9 Agustus 2022, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan merupakan kegiatan akademik sesuai program yang diadakan penyelenggara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pelaksanaan KKN Kebangsaan di Bumi Tambun Bungai Palangka Raya Propinsi Kalimantan Tengah, bersama Universitas Palangka Raya dan 85 Perguruan Tinggi Negeri lainnya dari Seluruh Indonesia, telah selesai dilaksanakan. Sejumlah 10 (sepuluh) orang Mahasiswa Universitas Samudra yang mengikuti KKN Kebangsaan akan bertolak menuju Kota Langsa dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada tanggal 21 Agustus 2022 mendatang.

KKN Kebangsaan dilaksanakan setahun sekali secara bergantian oleh BKS PTN di wilayah barat dan KPTN KTI di wilayah timur dengan melibatkan semua perguruan tinggi. Kegiatan KKN berupa integrasi dari kurikulum dan pengalaman belajar mahasiswa sesuai dengan realitas kehidupan masyarakat.

“KKN Kebangsaan tahun 2022 ini, memperkuat kedaulatan pangan sesuai dengan tema tahun ini,” ujar Asnawi.

Lanjutnya, Pelaksanaan KKN Kebangsaan tahun 2022 diikuti sebanyak 3.000 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa terbaik dari 85 PTN se-Indonesia dan juga mahasiswa dari Universitas Palangka Raya sebagai tuan rumah.

Tujuan KKN Kebangsaan adalah untuk memperkokoh semangat nasionalisme, rasa kebangsaan dan menjadi ajang perekat dan persaudaraan antar mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia, Meningkatkan interaksi, pemahaman dan kepedulian mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia terhadap nilai-nilai keberagaman bangsa untuk merajut persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu Syahrizal Usmansyah, SE, M.Si Menambahkan, KKN Kebangsaan dilaksanakan di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau. Di Kapuas, Lokasi KKN tersebar di 46 desa yang berada di 6 kecamatan Pulau Petak, Kapuas Timur, Kapuas Hilir. Kapuas Barat, Selat, dan Dadahup,

Sementara itu, di Pulang Pisau, lokasi tersebar di 36 desa engikuti a berada di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Maliku, Pandih Batu, dan Jabiren Raya.

Dipuncak penutupan di adakan perlombaan pameran hasil produk selama menjalani massa KKN.

Adapun para mahasiswa/mahasiswi yang lulus seleksi dan mengikuti KKN tersebut yakni : Aldi Syah Putra (Fakultas Hukum), Hafiz Hamdani Damanik (Fakultas Hukum), Hikmat Tullah Ahmad, M.Riza (Fakultas Ekonomi), Nuriayana, Nuri Handayani, (Fakultas Pertanian), Krismanto Ramadan, Hermawati (Fakultas FKIP), Dui Ramadani dan Riswana Ramadia (
Fakultas Tehnik). ( Syd ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *