Javascript not enabled
Home / penerimaan

Penerimaan

Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN diselenggarakan dengan prinsip :

  1. adil, yaitu tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, kondisi fisik, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa dan kekhususan Program Studi di PTN yang bersangkutan;
  2. akuntabel, yaitu dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas;
  3. fleksibel, yaitu pelaksanaan TPS diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh lebih dari satu kali tes;
  4. efisien, yaitu penyelenggaraan tes masuk PTN menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pelibatan sumber daya manusia, dan fleksibilitas waktu; dan
  5. transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan dapat diakses secara mudah.

Terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Samudra (Unsam) dengan mekanisme seleksi yang berbeda, Ketiga jalur tersebut adalah:


SNM PTN 
http://snmptn.ac.id/

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Diselenggarakan semenjak 2013 sebagai pengganti SNMPTN Jalur Undangan, merupakan pola seleksi nasional berdasar prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa. Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel serta tidak diskriminatif dengan memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Baca Lebih

 

SBM PTN 
https://sbmptn.ltmpt.ac.id/

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)  yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Baca Lebih

 

SMM PTN 
http://smmptnbarat.id/

Program SMM PTN-BARAT 2019, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. SMM PTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

 

Info terkini dan lengkap  penerimaan mahasiswa baru di PTN dapat diakses pada portal https://ltmpt.ac.id/

 

Data Lengkap Rekapitulasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Samudra Tahun 2017 s.d 2019 dapat didownload pada link dibawah ini :

 

Baca Lebih

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Baca lebih lanjut tentang Informasi penerimaan mahasiswa baru.

Detail
Peta Lokasi

Titik koordinat lokasi kami akan membantu Anda menuju Universitas Samudra, Jelajahi kampus menggunakan Peta Interaktif.

Detail
Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tidak mampu (miskin).

Detail
Beasiswa PPA

Beasiswa PPA adalah beasiswa yang diberikan untuk peningkatan pemeratan dan kesempatan belajar.

Beasiswa BBM

Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik tetapi kurang mampu dalam pembiayaan.