Penutupan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan I Universitas Samudra

Langsa – Universitas Samudra (Unsam) melaksanakan Penutupan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan I di Universitas Samudra pada Jum’at 14/01/2022 di Aula PGSD Unsam. Acara yang berlangsung secara luring tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB dan menampilkan kecakapan mahasiswa PGSD dalam memainkan alat musik tradisional angklung.

Roni Priyanda, S.Pd., M.Pd. selaku PIC Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka  menyampaikan Mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa atau Inbound di  Unsam barasal dari 12 Universitas yang berbeda sebanyak 68 Mahasiswa dengan rincian: 30 mahasiswa mengikuti secara luring,  31 mahasiswa mengikuti secara daring dan 7 mahasiswa tidak melanjutkan program. Mahasiswa Unsam yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka  di luar pulau sumatera atau outbound sebanyak 68 mahasiswa dengan rincian: 42 mahasiswa mengikuti secara luring, 20 mahasiswa mengikuti secara daring dan 6 mahasiswa tidak melanjutkan program.   

Salah satu kegiatan pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka  yaitu kegiatan modul nusantara. Pada kesempatan tersebut, PIC Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka  juga menampilkan video kompilasi seluruh rangkaian kegiatan modul nusantara diantaranya kunjungan di wilayah Kota Langsa yaitu  Hutan Manggrove, Hutan Lindung, dan Lapangan Merdeka, Kunjungan ke wilayah Banda Aceh hingga ke Sabang untuk melaksanakan modul nusantara dalam hal kebhinekaan, inspirasi dan refleksi. Adapun kegiatan kontribusi sosial dilaksanakan di Desa Cinta Raja, kecamatan Langsa Timur  dengan  menanam 2022 pohon manggrove oleh mahasiswa inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka  sebagai bukti kecintaan terhadap Kota Langsa, memberi beberapa sembako kepada perwakilan Geuchik dan Perangkat  Gampong di  Desa Cinta Raja, serta penyampaian materi dari PKH wilayah III Aceh mengenai Hutan Manggrove.

Penyampaian Pesan dan Kesan mahasiswa inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dari 12 Universitas yang  berbeda diwakili oleh Laksamana Pramana Agung yang merupakan mahasiswa dari Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, mengucapkan terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang sangat baik, diperkenalkan adat dan budaya aceh serta merasa sangat bersyukur karena dalam program ini bisa bertemu dan berkenalan dengan saudara sebangsa dan setanah air dan semoga kebhinekaan terus terajut tidak hanya dalam program ini namun dipertemukan kembali dalam program lainnya.

Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, M.T. dalam sambutannya mengatakan, “Melalui kegiatan modul nusantara diharapkan  para mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran mahasiswa merdeka memiliki inspirasi dan  ide-ide cemerlang sehingga mampu mengembangkan dan membangun Indonesia  kedepannya,” lebih lanjut bapak Rektor mengungkapkan harapannya agar seluruh mahasiswa program pertukaran mahasiswa merdeka untuk dapat terus menjalin hubungan baik, sehingga kedepannya pada saat selesai perkuliahan akan memiliki jaringan kerja atau partner kerja diseluruh Indonesia yang merupakan harapan utama dari Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dan harapannya pada 2045, saat Indonesia merayakan 100 tahun kemerdekan, Indonesia sudah menjadi ‘Negara Maju’ yang ada di Dunia sehingga rakyat kita bekerja di Negara sendiri, memproduksi, menikmati, memiliki  kekayaan negara sendiri.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dekan Fakultas Teknik , Para Wakil Dekan dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, FKIP, Plt. Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Koordinator MBKM, Duta MBKM, Para Dosen dan Mentor, PIC program MBKM,  serta ormawa Universitas Samudra berjalan tertib dan penuh khidmat yang ditutup dengan pembacaan doa serta persembahan kreasi seni tarian dari berbagai daerah oleh  mahasiswa inbound program pertukaran mahasiwa merdeka.(Humas Unsam)