aceh, Museum Tsunami Aceh, Museum Samudra Pasai, Kupiah Meukutop, Tari Ratoh Duek Inong, Tari Saman, Kilometer Nol Sabang, Snorkeling Sabang, Pacuan Kuda Takengon, Surfing di Sabang, Kuah Pliek U, Kue Timphan dan Minuman Kopi” Jelas Laura.

Laura menambahkan bahwa kemenangan tersebut menjadi  motivasi sekaligus tantangan baginya untuk terus berkarya yang lebih baik lagi di masa yang akan datang, karna selain berguna untuk terus mengembangkan bakat juga mendatangkan keuntungan secara financial.

Dalam kesempatan lain Rektor Universitas Samudra, Bapak Dr.Ir. Hamdani, MT memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas keberhasilan dan pencapaian tersebut serta mengharapkan dapat menjadi motivasi bagi Mahasiswa untuk terus berkreasi. Dengan keikutsertaan kaum muda dan khususnya Mahasiswa dalam event  nasional mapun internasional menjadi terobosan dalam memajukan daerah maupun Indonesia. (Humas Unsam)