Rektor Universitas Samudra Buka Kegiatan Kursus Mahir Dasar Pramuka

Langsa, 25 Oktober 2021. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar ( KMD  ) Kepramukaan bagi Mahasiswa  program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ) selama 6 hari, dari tanggal 25 – 30 Oktober 2021. Kursus Mahir Dasar tersebut dilaksanakan sebagai syarat wajib bagi Mahasiswa  PGSD  untuk memperoleh Ijazah   KMD  sehingga setiap lulusan telah dibekali ilmu kepramukaan yang  dapat membina  anak  didik  pada saat menjadi guru Sekolah Dasar sebagaimana tertuang dalam Permendikbud  Nomor 63  Tahun 2014 bahwa Pendidikan Kepramukaan Sebagai  Kegiatan Extrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Tingkat Dasar dan Menengah.

Upacara pembukaan KMD di Aula gedung  Laboratorium PGSD berlangsung tertib dan lancar,  diiikuti  oleh  120 orang  peserta. Hadir dalam upacara pembukaan Koordinator Prodi PGSD Drs. Sukirno,M.Pd , Ketua  Jurusan IPS FKIP  Dr. Tengku Muhammad Sahudra, S.Pd.M,Pd;   Kajur MIPA FKIP Dr. Mastura , M.Pd; Plt Ka. Biro AKPK  ibu Munira, ST; dan Para Dosen. Dari Gerakan Pramuka hadir  Dr. Made Jacfar  Abdullah, M.Si sebagai  Konsultan Kwarda Aceh; Ketua Kwacari  Kota  Langsa Abdul Rahman Ardo, M.M, M.Pd;  beserta Tim Pelatih dari Kwarcab Kota Langsa.

Acara  dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Samudra , dalam kesempatan tersebut diwakili oleh  Dr. Tengku Muhammad Sahudra, S.Pd, M.Pd  yang bertindak sebagai Pembina upacara sekaligus membacakan  kata sambutan dari Rektor. Dalam amanatnya  Rektor mengatakan bahwa kegiatan kepramukaan merupakan salah satu bentuk kegiatan yang  relevan dengan visi program Merdeka Belajar Kampus  Merdeka yaitu  bukan hanya mempersiapkan  Mahasiswa yang dapat bersaing  di era global tetapi juga memiliki identitas sebagai manusia  dengan keluhuran budi dan ketahanan mental yang kuat. Dan secara historis  kegiatan Pramuka telah terbukti  memiliki peran yang strategis dalam menumbuhkan semangat Kebangsaan dan cinta tanah air. Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan mampu meningkatkan ketrampilan dan kecerdasan,  menjadi anggota masyarakat yang baik, memiliki tanggungjawab moral sebagai  manusia  yang kuat keyakinan agamanya , serta  berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Sebelum acara ditutup dilakukan Penyerahan bendera Pataka  oleh Pembina Upacara kepada Ketua Tim Pelatih H. Syukur Hadi, S.Pd dan juga Penyematan Tanda Peserta mewakili peserta. (Humas Unsam)